sensasi jet darat bus PO Eka yogyakarta-surabaya

assalamu’alaikum wr. wb..

hari-hari yang penuh warna.. ya begitulah kalo pas ada 1 hal belum selesai sempurna dan 1 hal lain datang.. seperti beberapa waktu lalu, sedikit tanggungan harus diatur ulang waktunya karena ada hal penting di surabaya.. pilih-pilih moda transportasi, awalnya hampir saja booking tiket kereta karena bareng temen, ndilalah dia batal berangkat.. dia pun menyarankan kereta atau bus patas.. berhubung sendiri akhirnya sekalian kontak saudara di sidoarjo, enaknya naik apa kemana, saudara itu pun menyarankan PP naik PO Eka saja Giwangan-Purabaya.. ya sudahlah, perjalanan dimulai.. 😀

bus patas po eka yogya surabaya (7)

menuju terminal giwangan dan sampai disana sekitar jam 14.15.. masuk terminal bayar 500 rupiah dan langsung jalan ke ujung timur untuk bus patas arah surabaya.. eh sampai sana kebetulan ada bus yang mau berangkat.. hal yang sama terjadi saat dari surabaya, sampai terminal jam 21.30 dapat bus yang sudah nutup pintu depan dan akan berangkat.. mepet gan.. :mrgreen: langsung pilih tempat duduk deket kaca di bus yg konfigurasi seatnya 2-2 ini dan taruh barang-barang agar duduknya nyaman..

bus patas po eka yogya surabaya (4)

setelah barang tertata, ternyata kaki nbsusanto tidak mentok ke seat di depannya.. jok empuk.. reclining seat pula.. yes lega untuk beberapa jam lagi.. 😀

saat nbsusanto melihat ke sisi interior bus eka yang nbsusanto tumpangi saat berangkat, kesannya sudah cukup berumur dan agak kusam.. beda jauh dengan interior bus eka yang nbsusanto tumpangi saat pulang dari surabaya, interiornya masih uapik.. untung-untungan dapet unit busnya.. yang pasti basisnya dari Hino.. 🙄

bus patas po eka yogya surabaya (1)

ac bus Eka ini adem bener.. saat berangkat maupun pulang nbsusanto lebih banyak tutup lubang ac nya atau maksimal buka sedikit.. lumayan nggak bakal gerah sepanjang perjalanan.. :mrgreen: oiya, mengenai suspensi cukup mumpuni meredam jalan bergelombang walau suara suspensi agak berisik, hanya saja saat berangkat interior bus kemlothak, beda dengan bus saat pulang.. jadi jangan ekspektasi ketinggian saja kalo naik kelas patas dari grup ekamira ini.. 🙄

bus jawatimuran ini sesekali berhenti untuk menaikturunkan penumpang.. ternyata lebih bebas ya walau kelasnya patas.. beda dengan sumber alam yang nbsusanto tumpangi dulu.. 🙄

untuk perjalanan yogyakarta-surabaya dan sebaliknya, tarif normal sebesar 100 ribu rupiah yang akan ditarik oleh kondektur beberapa saat setelah bus mulai melaju.. dengan uang segitu fasilitas yang ditawarkan adalah dapat 1 air mineral kemasan gelas, voucher makan di RM Duta Ngawi, free wifi di bus kalo di busnya ada logo wifi, serta free wifi di RM Duta..

bus patas po eka yogya surabaya (6)

lumayan pesen nasi rawon di rm duta buat ganjel perut.. walau rasanya juga biasa saja.. :mrgreen:

saat pulang nbsusanto bilang ke kondektur kalo nggak makan, dikasih kembalian sepuluh ribu rupiah, lumayan lah buat beli bensin.. :mrgreen: tapi sialnya, di RM Duta yang timur maupun barat nbsusanto tidak bisa konek wifi padahal wifi tersedia, nbsusanto kira ada masalah di hp, tapi pas coba konek dengan mifi bisa.. saat pulang nbsusanto dapet bus dengan logo wifi, eh pas scan wifi nggak ada yang available.. wooooo wedhusssss! 😈

bus patas po eka yogya surabaya (10)

mengenai perjalanannya.. baiklah, saat dari giwangan, bus masuk terminal tirtonadi solo.. begitupun saat dari surabaya, di tirtonadi bus akan masuk terminal.. tercatat hanya disini saja, selain giwangan dan purabaya tentunya, bus masuk terminal.. kalo di jalanan jogja-jawa tengah, bus kecepatannya relatif masih belum terlalu ngebut.. manuver pun masih wajar.. tapi kalo di kawasan jawa timur, sebaiknya siapkan mental saja.. yang pasti mesin Hino yang digunakan di PO Eka seakan-akan tak pernah kehabisan tenaga..

bus yang nbsusanto tumpangi saat berangkat walau tersendat sebelum masuk jawa timur, begitu masuk jawa timur langsung memulai aksinya.. menyelip dengan manuver yang lumayan memicu adrenalin dengan jarak yang cukup mepet.. kalo jalanan macet di 1 jalur, pasti jalur lawan arah terpakai.. walau begitu, bus ini masih mengalah saat ada manuver dari sumber group.. 🙄 hingga di spbu krian bus mengisi solar sampai penuh.. setelah memasuki krian bus sudah tidak terlalu kencang.. hampir jam 12 bus masuk kawasan terminal purabaya bungurasih.. total berangkat 9 jam 30 menit.. tidak secepat ekspektasi awal di kisaran 8 jam.. 🙄

bus patas po eka yogya surabaya (8)bus Eka Cepat dengan bodi Royal Travego dari karoseri Morodadi Prima

sementara untuk kepulangan.. nah ini.. berangkat malem katanya sampe jogja sekitar subuh.. nbsusanto niatkan untuk tidur mengingat di surabaya lumayan capek.. manuver keluar dari terminal memang nempel kendaraan lain, tapi nbsusanto bilang masih wajar karena sudah merasakan saat berangkat.. bus pun melaju dan nbsusanto mulai terlelap.. hingga di kawasan nganjuk yang hanya ada 2 lajur jalan dan sudah tengah malam.. manuver bus mulai menggila.. bener-bener mepet sisi kanan jalan.. apalagi masuk kawasan hutan caruban.. jalanan sisi kiri padat merayap dan sisi kanan kosong, praktis bus ngebut di sisi kanan.. terlihat di depan ada seekor bus dari grup sumber.. tempel terus..

sesekali bus ngerem mendadak dan minta jalan di sisi kiri kalo ada kendaraan dari lawan arah, begitu kendaraan lawan arah sudah lewat, bus ambil jalur kanan lagi.. begitu seterusnya sering kali hampir adu banteng.. rasanya ngantuk, rada medeni, tapi penasaran juga segendheng apa bus ini.. di salah satu perlintasan kereta, bus malah ngebut di sisi kanan dan begitu pintu dibuka, bisa ditebak jalanan penuh, cuek saja langsung minta jalan ke kiri.. padahal di depan lawan arah bus eka juga.. 🙄 sampai rm duta berhubung nggak makan nbsusanto di luar saja.. lanjut perjalanan akhirnya bisa merem.. melek di kawasan palur dan tirtonadi.. merem lagi.. melek sedikit jam 4, samar-samar melihat ada plang kantor ada “DI Yogyakarta”, langsung buka gps dan ternyata sudah sampai kawasan deket adisucipto.. langsung mata terbuka lebar.. sekitar jam 4.40 akhirnya bus berhenti dan menurunkan penumpang di giwangan.. wedyan 7 jam 10 menit.. beda lumayan banyak dengan pas berangkat.. bener kata penumpang di sebelah yang bilang kalo dari surabaya ke yogya pasti lebih cepat dibanding dari yogya ke surabaya, walaupun nbsusanto membuktikan dengan jam keberangkatan yang nggak sama.. 🙄

bus patas po eka yogya surabaya (5)

oya, di RM Duta tersedia banyak sekali toilet.. lumayan kalo kebelet sejak di dalam bus, begitu sampai RM Duta nggak perlu antri berebut toilet.. 😆

overall, bagi yang mau ke antara surabaya ke semarang atau jogja, butuh berangkat mendadak, butuh cepat, pengen fasilitas lumayan dan punya nyali, bus eka bisa jadi pilihan.. kecepatan dan kenyamanannya cukup bisa diandalkan, walau kalo jalanan macet, bus tentu terhambat meski tak sampai 1,5x waktu tempuh normal.. kalo butuh kecepatan, akses mudah dan nyali tidaklah besar, nbsusanto lebih menyarankan naik kereta api saja.. toh harga juga menentukan.. yang pasti sensasi jet darat dari bus jawatimuran memang beneran bikin dagdigdugser tapi ngangeni.. 😆

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

18 Komentar

  1. Ya saya juga pernah naik bis eka memang bener kenyamanan yang ada di atas memang bener dan bis eka adalah bis yang saya naiki setiap berankat maupun pergi

  2. Hahaha keren nbsusanto ceritanya. Jadi ikut masuk ke dalam cerita nih. Ikut dagdigdug juga saat baca bis sedang mepet banget dengan sisi kanan jalan. Mantep mantep.

    • kreta jogja-surabaya berapa jam biasane mas? nek disuruh milih ke surabaya pilih naik bis cepat malem hari, meskipun penasaran pengen sesekali njajal kereta di siang hari..
      apalagi bis bisa langsung naik di terminal langsung berangkat tanpa kudu pesen tiket kecuali peak season.. udah gitu, berhubung tujuan saya dulu biasanya di sidoarjo ya deketan bungurasih dibanding gubeng.. :mrgreen:

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. The 14th Long Road To Java : Le Rhino’s Escape to Malang (5) | My BrownDesk
  2. akhirnya naik kereta prambanan ekspress | kankkunk - blognya nbsusanto
  3. alternatif jalur selatan banyumas-jogja via daendels yang eksotis | kankkunk - blognya nbsusanto
  4. service ac

monggo tanggapannya.....