mengamati lebih dehat daihatsu taruna csx 2003

assalamu’alaikum wr. wb..

taruna.. ya, seekor mobil berjenis SUV dari pabrikan Daihatsu yang lumayan kondang di tahun 2006.. tersedia dalam varian long (F series) serta short (C series).. kebetulan beberapa waktu lalu saat KARs TV shooting salah satu episode, si blogger jalan-jalan puguh05.wordpress.com, membawa mobil taruna csx tahun 2003.. wah lumayan bisa tau lebih tentang pendahulu daihatsu terios.. 😀

daihatsu taruna csx 2003 (2)

kesan pertama saat melihat daihatsu taruna adalah gagah dan macho.. tak bisa dipungkiri, di sekitar tahun beredarnya, taruna adalah salah satu mobil yang eye-catching.. ground clearance cukup tinggi dengan ban lumayan besar dengan ring 15 serta ban cadangan yang menggantung di pintu belakang.. terlebih taruna oxxy yang menjadi penutup generasi taruna di Indonesia..

daihatsu taruna csx 2003 (14)

tampilan depannya cukup menarik.. headlamp bertipe multireflektor dengan ditambah foglamp.. terdapat semacam tonjolan seperti bumper yang menambah kegagahannya.. nampak spion chrome berada di sisi kanan kiri..

daihatsu taruna csx 2003 (16)

di bagian belakang nampak ban tergantung dengan manis serta berpenutup.. terdapat pula wiper kaca belakang untuk tipe csx..

daihatsu taruna csx 2003 (22)

mari membuka pintu depan.. terdapat pengontrol kaca keempat pintu serta pengunci pintu.. terdapat pula speaker di pintu..

daihatsu taruna csx 2003 (10)

mengamati bagian dashboard.. tampilan cukup sederhana.. terdapat pengatur ac )kecepatan blower serta tingkat kedinginan), pemantik rokok, head unit (untuk taruna puguh ini sudah diganti HU nya dengan pioneer agar bisa membaca USB serta SDcard), setir standar daihatsu, tuas pemindah gear, serta beberapa tombol di dekat setir yang akan kita amati di gambar berikutnya..

daihatsu taruna csx 2003 (13)

gambar detail speedometer.. terdapat speedometer, tachometer, odometer, tripmeter, heatlevel meter, fuelmeter, indikator lampu jauh serta berbagai lampu lain yang saatnya kala difoto tidak menyala, semacam indikator pompa bensin, indikator sein, dan lain lagi.. terdapat pula pereset tripmeter di antara speedometer dan fuelmeter.. sementara itu saklar lampu hazard berada antara stir dan speedometer..

daihatsu taruna csx 2003 (20)

tuas di sekitar stir masih sama, di kanan untuk sein dan headlamp, di kiri untuk wiper kaca depan.. nah, di sebelah kiri stir, ada 2 tombol saklar, yaitu saklar lampu kabut serta saklar wiper belakang..

daihatsu taruna csx 2003 (18)

di sebelah kanan stir terdapat pengatur spion.. tentu spion elektrik bisa diatur kacanya dari dalam.. bukan itu saja, tombol kecil di bawah saklar L-R tersebut adalah untuk membuka serta menutup spion secara elektrik.. tentu menarik mengingat terios-rush semenjak kelahirannya tidak memiliki fitur buka-tutup spion secara elektrik, baru pada minor change pada tahun 2013 fitur ini kembali ada pada varian low SUV ini..

daihatsu taruna csx 2003 (21)

menengok ke baris kedua.. jok standar dengan headrest yang bisa diatur ketinggiannya.. memang cukup standar mengingat seatbelt pun absen di baris kedua..

daihatsu taruna csx 2003 (1)

mencoba dibuka dari pintu belakang.. ya, baris ketiga taruna c series tidaklah menghadap ke depan.. konfigurasinya adalah berhadap-hadapan dan tanpa headrest.. hanya saja di kanan maupun kiri masing-masing 1 orang saja.. maklum saja tipe short.. kalo tidak salah untuk tipe long, baris ketiga menghadap ke depan.. oiya, di pintu belakang juga terdapat speaker.. lumayan lah untuk multimedia saat sedang dalam perjalanan.. 🙂

overall, generasi daihatsu taruna memang cukup menarik dari sisi tampilan dan akomodasi.. fiturnya pun tidak kalah dari mobil masa kini.. mungkin hanya di bagian dashboard yang terasa sudah cukup jadul saja.. tapi untuk ukuran mobil tua dengan tampilan gagah, taruna layak dipertimbangkan, apalagi varian oxxy yang masih stabil di atas 100 jutaan.. 😉 lalu bagaimana rasanya mengendarai taruna insya Allah akan nbsusanto tulis di artikel terpisah.. 😀

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....

  1. bulan ini bingung dihadapkan dg apv lux 2011, terios tx mt 2009, ato oxxy csx 2005. ngiler sama oxxy lbih ggh dri terios, yg dlm ny lbih sempet. apv geuwede blenuk.tpi thn seger.
    bantu kasih pencerahan om

    • wekekeke kalo saya sih nyoret apv.. nah terios atau taruna itu yang tergantung yang dimau.. kalo mesin, taruna menggunakan timing belt yang butuh lebih perawatan dibanding timing chain.. tampilan kayaknya anteb taruna.. iritnya terios.. build quality mungkin taruna..

  2. Saya pemakai oxxy 2006. Konsumsi bensin ga boros2 amat. Dolkot 1:12 lukot masih dapat 1:14. Boros ato ga itu tergantung pemeliharaan. Kalau servisnya ga teratur??, konsumsi bensin itu tergantung sehatnya mesin dan kapasitas CC mesin. Untuk avanza 1500cc ga jauh beda koq, paling beda sekilometer perliter. Masalah limbung, itu wajar karna ukuran rodanya R15 atau R16. Masih bisa diatasi memakai stabilizer. Tp ingat plat body lebih tebal dari pada mobil keluaran sekarang.

    • oxxy keluaran terakhir ya mas? keren banget itu.. sampe sekarang tetep keliatan gagah dan berani jejeran mobil baru..
      irit anget BBMnya mas.. selain faktor perawatan itu mesti kaki kanannya sudah disekolahkan dengan benar.. 🙄
      selain itu kalo nggak salah faktor chamber bawaan yang paling mempengaruhi kelimbungan..
      yep mengenai plat bodi.. sudah jadi rahasia umum.. 😀

    • belum pernah nyopir crv.. cuma pernah nebeng crv 2014 bahkan di bagasi peredaman suspensinya tetep apik.. tapi kalo dilihat dari harga dan kelasnya, masih nyaman crv..