berburu mobil bekas, ketahui berbagai hal yang perlu dicermati

assalamu’alaikum wr. wb..

mobil pada masa kini bukanlah suatu barang yang sangat mewah.. seiring meningkatnya kesejahteraan serta kebutuhan, nbsusanto semakin banyak melihat orang mencari mobil, dalam kondisi baru maupun bekas.. mobil bekas banyak dilirik karena harga mobil baru mungkin tidak terjangkau, walaupun biasanya di akhir tahun banyak potongan harga mobil baru.. lagipula, saat ini mencari mobil bekas semakin dimudahkan..

Camera 360

di antaranya adalah banyak orang yang menjual mobil, kesediaan perusahaan pembiayaan untuk kredit mobil bekas, serta hal yang tidak dipungkiri, mencari mobil bekas sesuai yang dibutuhkan semakin mudah saja.. banyak cara bisa dilakukan misalnya melalui situs seperti carmudi,  forum  lokal seperti kaskus, koran-koran lokal atau bisa juga datang ke dealer2 lokal di kota tempat pembaca tinggal.. calon pembeli tinggal memilih kendaraan yang diminati kemudian kontak langsung dengan penjual untuk bertransaksi..

namun, untuk menuju kata “DEAL”, perlu memperhatikan beberapa hal.. berdasarkan pengalaman nbsusanto saat menemani pembelian mobil, pasti dicermati hal-hal berikut:

  1. Pastikan bertemu langsung dengan penjual, hindari DP jika belum memastikan langsung kondisi kendaraan..

berhati-hatilah dengan harga yang terlalu murah karena banyak kemungkinan seperti penipuan, bekas kecelakaan, mobil bermasalah dan lain-lain.. tapi tidak menutup kemungkinan jika memang sedang beruntung.. terkadang, mobil berharga murah memerlukan beberapa penggantian part yang mungkin secara harga akan melebihi mobil yang berharga dasar lebih mahal yang tidak perlu mengganti berbagai part.. tentu jika bagi penggemar modifikasi, mobil lebih murah akan menguntungkan karena ke depannya akan banyak yang diganti, namun bagi yang menyukai keadaan “terima jadi”, lebih baik sekalian dalam kondisi siap jalan..

pastikan juga kondisi mobil sesuai dengan iklan, seperti pengalaman nbsusanto saat mendatangi salah satu penjual yang memasang iklan, saat itu dikatakan mobil tangan pertama dan berplat AB, setelah dicek mobil sudah tangan kedua dan platnya B.. bukan masalah sebenernya, tapi kalo dari awal penjual tidak jujur, tentu rasanya tidak afdol..

  1. Periksa kondisi bodi dan rangka..

Amati apakah mobil pernah didempul atau tidak, karena ini akan mempengaruhi apakah dilanjutkan nego atau tidak.. jika dilanjutkan, tentu hal ini dapat digunakan untuk menawar harga.. kemudian perhatikan rangka, apakah benar masih utuh atau ada tanda-tanda bekas kecelakaan.. tentu kita tidak mau bukan jika mobil mahal ternyata kondisi tidak seperti yang diharapkan?

  1. Teliti usia mobil serta jam mengaspal..

berburu mobil bekas 2

Terkadang dalam iklan, mobil tahun 2003 baru menempuh jarak 5000 kilometer.. tentu menjadi pertanyaan, apakah jarang dipakai atau telah diakali sehingga odometernya menunjukkan angka kecil? saat menemani orang membeli mobil kemaren, nbsusanto diajari trik gampang oleh ahlinya.. periksa alur ban.. alur ban jika kilometer masih rendah seharusnya masih dalam.. aneh jika ban tinggal tipis alurnya.. cocokkan pula dengan ban cadangan apakah sudah dipakai atau belum karena jika dilihat ternyata ban cadangan sudah jauh lebih tipis dari keempat ban yang terpasang pasti aneh..

  1. Periksa kondisi mesin serta kelistrikan..

berburu mobil bekas 3

Mesin adalah hal yang sangat penting.. ini berkaitan dengan usia dan jam mengaspal mobil tersebut.. hal yang paling nampak adalah mesin masih kering atau tidak.. mesin yang basah oli menunjukkan adanya kebocoran, setidaknya seal karet crankcase mesin.. memang tidak sulit untuk mengatasi jika dibawa ke bengkel, tapi calon pembeli ingin mesin prima bukan? Walaupun sebenernya untuk mereparasi mesin lebih worthed daripada harus reparasi rangka..

Perhatikan pula knalpot keluar asap atau tidak.. jika keluar asap putih bukan pada saat dipanaskan, mungkin saja piston sudah minta diganti.. repot bukan? dengarkan suara mesin.. mesin halus akan lebih mantap dibanding dengan yang kasar.. tapi, cermati juga, jangan jangan bersama oli sudah dituangkan bubuk sisa gergaji sehingga mesin halus? Kalo iya, tentu mesin akan bermasalah..

sementara itu kelistrikan adalah bagian vital dari kendaraan, apalagi injeksi.. untuk menangani masalah kelistrikan tidak semua bengkel mau melakukannya, karena cukup ruwet dan harus mengurut kabel..

  1. Periksa legalitas surat kendaraan..

siapa yang tidak senang jika poin 1-4 terpenuhi? Hingga terkadang terlanjur deal namun tidak teliti dengan legalitas surat-surat mobil, seperti kecocokan nomor mesin dan rangka pada STNK dan BPKB serta pajak dan apakah mobil teregistrasi pada database kepolisian.. saat nbsusanto mengikuti pembelian mobil kemaren, disarankan oleh ahlinya untuk segera cek fisik di Samsat.. untuk jakarta, dapat dicek terlebih dahulu di database online di samsat-online jakarta.. Sementara untuk kawasan DIY, tak harus ke lokasi plat teregistrasi, asalkan mobil serta semua berkas dibawa, bisa dicek di Samsat terdekat..

pengalaman kemaren mobil yang nbsusanto pantau lolos pengecekan fisik, namun saat dicek di database kendaraan DIY yang dapat diakses di infopkbdiy, plat nomor tidak terdaftar.. komplain ke penjual, setelah ditelusuri ternyata berkas dari pemilik lama sudah dicabut sehingga sudah tidak terdaftar di database.. diputuskan deal langsung balik nama, dengan jaminan jika bermasalah, uang kembali 100%, terbukti tidak ada masalah dan proses lancar.. tentu seperti ini berlaku jika penjual terpercaya.. jika penjual menolak untuk perjanjian, lebih baik urungkan saja..

  1. Jangan tergesa-gesa..

pengalaman kerabat nbsusanto, saat itu beliau sudah menerima kondisi mobil yang ada.. namun harganya belum cocok.. beliau memilih untuk pikir-pikir dan merelakan jika ada yang berani membayar lebih.. namun namanya juga jodoh, sebulan kemudian saat dicek mobil belum laku dan akhirnya deal dengan beliau..

  1. Nikmati mobil “baru”, jangan lupa untuk mengganti pelumasnya..

berburu mobil bekas 4

Setelah mobil berada di tangan pembeli, ingat untuk menguras berbagai pelumas mobil, di antaranya adalah oli, pelumas transmisis, pelumas gardan dan lain-lain.. hal ini untuk menghindari kemungkinan sudah lama tidak diganti oleh pemilik sebelumnya.. dan mobil siap diajak kemana-mana.. 😀

Hal-hal tersebut yang sudah pernah dialami sendiri oleh nbsusanto saat berburu mobil bekas.. mungkin pembaca ada masukan lagi? 😀

Sekian dan terima kasih..

Wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

11 Komentar

  1. Pastinya siapkn budget sesuai dgn mobil yg mau di beli…hihihi
    Punya duit 50jt tp mau beli mobil second pajero dakar ato fortuner trd…ngimpi..ngimpi..
    Hihihihi..guyon mas

monggo tanggapannya.....