menikmati sore hari di candi sambisari

assalamu’alaikum wr. wb..

akhir akhir ini cuaca cukup cerah, di sore hari sudah tidak selalu dihiasi mendung.. begitu juga hari itu.. dari pagi langit biru dan siangnya cukup terik.. sayang kalo nggak dimanfaatkan.. seperti biasa, tukang kompor.. akhirnya ba’da ashar baru kesampaian.. awalnya tujuannya diwacanakan cukup beragam, namun setelah menimbang, nimbang, tujuannya disempitkan menjadi candi saja.. yang pertama adalah candi sambisari..

candi sambisari (2)

candi sambisari ini terletak di dusun sambisari, desa purwomartani, kecamatan kalasan, kabupaten sleman.. sayangnya saat itu tidak sempat mengaktifkan gps untuk lock koordinatnya.. yang pasti, pertigaan bandara jalan adisucipto ke timur, nanti ada plangnya.. namun sebenernya cukup mudah kok untuk mencarinya, selain adanya plang, peta di google maps pun sudah ada POI kawasan ini..

candi sambisari (4)

seperti candi ijo, untuk masuk kawasan ini cukup bayar uang parkir, untuk motor 2 ribu rupiah saja, serta mengisi buku tamu di pos satpam.. tidak ada retribusi memang selain kawasan candi borobudur, candi prambanan serta keraton ratu boko.. di kawasan candi sambisari pun tersedia fasilitas cukup memadai, di antaranya adalah ruang informasi, toilet serta musholla..

candi sambisari (6)

akhirnya keliatan juga candinya.. yap, candi sambisari memang berada di bawah ketinggian tanah rata-rata daerah di sekitarnya.. kalo nggak salah, dulu pernah tertimbun dan akhirnya digali.. dengan suasana ala tamannya, candi sambisari cukup menarik..

candi sambisari (10)

di sebelah barat nampak beberapa batu yang nampaknya adalah batu candi yang belum tersusun kembali..

candi sambisari (15)

yuk turun.. mumpung cuacanya cukup mendukung.. 😀

candi sambisari (39)

yap, saluran drainase adalah salah satu bagian tak terpisahkan dari suatu candi.. bertujuan agar air tidak merusak struktur candi.. bukti bahwa di masa lalu telah disadari arti penting saluran drainase dan gimana masyarakat turut menjaganya.. masa iya di masa kini hal tersebut malah diabaikan? 😉

candi sambisari (21)

bangunan candi yang tidak utuh.. nbsusanto kurang tau dari ditemukannya candi ini apakah sudah tidak utuh atau dalam masa renovasi dengan batu yang ada di sisi barat? 🙄

candi sambisari (30)

bangunan candi utama.. tidaklah terlalu lebar.. tidak terlalu tinggi pula.. namun cukup menyatu dengan bangunan pendukung candi utamanya..

candi sambisari (35)

di sisi barat serta timur terdapat suatu galian yang cukup menarik perhatian.. akhirnya pun didatangi.. jujur saja nbsusanto dan kawan-kawan kurang tau aslinya galian memanjang ini untuk apa mengingat elevasinya sama dengan saluran drainase..

candi sambisari (40)

rumput seperti ini.. di candi ijo serta candi abang kalo nggak salah juga ada.. berpadu dengan rumput biasanya, menambah apiknya suasana..

candi sambisari (42)

terdapat pula sebuah kolam di sisi timur..

candi sambisari (1)

mau ngambil tulisan utuh candi sambisari kok ya susah kalo nggak mau ada kebocoran.. nampaknya perlu lensa lebih wide ini.. padahal lensa 25mm nya sony udah lumayan wide untuk ukuran kamera saku.. 🙄

candi sambisari adalah kawasan candi yang menarik.. dengan poin utamanya bahwa candi sambisari terletak pada ketinggian di bawah ketinggian tanah di sekitarnya seperti sebuah galian lembah.. perpaduan dengan rerumputan serta cukup jauh dari hiruk pikuk jalan raya jogja-solo membuat banyak orang betah nongkrong disini.. yang pasti, kebersihan dan kenyamanan candi ini harus selalu dijaga, agar orang lain setelah kita yang datang bisa tetap menikmati keindahannya.. 😀

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....