here maps, aplikasi navigasi offline dari nokia untuk android

assalamu’alaikum wr.. wb..

beberapa waktu lalu ngobrol dengan seorang kawan yang menggunakan aplikasi navigasi here maps untuk android.. pertama-tama heran.. apakah bisa, mengingat here maps ini pada awalnya nbsusanto temui di nokia lumia.. dia bilang coba download saja.. ya sudah mumpung ada koneksi nbsusanto coba download karena memang dari dulu tertarik dengan tampilan dan rute here maps..

nokia here maps for android (1)

langsung saja download dari google play store.. file installernya sebenernya nggak terlalu besar.. langsung dibuka, namun memang belum ada peta nya.. ya sudah sekalian download saja.. toh walau bisa untuk navigasi offline tanpa internet tetep butuh peta dulu kan.. :mrgreen:

nokia here maps for android (9)

nah, peta Indonesia lumayan besar, sekitar 450an MB sehingga butuh internet kuota besar dan kecepatan tinggi kalo butuh cepat.. tapi enaknya di here maps, jika koneksi terputus, download tidak perlu diulang dari awal.. bisa diresume.. 😀

nokia here maps for android (3)

pilihan tampilan di here maps bisa berupa tampilan maps atau satellite.. selanjutnya tampilan transit atau tidak, dengan adanya titik titik untuk transit (POI) jika transit diaktifkan.. selanjutnya bisa juga menampilkan kondisi traffic terkini, namun tentunya butuh internet, makanya nbsusanto nggak pernah nyoba.. 😆 kalo nbsusanto sendiri biasa dengan tampilan satelit karena lebih natural.. 🙄

nokia here maps for android (7)

mencoba fitur pencariannya.. nah, nampaklah bahwa here maps bisa mencari alamat hingga tingkat kelurahan.. cukup lumayan mengingat jika tanya alamat biasanya dijawab alamat dusun, kelurahan, kecamatan dan kabupaten, bukan berupa koordinat saja.. :mrgreen:

sementara itu pencarian gedung, kantor maupun POI lainnya juga lumayan.. jenis tempat sudah dikaslifikasikan seperti akomodasi, tempat makan, tempat belanja dan lain-lain.. sama dengan aplikasi navigasi lain, POI ditunjukkan dari jarak terdekat..

nokia here maps for android (6)

mengenai peta jalan, nbsusanto cukup mengapresiasi here maps ini.. walau memang belum semua jalan kecil ada, misalnya jalan deket rumah nbsusanto, setidaknya di beberapa titik nbsusanto coba ternyata jalannya ada, padahal jalan kecil dan buntu..

nokia here maps for android (13)

kemudian mencoba opsi here drive nya.. mengarahlan navigasi ke suatu tempat.. yang nbsusanto suka, selain ada beberapa opsi rute yang bisa dilalui, here maps pada posisi default biasanya sudah memilihkan rute terpendek.. ini yang dari dulu memikat saat nyoba here maps di lumia.. bahkan pemilihan rute lebih “manusiawi” dibandingkan sygic dan navitel nbsusanto pakai..

nokia here maps for android (8)

pemilihan rute pun bisa dengan berbagai filter, misalnya mengindari jalan besar, jalan tol, penyeberangan, dan lain-lain.. tinggal kita ingin yang bagaimana.. bahkan tersedia pilihan rute jalan kaki bagi yang mau mencobanya.. 🙄

nokia here maps for android (12)

selanjutnya set destinasi, tunggu lock GPS dan ikuti petunjuknya.. tampilan arah dan kecepatan sesaat juga ada.. 😀

jika ditanya kelemahan, mengingat ini aplikasi gratis, tentu saja ada.. misalnya tidak ada informasi koordinat seperti di navitel dan sygic.. sehingga jika navigasi menuju koordinat tertentu nbsusanto masih belum menemukan caranya.. atau memang tidak bisa.. untuk itulah here maps nbsusanto kombinasikan dengan sygic untuk bermain-main dengan peta..

overall, here maps memberikan navigasi yang cukup menyenangkan, tentu dengan memaklumi kelemahan yang ada.. tampilan yang enak dipandang dan tidak memberatkan purtu dengan spek lawasnya, serta rute dengan jarak terpendek adalah kelebihan yang membuat nbsusanto seringkali membuka, mau navigasi ke suatu tempat hanya sekadar membuka dan mengetahui alamat dimana nbsusanto berada saja.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr wb..

About nbsusanto 1032 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

13 Komentar

  1. sudah preinstal di nokia xl saya. dan sydah saya coba navigasi dari cileduk ke kemayoran. hp cukup dimasukin tas, pasang headset buat navigasinya. (navigasi suara di downlot terpisah)

  2. please visit, like, comment and follow our sites in
    ” agaaan numpang posting ya.? siapa tau ada yang butuh dan cocok…..keluarga, tetangga, teman sejawat dan lainnya” di…..
    cvnadagroup2017(at)gmail(dot)com atau
    cvnadagroup2017(dot)wordpress(dot)com

    edited @ jadi (at) dan . jadi (dot) by nbsusanto

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*