menikmati indahnya senja di candi plaosan klaten

assalamu’alaikum wr. wb..

Sore itu belum gelap.. sayang jika langsung pulang.. masih ada candi lain yang menanti untuk dijunjungi.. yap, setelah beberapa menit di candi sambisari, karena miskomunikasi, kami pun melanjutkan perjalanan.. tempat yang kami tuju adalah candi plaosan.. sudah ada 2 rekan yang menunggu disana..

candi plaosan (2)

Yap, candi plaosan lor ini sudah masuk di kawasan jawa tengah.. kabupaten klaten tepatnya.. sayangnya lagi-lagi nggak sempat mengeluarkan hp untuk lock koordinat GPS.. walaupun begitu, candi plaosan juga tidak susah untuk dicari.. kalo dari yogyakarta, setelah pertigaan candi prambanan masih melaju ke timur ada 1 pertigaan lagi.. disitu belok kiri.. setelahnya, sampai di sebuah perempatan, ada plangnya kok, belok ke kanan ke arah timur.. ikuti saja jalannya di tengah persawahan, nanti sampai juga di candi plaosan..

candi plaosan (4)

Masih seperti sebelumnya.. cukup parkir dengan membayar 2 ribu rupiah saja kemudian isi buku tamu di pos satpam, kita sudah bisa masuk ke kawasan candi plaosan lor..

candi plaosan (5)

di sisi selatan, nampak ada bangunan candi yang sedang dalam tahap pemugaran.. di sebelahnya nampak tumpukan batu candi..

candi plaosan (6)

terdapat bangunan stupa (cmiiw) di candi plaosan yang pada umumnya menunjukkan bahwa bangunan merupakan candi buddha..

candi plaosan (10)

terdapat lebih dari 1 bangunan candi utama di kompleks candi plaosan.. ini adalah salah satunya, yaitu candi utama selatan..

candi plaosan (13)

kalo dalam mode panorama, seperti gambar di atas lah kompleks candi plaosan lor..

candi plaosan (16)

oiya, pandangan dari sisi barat candi plaosan ke arah barat sangatlah lengang.. pantas saja banyak yang berburu foto sunset di sekitar sini..

candi plaosan (20)

oke balik menghadap arah candi.. nbsusanto dan kawan kawan menuju ke bangunan candi utama utara.. sebelum bangunan candi utama, terdapat semacam bangunan pintu mengarah ke candi utama..

candi plaosan (22)

itulah nampak depan bangunan candi utama utara.. cukup besar dan lumayan tinggi sehingga dipasang penangkal petir pada ujung atasnya..

candi plaosan (23)

dari sini nampak bangunan candi utama selatan.. memang jaraknya tidaklah jauh.. hanya dipisahkan semacam pagar pembatas dan bangunan pintu..

candi plaosan (32)

yang berfoto-foto di kawasan candi utama juga bukan hanya kami.. ada beberapa pengunjung yang sedang berfoto disana.. memang pelataran rerumputan pada sekitar candi punya nilai plus untuk foto-foto.. 😀

candi plaosan (34)

di sisi timur candi utama juga terdapat cukup banyak bangunan candi pendukung.. menandakan bahwa kawasan ini cukup padat bangunan candi..

candi plaosan (54)

di utara bangunan utama juga terdapat cukup banyak bongkahan batu candi.. entah bagaimana bentuk aslinya..

candi plaosan (50)

di utaranya lagi ada bangunan yang cukup menarik.. seperti arca atau apa ya.. berkumpul di atas undakan batu candi..

langit pun semakin gelap.. iseng saja mengganti pengaturan kamera dengan titik fokus spot terang dan menurunkan EV ke -1..

candi plaosan (71)

lah kok malah dapat foto siluet dengan cahaya di sekeliling secara tidak sengaja.. 😀

setelah jam 6 kami pun pulang, mengingat memang jam 6 kawasan candi memang ditutup.. candi plaosan klaten itu menarik.. cukup luas, saat seorang teman membaca datanya, drainasenya saja dirancang untuk ukuran hektar.. lagi-lagi drainase memegang peranan penting pada candi.. kawasan candinya pun cukup ramai sehingga banyak pilihan untuk background foto bagi penggemar foto dengan adanya model, bukan sekadar landscape..yang perlu selalu diingat, mari kita jaga peninggalan sejarah ini bersama-sama.. 😉

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

 

Advertisements

2 Komentar

monggo tanggapannya.....