lost in sumatra! ( part 4 : bengkulu – mukomuko)

assalamu’alaikum wr. wb..

memulai hari keempat perjalanan di sumatera.. setelah sarapan pagi di penginapan, seperti biasa dilanjutkan dengan briefing untuk rencana dan target hari itu.. selanjutnya, kami pun berkemas dan menaikkan barang bawaan ke kendaraan.. yap, ratusan kilometer jalan menanti untuk dilewati.. 😎

lost in sumatera part 4 bengkulu - mukomuko (5)

di kota bengkulu, akhirnya kami merasakan sesuatu yang sudah beberapa hari tak dijumpai.. yap, kemacetan.. jalanan yang tak lebar dan pagi itu terlihat banyak aktivitas warga.. memang tidak sampai stuck, tapi tetap saja merayap.. ya sudahlah dinikmati saja.. mau bagaimana lagi, kami harus melalui jalan ini.. untunglah kondisi tak berlangsung lama.. mulai jalanan luar kota dan gas bisa diinjak lebih dalam..

jalanan menuju mukomuko dari bengkulu lumayan menarik..memang tidak lebar, tapi namanya juga jalur luar kota, lumayan sepi.. ditambah cuaca pagi yang cukup cerah, maka nikmat apa yang kau dustakan? πŸ˜€

lost in sumatera part 4 bengkulu - mukomuko (3)

yap.. jalan lintas sumatera di antara bengkulu dan mukomuko ini beberapa kali bener-bener mepet pantai.. itu foto diambil dari tepi jalan raya tanpa zoom.. swasanasegerrrrr.. 😎 sayangnya berhubung kamera sedang bermasalah, ya sudah dengan kamera seadanya.. belum nemu feelnya alhasil hasilnya seadanya.. πŸ™„

tapi tidak selalu aspal mulus sepi.. masih seperti sebelumnya, bertemu kendaraan besar bukanlah hal yang jarang.. harus tetap hati-hati dalam bermanuver.. yang pasti, ada satu tempat yang lumayan menarik, kurang tau tepatnya dimana, yang pasti jalannya berkelok-kelok dan cukup bersih dari pasir.. lhah kok ndilalah ada yang bawa motor berfairing menari-nari di setiap tikungan dengan lampu rem yang hanya menyala sesekali.. asem marai pengen.. bisa manuver rapi tanpa melanggar marka dengan santainya.. boncengan pula.. 😐

ya memang bukan semua jalannya bisa untuk menari-nari, di beberapa titik jalanan berpasir dan ada tanahnya.. patut diwaspadai mengingat biasanya yang lewat akan tergoda.. di jalanan yang menikung itu letaknya menjauh dari laut.. tapi beberapa lama kemudian balik ke pinggir laut lagi.. tebing dan badan jalan kena abrasi air laut.. sayangnya kondisi tidak memungkinkan untuk mengabadikannya..  padahal spotnya apiiiiiik banget.. 😐

jalanan kembali menjauh dari laut.. sudah siang waktunya ishoma.. berhenti di sebuah warung makan padang.. niatnya ngirit, cuma ambil lauk ati ampela dan minumnya es jeruk.. giliran bayar kok habisnya 28 ribu.. woooo.. padahal sebelumnya paling habis 20 ribu saja.. gagal hemat deh.. apalagi keluar dari warung nampak awan mendung mulai bergelayut.. ngobrol dengan warga sekitar situ kalo kondisinya sudah mendung hampir pasti hujan.. kalo misalnya bermotor, lebih baik pake mantol sekalian.. ya berhubung di dalam kabin strada tenang saja.. :mrgreen:

lost in sumatera part 4 bengkulu - mukomuko (2)

kembali berjalan, kali ini melalui tengah hutan.. jalannya sih apik, lumayan mulus walau di beberapa titik berlubang, sayangnya kondisinya hujan.. sempat tertidur di dalam strada.. pas bangun masih di dalam hutan saja.. iki ra rampung-rampung to yo.. ditambah nggak ada penerangan.. kalo jalan malam hari mesti syahdu banget.. πŸ™„

bengkulu muko muko1

ya beginilah keadaannya.. jadi mikir mikir kalo mau nyelip.. selain jalan cenderung cilukba juga..Β oiya, di suatu titik saat jalanan mulai gelap, ada jalan yang sedang diperbaiki.. mending kalo jalan berbatu itu keras, lha jalannya penuh lumpur.. kalo nggak waspada, bisa-bisa ban slip.. memang paling enak pake kendaraan dengan penggerak semua roda, setidaknya rwd, walau fwd pun bisa saja asal drivernya benar-benar menguasai medan jalanan..

sekitar jam 8 atau jam 9, terasa jalan mulai lurus.. lurus saja berkilo-kilometer.. jadi keinget kata temen, ada satu daerah di provinsi bengkulu yang lurus panjang dan di tepi laut.. lhah ini malam hari.. coba nengok ke samping, bener saja terlihat air laut samar-samar.. yah, seandainya cerah dan lewat sini sekitar jam 17.30 mesti apik banget.. sayangnya lagi-lagi sudah malam dan cuaca tidak menentu.. πŸ™„

tak lama dari tempat itu akhirnya ada tanda-tanda menuju penginapan.. harus masuk jalan kecil berbatu remuk gitu.. tapi tak apalah, asal bisa istirahat dengan layak.. ealah, masih bengkulu saja.. pas diliat di peta memang bener ini provinsi panjang banget ya.. ya sudahlah hari keempat ditutup dengan nasi goreng telur di penginepan yang katanya kalo gubernur berada di muko-muko, nginepnya di penginepan itu.. perjalanan hari kelima menanti.. πŸ˜€

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

6 Komentar

monggo tanggapannya.....