adu Micro SDHC class 10 SanDisk vs Samsung

assalamu’alaikum wr. wb..

yep, setelah SDHC V-Gen 4GB class 6, kini saatnya menguji memory lain.. kali ini langsung 2 buah micro SDHC dari 2 merk berbeda dengan kapasitas dan kelas yang sama dengan harga yang terpaut sedikit.. SanDisk Ultra microSDHC UHS-I serta Samsung EVO microSDHC UHS-I.. keduanya sama-sama berkapasitas 16GB.. mungkin di pasaran saat ini masih sekitar 110-120 ribu rupiah.. klaim SanDisk mempunyai kecepatan baca sampai dengan 30 MB/s, sedangkan Samsung mampu membaca hingga 48 MB/s.. benarkah Samsung akan menang mutlak?

uji micro sdhc sandisk vs samsung (24)

seperti sebelumnya, pengujian dilakukan dengan testbed berupa laptop Asus A43SA.. pengujian ini menggunakan adapter bawaan dari masing-masing microSDHC dan dimasukkan dalam slot memory card pada laptop secara langsung.. terpikir untuk menggunakan card reader, tapi nampaknya masih lebih masuk pengujian ini mengingat card reader nbsusanto bukanlah card reader bermerk.. :mrgreen:

pengujian pertama menggunakan CrystalDiskMark 2.2, hasilnya sebagai berikut:

atau dalam grafik akan seperti ini:

sandisk vs samsung

menurut crystaldiskmark, kedua microSDHC ini sesuai spesifikasi dimana kelas 10 berarti kecepatan tulis minimum berurutan adalah 10MB/s.. secara umum Samsung lebih cepat daripada Sandisk.. namun, keunggulan Samsung cukup tipis, kecuali kemampuan menulis acak 512 KB, dimana perbandingannya cukup mencolok.. hanya saja, hasil uji kecepatan SanDisk boleh dibilang cukup oke karena mendekati klaim kecepatan baca 30 MB/s..

selanjutnya adalah perbandingan menggunakan software HDTune 2.54 sebagai berikut:

atau mudahnya perbandingan sebagai berikut:

sandisk vs samsung hd tune

pake HD Tune 2.54 hasilnya sedikit berbeda.. untuk kecepatan maksimum, Samsung lebih cepat dari SanDisk, namun kecepatan minimum Samsung juga lebih rendah dibanding SanDisk, disertai grafik data yang tidak stabil.. akibatnya, kecepatan transfer rata-rata serta burst rate Samsung di bawah SanDisk.. namun bedanya tidaklah terlalu besar.. kemudian, access time Samsung lebih kecil dibanding SanDisk, untuk hal ini, lebih kecil lebih baik, jadi waktu akses Samsung lebih besar dari SanDisk..

kesimpulan akhirnya gimana? kalo yang nbsusanto dapatkan, kecepatan serta kemampuan kedua microSDHC ini seimbang.. Samsung maupun SanDisk fiturnya pun sama saja dengan berbagai perlindungan seperti dalam artikel sebelumnya.. digunakan untuk smartphone, kamera, serta media penyimpanan portabel lainnya, kedua brand ini sama baiknya.. contoh realnya, kedua microSDHC ini nbsusanto pasang secara bergantian di 8ten maupun sony w570 untuk video format 720p 30 fps maupun foto biasa pun lancar jaya.. kembali kepada selera dan ketersediaan di pasaran.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....

  1. Mbak Susan / admin,
    La tros saran dr situ mending pilih mana ..???
    Ane lg pilih2 nih antara sandisk 32 gb & HP 32 gb class 10.
    Tulong masukanya…

    • saya laki-laki mas.. :mrgreen:
      menurut saya sama saja.. kalo sandisk sudah cukup punya nama untuk memori.. tapi HP dan samsung juga bagus.. sesuaikan saja dengan harga dan garansinya..

    • di hdtune samsung nggak superior.. 😉
      di crystaldisk, kecepatan tulisnya memang samsung menguasai.. 😀 tapi di kecepatan baca, beda tipis saja..
      di harga yang sama, memang kedua produk ini menghadirkan performa cukup apik.. di 8ten dipasang gantian samsung sandisk.. :mrgreen: