test ride motor trail, viar vx2 150cc

assalamu’alaikum wr. wb..

viar vx2.. walau sudah mencoba dari pertengahan maret, tapi baru akhir-akhir ini fotonya didapat dan bisa untuk artikel.. bagaimana rasanya motor 150cc seharga kurang dari 15 juta ini? mari kita telaah bersama..

viar vx2 150cc (3)

pertama kali naik.. yap, memang trail selalu tinggi.. tapi masih cukup manusiawi bagi 165 cm ke atas.. profil jok yang tidak lebar tentu mengkopensasi tingginya posisi jok..

viar vx2 150cc (9)

yap hati-hati! naik trail harus pake alas kaki! kecuali kakinya kuat kena footstep.. :mrgreen: kemudian putar kunci kontak dan pake electric starter.. suara mesin memang seperti GL series.. bedanya sih karena knalpot sudah diganti.. kalo begini, ekspektasi melayang pada torsi besar..

tarik gas dan yap.. sesuai ekspektasi.. menaklukkan jalur pelosok gedangsari gunungkidul rasanya maknyuss.. torsi melimpah di jalan beton naik turun.. tak perlu takut tak kuat menanjak.. untuk ekspektasi trail 150cc nbsusanto bilang sesuai.. nanjak pake gear 2 ecess.. dikombinasikan dengan ban tahu, jalan yang terkadang berlubang atau tanah pun dilibas dengan pede.. kemampuan suspensi menurut nbsusanto cukup moderate, menyasar kemampuan hybrid untuk cross maupun jalan raya karena peredaman cukup empuk tapi nggak empuk banget.. kalo di jalan semi off road puas makenya.. 😀

nah, selanjutnya masuk jalan beraspal yang walau ada berapa bagian rusak, seperti kondisi jalan aspal pada umumnya.. rasanya getar.. getar banget.. apalagi jalan 70an kpj di top gear nggak senyaman tricolore saat jalan 70 di gear 3.. mau ngebut ngikutin rombongan kok nggak enak.. mau pelan nanti tertinggal dan ini bukan motor milik sendiri.. memang bukan habitatnya di jalan aspal apalagi aspal mulus mungkin.. 😐

untuk manuver, bentuk bongsor otomatis cara menikung berbeda dengan motor bebek maupun sport pada umumnya.. mungkin ini hanya masalah penyesuaian saja..

mengenai pengereman, nbsusanto merasakan cakram depan dan belakang viar vx2 ini cukup mumpuni untuk menghentikan laju di jalan aspal maupun saat off road.. tentu cara pengereman juga harus diperhatikan karena mengerem di jalan aspal dan jalan tanah perlu dibedakan.. :mrgreen:

viar vx2

overall, untuk seekor motor trail, viar vx2 bisa dijadikan pilihan mengingat harganya yang menarik dan kemampuannya yang cukup mumpuni di medan semi off road.. namun jangan mengharap kenyamanan lebih di jalan raya.. cukup jalan pelan saja atau bagian badan yang bersinggungan dengan motor akan merasakan getaran cinta.. 😆

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

4 Komentar

monggo tanggapannya.....