syarat dan cara membuat SKCK itu tidak ribet

assalamu’alaikum wr. wb..

akhir-akhir ini lumayan banyak yang harus diurusi.. mulai dari hal mengenai 6 sks keramat, titipan tugas di kampus maupun di rumah serta berbagai berkas agar nanti jika butuh tidaklah terburu-buru.. salah satu berkas  yang nbsusanto urus adalah berkas yang lumayan vital untuk ke depan, yaitu surat keterangan catatan kepolisian atau yang biasa disebut skck, pengganti dari surat keterangan kelakuan baik (skkb), yang biasanya disyaratkan untuk berbagai administrasi..

cara membuat skck bagaimana

untuk mendapatkan skck, tentu kudu dipahami cara membuat skck tersebut, yang memang dari berbagai daerah tidaklah sama, bahkan untuk beda keperluan pun tidak sama persis.. nah, sebagai contoh adalah saat nbsusanto mengurus pembuatan skck dengan domisili di Srandakan, Bantul.. karena untuk keperluan yang lebih luas, katanya setidaknya haruslah sampe tingkat polres..

baiklah, dimulai dari dengan surat pengantar dari Ketua RT.. pada tahap ini, nbsusanto persiapkan syarat pembuatan SKCK berupa fotokopi KTP, fotokopi akta kelahiran dan fotokopi kartu keluarga.. ternyata akta kelahiran bukanlah syarat membuat SKCK..

berkas untuk skck (2)

pada tahap ini, ketua RT akan mengisi data (bisa juga harus diisi mandiri oleh pemohon) sesuai dengan kartu identitas.. setelah lengkap akan ditandatangani ketua RT.. untuk tanda tangan RT kemarin nbsusanto tidak dikenakan biaya administrasi.. proses cepat tapi agar lebih enak sekalian basa-basi dengan ketua RT..

selanjutnya nbsusanto menuju ke kepala dusun untuk dilengkapi nomor surat dan tandatangan kepala dusun.. pada tahap ini nbsusanto dikenakan biaya administrasi yang masuk ke kas Pokgiat LPMD sebesar 5000 rupiah.. proses di kepala dusun juga cepet, tapi nbsusanto agak lama soalnya malah ngobrol dulu ngalor ngidul ditanya mau untuk apa blablabla serta basa-basi lain.. 🙄

setelah itu, nbsusanto menuju ke kantor kelurahan / balai desa.. menuju ke petugas dan menyerahkan surat pengantar dari dusun, kemudian petugas akan mengisi formulir berikut:

berkas untuk skck (3)

petugas mengisi data sesuai dengan surat pengantar, nbsusanto sebagai pemohon kemudian tandatangan, selanjutnya ditandatangani oleh lurah desa atau atas nama lurah desa.. untuk kelurahan trimurti, di tahap ini tidak ada pungutan biaya.. proses sangat cepat saat itu, maklum masih pagi dan belum antre.. :mrgreen:

form dari kelurahan itu ada kolom tandatangan camat, baiklah nbsusanto menuju ke kecamatan.. langsung menuju ke pelayanan satu pintu.. menyerahkan form dan ktp, kemudian ditanya tingkat pendidikan selanjutnya petugas membawa form masuk dan ditandatanganilah kolom itu, tidak harus camat namun bisa juga yang berwenang.. proses juga sangat cepat dan tidak dipungut biaya lagi untuk kecamatan srandakan.. selanjutnya surat itu akan dibawa ke polsek..

sebelum ke polsek, nbsusanto sempatkan cari berbagai info tentang harus bawa apalagi.. salah satu syarat tambahan dalam pembuatan skck adalah dengan membawa pas foto berwarna ukuran 4×6 dengan background merah.. demi jaga-jaga daripada kurang, nbsusanto menyiapkan 8 buah pas foto..

kebetulan nbsusanto ke polsek hari sabtu, tidak di semua polsek ada pelayanan di hari sabtu, kalo di polsek srandakan tetap ada pelayanan namun dengan petugas piket yang memang mengurus SKCK dan belum tentu dapat jatah piket sesuai jadwal 5 hari kerja.. kebetulan nbsusanto datang tidak lama kemudian ada petugas piket yang di bagian SKCK..

berkas untuk skck (4)

petugas kepolisian tersebut mengisi data untuk surat rekomendasi menuju polres bantul, hal ini karena nbsusanto belum memiliki rumus sidik jari sebagai salah satu syarat untuk penerbitan skck.. di polsek srandakan, syarat yang diminta adalah 2 buah pas foto, kemudian dicetakkan 1 lembar surat rekomendasi yang kemudian dijadikan 1 bendel dengan fotokopi KTP, fotokopi KK dan fotokopi akta kelahiran.. proses disini lumayan cepat, namun karena diajak ngobrol ngalor ngidul dengan petugas jadi butuh waktu lumayan.. tapi malah nbsusanto justru senang karena citra polisi yang ramah itu memang benar-benar ada.. toh beliau malah sharing macem-macem.. 😀 pada tahap ini juga tidak dipungut biaya..

selanjutnya menuju polres bantul.. di loket pembuatan skck, nbsusanto diarahkan untuk cap sidik jari dulu sebagai dasar penyusunan rumus sidik jari.. di ruang pengambilan cap sidik jari, nbsusanto mengisi berkas 1 lembar kertas kecil dan menyerahkan 1 bendel rekomendasi polsek serta 2 buah pas foto.. setelah berkas terisi, petugas mengarahkan tangan nbsusanto untuk pengambilan sidik jari di semua jari.. tidak lama disitu rumus sudah disusun oleh petugas dan bisa melanjutkan pembuatan skck.. administrasi pengambilan cap sidik jari untuk SKCK di polres bantul sebesar 5000 rupiah..

di loket penerbitan skck, nbsusanto diminta mengisi 2 buah form mengenai identitas dan berbagai catatan yang perlu dilengkapi.. setelah selesai mengisi form, nbsusanto diminta mengumpulkan 1 bendel dari polsek beserta 4 buah pas foto.. wah ternyata pas banget nyetak 8 pas foto.. 🙄

berkas untuk skck (1)

menunggu beberapa antrean namun tidak lama akhirnya SKCK keluar juga.. di loket skck polres bantul ini dikenakan biaya administrasi 10.000 untuk penerbitan skck.. alhamdulillah akhirnya kelar.. 😀

jadi berapa lama pembuatan SKCK? nbsusanto memang butuh waktu 3 hari, bukan karena prosesnya lama, tapi memang cuma bisa nyolong waktu senggang sedikit demi sedikit.. kalo memang free seharian, dimulai dari RT dalam setengah hari SKCK sudah di tangan kok.. 😀 oiya, biaya administrasi SKCK juga tidak mahal setelah adanya penertiban biaya administrasi.. total yang dibayarkan adalah 20 ribu rupiah saja.. oiya, di luar biaya mencetak foto, fotokopi dan bensin.. tapi kalo ditotal juga masih 40an ribu saja.. 🙂

oiya, saran saja sebaiknya semua berkas disiapkan dari awal dan dicermati karena persyaratan tidak selalu sama di tiap daerah.. soalnya kemaren nbsusanto melihat syarat kecamatan lain yang masih 1 kabupaten butuh total 10 lembar foto 4×6.. lebih baik siapkan agak banyak saja daripada sudah sampe polres kurang dan harus wira-wiri lagi.. 🙂 dan kayaknya kalo untuk keluar negeri masih butuh sampe tingkat polda, atau untuk apa ya tadi yang butuh skck sampe polda malah kurang mencermati.. 🙄 cara membuat skck memang mudah, bukan? 😀

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

34 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. syarat dan cara membuat SKCK itu tidak ribet | kankkunk.wordpress.com

monggo tanggapannya.....