video underwater dengan action cam 8ten, memang worthed!

assalamu’alaikum wr. wb..

action cam 8ten yang nbsusanto beli dari semester kedua tahun 2014 diklaim tahan air.. memang sudah beberapa kali untuk merekam saat kondisi hujan deras masih mampu tanpa air masuk ke dalam casing.. namun, baru di bulan maret 2015 ini nbsusanto berkesempatan menguji action cam 8ten untuk berenang dan nyemplung di dalam air..

siap tempur

yap.. di awal bulan maret kemaren nbsusanto dan kawan-kawan piknik di kawasan temanggung.. nah, salah satu agenda instan nya adalah nyemplung di sebuah umbul di temanggung.. mungkin nanti ada artikel tersendiri tentang umbul tersebut.. di artikel ini nbsusanto fokus untuk membahas kemampuan action cam 8ten.. :mrgreen:

nah, awalnya nbsusanto coba dengan mode video.. sempat ketar ketir juga apakah hasilnya akan jernih, mengingat dengan mata saja di dalam air tidak terlalu jelas.. namun setelah coba klik rekam hasilnya adalah sebagai berikut:

yap, untuk perekaman dalam air, nbsusanto sendiri agak kaget dengan hasilnya, yang walaupun tidak sangat tajam, namun kalo inget harganya, nbsusanto bilang memuaskan.. obyek yang direkam terlihat jelas.. bisa untuk selfie dalam air.. nah, kalo hasil fotonya sebagai berikut:

rada blur

nampak kurang fokus untuk? yap, kekurangannya karena 8ten ini memang tidak dilengkapi fitur autofocus, sehingga harus benar-benar dalam kondisi anteng diam jika mau foto lebih bagus.. kalo nbsusanto sendiri lebih prefer untuk menggunakan video kemudian nanti ambil gambar dari videonya tersebut.. :mrgreen:

kalo berbicara kekurangan, jika sisi luar casing bagian lensa kena air kan memang wajar saja dan untuk membersihkannya tinggal diusap.. namun, jika sudah beberapa lama berendam, sisi dalam casing bagian lensa mulai berembun sehingga membuat hasil rekaman kurang tajam.. untuk membersihkannya dengan cepat tentu saja dengan membuka casing dan mengelapnya, namun tentu harus dengan tangan kering bukan? 🙄 saat ini nbsusanto penasaran gimana mengatasinya tanpa harus buka casing, mungkin besok akan memasukkan benda semacam silica gel atau beras di sela-sela casing, namun kemaren dengan silica gel sacet kecil tidak bisa masuk dalam casing karena ruangannya cukup sempit.. besok lagi lah.. 🙄

selanjutnya, ini memang bawaan action cam 8ten, untuk berpindah mode kamera dan video, untuk versi 5MP haruslah dengan touchscreen.. otomatis harus buka casing dan lagi-lagi tangan dalam kondisi kering.. defaultnya adalah saat dinyalakan selalu mode video.. kemaren nbsusanto mengatasinya dengan sebelum masuk ke air menggunakan mode foto terlebih dahulu, setelah dirasa foto-foto cukup, tinggal matikan dan saat dinyalakan sudah dalam mode video.. ya sudah selanjutnya pake video saja.. 😀 beda dengan action cam lain yang walau ada casing waterproofnya, dapat dioperasikan dengan beberapa tombol yang ada.. maklum saja di 8ten hanya ada 2 tombol untuk on-off serta merekam.. 🙄

overall, nbsusanto merasa cukup dengan hasil video underwater 8ten..  memang, hasilnya jangan dibandingkan dengan yang harganya beberapa kali lebih mahal.. namun sudah cukup dapat diandalkan untuk dokumentasi pribadi dan untuk dishare di dolanotomotif ini.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

8 Komentar

monggo tanggapannya.....