weleh, oli ahm spx1 orange sudah bukan racikan repsol lagi

assalamu’alaikum wr. wb..

pagi itu masih bulan juni 2015, si alien merah (cs1) memasuki masa ganti oli.. awalnya mau ganti oli di ahass, tapi banyak antrian akhirnya beli oli dibawa pulang dan ganti sendiri.. seperti biasa pula, oli yang digunakan adalah spx1 berwarna orange..

spx1 bukan repsol lagi tapi federal (1)

melihat sisi depan oli nampaknya tidak ada yang aneh mengingat sebelumnya juga ganti sendiri, masih nyimpen botol lawas di rumah.. masih sama dengan oli yang dibeli bulan maret 2015 lalu.. oiya, oli bulan maret 2015 adalah yang terlihat di sisi kiri dan oli juni 2015 yang terlihat pada sisi kanan foto..

DSC00191

walaupun berbeda dengan dulu pertama pake spx1 di tahun 2012.. bisa dimaklumi lah perbedaan desain pada label kemasannya..

kemudian yang agak menarik adalah sisi belakang..

DSC00190

seingat nbsusanto ada logo repsol seperti kemasan tahun 2012 dulu.. nah oli spx1 yang nbsusanto dapatkan seperti berikut..

spx1 bukan repsol lagi tapi federal (2)

kemasan juni 2015 pada sisi kanan foto dan sisi kiri spx1 maret 2015.. tidak ada logo repsol lagi.. ternyata memang di kemasan sebelumnya sudah tak ada.. mungkin sebatas perubahan label saja pikir nbsusanto dan tetap masih dari repsol.. tapi setelah nbsusanto amati lagi hasilnya begini..

spx1 bukan repsol lagi tapi federal (5)

kode produknya sudah berbeda.. yang tertera di namanya pun berbeda, di spx1 maret 2015 ada tulisan SPX1 10W30 SJMA 1L REP masih sama persis dengan spx1 yang nbsusanto pake di tahun 2012.. namun di spx1 yang nbsusanto beli bulan juni 2015 tertulis SPX1 10W30 SJMA 1L FED.. lhoh kok beda ya?

coba liat di bagian lain..

spx1 bukan repsol lagi tapi federal (4)

produsen juga berubah.. spx1 lawas diproduksi oleh PT Nusaraya Putramandiri, sementara itu spx1 juni 2015 diproduksi oleh PT Federal Karyatama.. kode sertifikasi JASO-MA nya juga sudah berubah.. spx1 lawas M062AHJ156 sementara itu spx1 baru M061AHJ144..

berarti sudah bukan dari repsol lagi walaupun warna kemasannya orange? bukan spx1 repsol lagi.. memang dulu pernah ada SPX1 yang diproduksi oleh Federal (cmiiw) namun dengan botol berwarna putih, sehingga sering disebut SPX1 putih, namun discontinue dan selanjutnya hanya ada spx1 orange yang memang selalu ada kode repsolnya..

oli ahm spx orange made by federal

gimana ya.. sebenernya nggak papa sih.. toh nyatanya juga segera dituang.. siapa yang tidak kenal oli federal.. honda lawas juga rata-rata pake oli federal dan masih baik-baik saja.. cuma bagi yang nggak tau kan dikiranya tetep dari repsol, gimanapun juga orange di honda itu identik dengan repsol.. apalagi dulunya spx1 dari federal itu botolnya warna putih sebagai pembeda dengan spx1 dari repsol..

kenapa ya ganti supplier ke federal dengan botol warna orange bukan putih lagi? atau kebetulan saja dapat oli dari federal karena supply dari repsol tak mampu memenuhi permintaan oli spx1 dari ahm? entahlah.. 🙄

DSC05490

ya artikel ini nbsusanto buat hanya karena heran saja kok warnanya orange tapi bukan repsol lagi, dan kalo federal kok warnanya bukan putih.. yang penting masih bisa melumasi untuk harian maupun sesekali diajak lari-lari atau piknik.. masalah performa mungkin akan sama saja mengingat speknya secara umum sama, walau harganya malah naik.. selembar proklamator tak cukup untuk beli 2 botol yang seliteran euy.. 🙄

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

22 Komentar

  1. Barusan abis ganti Oli pakai SPX-2 (0.8 Liter), Botolnya warna Orange, tutup botolnya warna Biru.

    Belakangnya tertulis diProduksi oleh PT. Nusaraya Putramandiri
    Dan di kode belakang bagian atasnya ada tulisan REP.
    Berarti skrg Beralih ke Repsol lagi….

    NB:
    Ganti Oli di Bengkel Langganan, emang menyediakan berbagai macam Oli Mesin kendaraan Motor, Mobil ataupun Diesel…
    Harganya 48 Ribu (sudah termasuk pasang)

    Sayang gak bisa posting pake foti, kalo bisa Saya share deh fotonya…

    • maturnuwun infonya.. kira-kira full balik ke repsol atau 2 supplier seperti velg honda yang mempunyai beberapa merk atau memang spx 2 dari dulu selalu repsol tanpa pindah ke federal ya?

      spx 2 memang dari dulu pake tutup botol biru, nampaknya biar nggak salah menandakan oli matic beda dengan spx 1 untuk manual.. 😀

      cara share foto paling gampang sih upload dari tempat lain kemudian paste link.. 😀

  2. ikut nimbrung ya gan sekalian mau nanya2… 😀

    kebetulan saya baru ngangkut supra x 125 FI helm-in agustus 2015 kemarin, saat ini menggunakan oli spx1, sebelumnya dapet gratis mpx1 dari dealer pas servis pertama, namun banyak yg bilang mpx1 ga bagus ya, akhirnya ganti deh ke spx1…

    tapi pake spx1 berasa panas mesinnya, dengan kondisi saya tinggal di jakarta yg macet, gas-rem gas-rem deh tuh, motor dipake tiap hari…

    nah dengan kondisi saya diatas, oli yg cocok n berkualitas buat si supri FI saya selain spx1 apa ya..??

    mohon bantuannya ya gan, makasih…

  3. Ane pemakai cbsf, baru nyoba SPX-1 .. Waduh kok cuma menang tarikan ya.. Ganti persneling 1 ke 2 keras banget suaranya.. Getaran mesin putaran atas lebih kerasa daripada MPX..
    Kerasa kopling selip juga (pake MPX gak kerasa sama sekali)
    Coba aja Honda gak ngejar keuntungan untuk mengharuskan pake oli AHM supaya garansi gak hangus, udah pindah ke merk lain dari awal motor keluar dealer

  4. Setahu saya SPX 1 itu dari dulu warna botol nya Orange. Kalau botol yang putih itu nama MPX 1. Kalau produksi dari PT. Nusaraya Putramandiri sampai sekarang masih tetap di bawah kontrol Repsol walaupun di label botol nya tidak ada tulisan repsol nya. Kalau dari PT. Federal Karyatama itu langsung dari kontrol langsung AHM nya.

    Dari PT. Nusaraya Putramandiri memang ada perubahan dari segi label di botol tapi secara kualitas sama saja dari dulu sampai sekarang.

    • pernah ada kok SPX1 putih di tahun 2012.. jadi bukan cuma MPX1 saja yang putih.. cuma memang sudah lama discontinue.. monggo googling.. 🙂
      apakah sekarang ada 2 vendor? wah padahal beda supplier tapi dikemas (hampir) sama persis, kalo tidak diteliti tidak terlihat.. apalagi image SPX1 masih Repsol.. soalnya kemarin dapat dari Federal itu..

  5. Tapi feel berkendaranya kok beda ya bro, motor saya juga walang kekek (CS1) jg. Dl waktu pake SPX1 repsol lebih enak main di putaran atas, kalo sekarang rasanya mirip pake MPX1 rada ada yg nahan.IMHO Sepertinya ada penurunan kualitas.

    • beda ya bro? malah aku belum nyoba geber si alien lagi, maklum bukan motor milik sendiri.. mungkin sih emang feel ada bedanya kalo sensitif.. yg pasti kalo repsol emang enak dibawa di rpm tinggi.. besok kalo ada kesempatan tak coba bawa di putaran atas, walau sebenernya sudah agak lupa impresinya.. tapi kalo terlalu beda mesti terasa..

    • wahahaha tapi aneh e mas.. soale dulunya oren putih pembeda repsol dan federal.. eh saiki oren ternyata federal.. 🙄
      standar ahass nek gak mpx1 yo federal (lali supreme atau ultratech), nek motor lawas nggo mpx rodo kasar.. :mrgreen:

monggo tanggapannya.....