lembah anai dan aia mancua, pesona tepi jalan padang-bukittinggi

assalamu’alaikum wr. wb..
cerita di sumatera rasanya tak habis habisnya ditulis.. setelah semua catatan dalam perjalanan serta tentang pantai tanjung setia, kali ini tentang obyek wisata di hari keenam.. seperti dalam artikel sebelumnya, nbsusanto dan kawan-kawan menuju kota bukittinggi.. nah, mampirlah kami di suatu tempat yang bernama lembah anai..

lost in sumatera part 6 padang - bukittinggi - padang (117)

eh dicari-cari skrinsut koordinatnya nggak ada.. emang dulu nggak buka gps atau kehapus ya.. duh 😐 yaudah berdasar plangnya saja..

obyek wisata lembah anai air mancur (1)

obyek wisata aia mancua terletak di pinggir jalan raya padang-padang panjang, atau tepatnya di desa Aia Mancua, kecamatan X Koto, kabupaten Tanah Datar.. seperti itu deskripsi singkatnya.. sayang papan keterangannya sudah kotor dan tampak tak terawat.. miris memang..

obyek wisata lembah anai air mancur (25)

katanya air terjun? kok malah lewat rel? eh ini bener di sumatera barat kan bukan ambarawa? relnya ada sisipan gerigi di tengah? ya memang begitulah adanya.. dengan mengunjungi suatu tempat baru, pasti akan ada hal baru yang bisa diketahui.. kalo nggak kesini, paling nbsusanto juga nggak tau ada rel model begini di sumatera barat..

obyek wisata lembah anai air mancur (24)

eh sik-sik.. itu di samping rel ada air terjun.. ya itulah obyek wisata aia mancua.. sengaja memang dilihat dari rel saja agar tak perlu bayar tiket masuk.. hehehehe.. :mrgreen: sayangnya jalur ini sudah tidak aktif.. jadi nggak tau gimana pas beroperasi.. padahal kalo pemandangannya begini jadiin jalur wisata saja.. orang orang aja banyak yang foto disitu.. 😐

obyek wisata lembah anai air mancur (20)

bagaimana dengan kawasan di dalam pagar sekitar air terjun? tentu saja ramai juga.. air terjunnya lumayan tinggi.. coba jalan mendekat..

obyek wisata lembah anai air mancur (5)

nampaknya kolam di bawahnya tidak dangkal.. atau memang ada larangan untuk nyemplung.. buktinya orang-orang bisa menjaga diri dan menikmati dari tepian saja.. eh trus airnya kemana?

obyek wisata lembah anai air mancur (9)

ternyata mengalir menjadi sungai.. kalo diliat sungainya memang cukup lumayan alirannya.. entahlah kalo di puncak musim kemarau bakalan seperti apa.. balik melihat ke depan lagi..

obyek wisata lembah anai air mancur (6)

foto ini salah satu yang nbsusanto suka.. mungkin jepretannya biasa saja, tapi obyek yang ada itu lho.. sungai.. di atasnya ada jalan raya.. di atasnya lagi ada rel kereta bergerigi.. melihat agak jauh jalan raya lumayan berliku.. melihat keadaan sekitarnya lembah anai yang menghijau..

obyek wisata lembah anai air mancur (4)

tak bisa berlama-lama disana.. masih ada tempat lain yang perlu dikunjungi.. mumpung sedang di sumatera barat.. mumpung dipinjemi kendaraan operasional.. yang pasti kawasan obyek wisata aia mancua kombinasinya pas.. perpaduan arsitektural ciptaan Allah yang indah serta rekayasa manusia sehingga memungkinkan banyak orang dapat menikmatinya.. ah, waktunya turun di jalan rel yang menikung.. oya, kalo mau melihat kondisi jalur kereta lembah anai di masa lalu dapat mengunjungi web ini.. subhanallah jaman segitu bisa membangun di medan yang susah.. sayangnya kondisi sekarang duh.. semoga tak lama lagi jalur ini bisa aktif kembali minimal sebagai jalur wisata.. 😀

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

9 Komentar

  1. berapa banyak kakek2 yg udah menghabiskan tenaga utk menbangun jalan kereta di sini ,,,,,,,,,,,,,, tapi sekarang di biarkan terbengkalai ,,,,,,,,,,,,,, dimakan hujan dn panas ……………..

  2. itu kali bisa nang nduwur dlan aspal piye critane? opo irigasi alias kali gawean bareng gawe rel?
    Nek rel mirip lintasan kereta luncur, tangga di tengah buat antisipasi rel menanjak, jadi kalo mesin mati, atau tidak kuat nanjak, ada pengunci kereta yang nyantol di tangga tengeh rel tersebut. imho

monggo tanggapannya.....