puncak bucu piyungan, lokasi alternatif menikmati jogja dari atas perbukitan

assalamu’alaikum wr. wb..

menikmati sore hari dari perbukitan memang menyenangkan.. apalagi hingga matahari terbenam ditemani oleh semilir angin bebas gas beracun.. untuk itulah spot-spot tebing jadi salah satu favorit untuk menikmati daerah di bawahnya.. di kawasan yogyakarta, atau piyungan bantul khususnya, terkenal akan bukit bintangnya.. namun, di piyungan tidak hanya ada bukit bintang.. masih ada suatu tempat indah bernama puncak bucu yang juga masih di kecamatan piyungan..

puncak bucu, ngelosari srimulyo piyungan bantul (51)

puncak bucu ini terletak di dusun Ngelosari, Srimulyo, Piyungan, Bantul.. sebenernya ini dokumentasi 2 taun lalu.. dokumentasi saat survey KKN.. tapi kebetulan nbsusanto ditugaskan di subunit lain walau masih 1 unit dengan tim kkn di dusun ini.. dan saat itu belum punya smartphone jadi belum punya koordinatnya.. πŸ™„ tapi jalan masuknya cukup mudah, ambil saja arah cinomati.. nanti untuk menuju tempat ini kalo nggak salah inget belok di pertigaan deket rumah pak lurah.. :mrgreen:

puncak bucu, ngelosari srimulyo piyungan bantul (54)

 

saat itu jalannya masih cukup menantang.. medan berbatu dan kalo basah jadinya seperti itu.. kurang tau untuk kondisi terkini.. walau begitu, matic pun berani sampe sini.. πŸ™‚

puncak bucu, ngelosari srimulyo piyungan bantul (52)

 

saat itu belum ada parkir dan jalan masuknya masih cukup seadanya.. semacam jalan di antara sawah padi..

puncak bucu, ngelosari srimulyo piyungan bantul (4)

 

tapi ini daerah yang dilewati adalah batu.. jadi tenang saja pasti kuat dan cukup lebar kok.. πŸ˜€

puncak bucu, ngelosari srimulyo piyungan bantul (5)

 

yang masih menimbulkan penasaran adalah di sela-sela bebatuan bisa ditanami padi itu lho.. keren..

puncak bucu, ngelosari srimulyo piyungan bantul (7)

terkadang berjalan di antara sela-sela pepohonan.. masih alami..

puncak bucu, ngelosari srimulyo piyungan bantul (8)

hingga sampai di suatu titik dimana tak tampak pepohonan tinggi di depan.. sudah tak jauh dari tebing puncak bucu.. πŸ˜€

puncak bucu, ngelosari srimulyo piyungan bantul (9)

mencoba melihat ke arah belakang.. wah apik pemandangane.. πŸ˜€

puncak bucu, ngelosari srimulyo piyungan bantul (12)

karena cukup datar dan berbatu, duduk duduk saja dulu sekalian istirahat.. :mrgreen:

puncak bucu, ngelosari srimulyo piyungan bantul (10)

 

pemandangan di sisi timur.. lumayan ciamik..

puncak bucu, ngelosari srimulyo piyungan bantul (23)

pemandangan sisi utara.. persawahan serta pedesaan.. cukup jauh dari jalan raya..

puncak bucu, ngelosari srimulyo piyungan bantul (26)

pemandangan sisi barat.. menjelang sunset.. foto ini dulu diambil pukul 17.32 WIB.. lembayung senja..

puncak bucu, ngelosari srimulyo piyungan bantul (36)

di rerumputan itu bisa untuk mendirikan tenda jika berminat.. bisa menikmati keindahan alam dari piyungan cukup lama..

puncak bucu, ngelosari srimulyo piyungan bantul (32)

bebatuan dengan rumput.. mengingatkan pada gunung api purba nglanggeran..

menjelang maghrib.. saat itu perjalanan dilanjut agar tidak kemalaman.. yang pasti, puncak bucu cukup menarik.. pemandangannya nyaman dipandang.. udaranya segar dinikmati.. memang aksesnya mungkin tidak terlalu mudah dan kentara, tapi jika yang didapat seperti ini, tentunya akan terbayar usahanya.. πŸ˜€ tak bisa dipungkiri, potensi wisata di kawasan yogyakarta masih sangat banyak.. rasanya baruΒ ke beberapa tempat, masih banyakΒ yang belum termampiri.. πŸ™„

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....

  1. Ping-balik: syahdunya tanjakan cinomati | kankkunk - blognya nbsusanto

  2. Pemandangannya keren mas, tapi pas perjalanan malah jadi kasihan motornya
    mending pake sepeda aja lah besok2 kalau kesana

    Lewat Dusun banyakan piyungan juga bisa sih, jalannya lebih enak tapi kemiringannya rada ekstrim
    hehehe

  3. saya kemaren nyoba lewat piyungan ke selatan naik gunung sampe puncaknya pake panther sampe nanjak bgt pake gear 1. jalan yg saya lewati nanti tembus ke playen

      • boro boro liat pemandangan om,aku konsen liat jalan coz lum pernah lewat hehe.
        kalo lewat pegunungan patuk via kulonprogo ke timur lewat imogiri itu masih bisa dihajar pake gear 2 Panther 96. Lha kemaren lewat piyungan ngidul itu nanjaknya ekstrim meski jalannya sepi, wajib pake gear 1 panthernya.sangat menantang hehe πŸ˜€

        • lewat imogiri yang tembus paliyan? yap itu lumayan tapi nggak seterjal cinomati.. wajar saja aku pertama lewat cinomati lumayan kaget, tapi pas itu turunan dan bawa motor.. jadi sempet berhenti sekadar menikmati pemandangan dan foto-foto.. :mrgreen:
          panther aja gear 1.. kalo pake LCGC gimana ya.. πŸ™„