lebih dekat dengan honda jazz rs 2009

assalamu’alaikum wr. wb..

honda jazz.. seekor hatchback yang menjadi tulang punggung honda prospect motor.. dikenalkan sejak tahun 2004 dan menjadi favorit banyak orang.. hingga tahun 2015 ini, sudah ada 3 generasi honda jazz.. namun, baru pada tahun 2015 ini pula nbsusanto bisa melihat lebih dekat honda jazz rs versi 2009, walau beberapa tahun yang lalu sempat nebeng jazz i-dsi, namun saat itu belum terlalu suka mengamati mobil.. :mrgreen:

melihat lebih dekat honda jazz rs 2009 (2)

kok ya kebetulan, saat ada acara BSO kampus ada yang bawa jazz RS.. lebih beruntung lagi saat itu diajak keluar malam hari dan nbsusanto diserahin kunci jazz tersebut.. 😀 nampak dari belakang, jazz dan brio nggak beda jauh ukurannya, hanya saja jazz lebih membulat bentuknya..

melihat lebih dekat honda jazz rs 2009 (5)

dari sisi depan.. dengan headlamp multireflektor serta adanya foglamp membuat penerangan cukup memadai.. yang menurut nbsusanto masih merasa janggal adalah posisi sein di sisi lebih dalam daripada headlamp.. agak gimana gitu liat jazz sein.. 🙄 grill depan tidak terlalu besar dan menempel logo honda disana.. oiya, untuk seri RS memang selalu berbody-kit yang membuatnya lebih ceper..

melihat lebih dekat honda jazz rs 2009 (3)

penampakan dari sisi samping honda jazz.. dibandingkan hatckback lain di kelasnya, jazz memang dimensinya paling panjang.. malah seperti mini MPV.. tapi pastinya harus lega row 2 dan bagasinya.. 😎 jazz RS memakai velg 16″ dengan dibalut ban 185/55.. lebih besar dari generasi sebelumnya, jazz dsi yang 14″ dan jazz vtec 15″.. konsekuensinya ya ban tipis itu.. kemarin sempat dicoba ukur seadanya, jarak bodykit ke permukaan tanah mungkin sekitar 15 cm saja.. model tuas pintu pun masih model lama, dibandingkan dengan pesaingnya yang di tahun yang sama sudah mengadpsi model lebih baru..

melihat lebih dekat honda jazz rs 2009 (17)

begitu dibuka.. seperti biasa terdapat tombol pengatur kaca jendela.. ada pula speaker disana.. standar saja.. 🙄

melihat lebih dekat honda jazz rs 2009 (7)

melihat ke sisi dalam.. kover jok nya sudah berganti.. terlihat bentuk seatnya memang sangat menarik.. sudah ala bucket seat.. tersedia pula arm rest untuk driver.. selain itu tentu reclining seat dan seat high adjuster.. honda gitu lho.. 🙄

melihat lebih dekat honda jazz rs 2009 (16)

menilik ke bagian dashboard.. untuk kisi-kisi AC nampak biasa saja.. nampak bahwa sisi tengah memang asimetris.. mungkin berniat memanjakan driver jika berniat mengutak-atik AC dengan pengaturan blower, tingkat kedinginan, arah hembusan angin, asal udara.. oiya, ternyata jarak dengan kaca depan cukup jauh ya.. disini nbsusanto baru sadar ternyata jazz nya matic.. tuasnya P-R-N-D-S.. paddle shift nih berarti.. 😀

melihat lebih dekat honda jazz rs 2009 (12)

beralih ke bagian stir.. terdapat SRS airbag tentunya.. ada pula tuas wiper dan lampu seperti biasa.. oiya, jazz rs juga menggunakan pelipat spion elektrik.. saat mengintip ke bagian speedometer juga cukup banyak indikatornya.. speedometer, tachometer, fuelmeter, meteran mileage sesaat, indikator pompa bensin, indikator electronic power steering, indikator handbrake, indikator tekanan oli, indikator aki, indikator sein kiri-kanan, indikator lampu nyala, indikator lampu jauh, indikator ABS, lampu penanda overheat, lampu penanda airbag, indikator posisi gear otomatis, lampu pengingat seatbelt pengemudi serta lampu penanda apakah pintu sudah tertutup rapat semua atau belum.. lengkap..

melihat lebih dekat honda jazz rs 2009 (13)

ini dia yang menarik.. paddle shift yang terketak di sisi belakang stir, tepatnya di antara stir dan saklar wiper serta lampu.. seperti motor bebek saja pindah gear tanpa harus menginjak kopling.. :mrgreen: oiya, ada footrest untuk kaki kiri.. mayan..

melihat lebih dekat honda jazz rs 2009 (19)

beralih ke baris kedua.. legroom lega untuk tinggi 169 cm.. ya jelaslah.. mosok mobil panjang kok dalemnya sempit.. 😆

melihat lebih dekat honda jazz rs 2009 (29)

membuka bagasi belakang.. model pintunya hidrolis.. nah, kebetulan jazz ini sudah diganti audio systemnya.. namun berhubung bagasinya besar, termakan untuk penempatan speaker tambahan pun masih leluasa..

melihat lebih dekat honda jazz rs 2009 (21)

apalagi ditambah bisa dilipat rata jok baris keduanya.. menambah kapasitas bagasi yang aslinya sudah besar.. inilah kelebihan lain honda jazz..

oiya, untuk besaran pajak, jazz RS 2009 berada pada kisaran 2,5 juta rupiah per tahunnya..

overall, dari sisi tampilan dan fitur yang ditawarkan, jazz RS memang wajar saja cukup laris dan harga secondnya pun masih tinggi.. ditambah katanya fun to drive, gimana ya? insya Allah di artikel terpisah.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

10 Komentar

  1. iyaw…. emng bguus interior.X
    tp bgus lgi klo intrrior itu dpsang d hardtop aph katana…
    tp interior.X saja…
    dmnapun mobil keren itu yaw hardtop aph katana 😉

monggo tanggapannya.....