test ride honda new vario 125 esp, bukan sekadar tarik gas

assalamu’alaikum wr. wb..

setelah beberapa bulan muncul, akhirnya bisa juga nulis artikel tentang gimana rasanya naik new honda vario 125 esp dan bukan hanya sekadar melihat lebih dekat saja.. sebetulnya kalo mencoba di dalam kota sudah dari lama, tapi berhubung tanggung sekalian saja cari momen dolan ke daerah yang cocok untuk membuktikan seberapa tangguh motor ini.. dan berikut beberapa hal yang dapat nbsusanto rasakan..

melihat lebih dekat honda new vario 125 cbs iss (3)

dimulai dari menyalakan mesin.. khas ya ACG starter mampu menghilangkan suara blethak yang sempat menjadi ciri khas matic sayap.. 🙄 dan mesinpun rpmnya agak lebih tinggi dibanding standar, mungkin bisa dibilang ini sedang pemanasan dan pencampuran udara dan bensin.. toh beberapa detik kemudian rpm turun ke idle dan lumayan halus..

pengetesan jalan.. nah berhubung nbsusanto sudah nyoba di jalanan luar kota maupun dalam kota, rasanya lengkap.. yang terasa kalo vario 125 esp ini diajak tarik-tarikan dengan kondisi jalan santai sekitar 30-50 kpj dan digas tiba-tiba, naiknya cukup lama, atau bahasa gampangnya lemot.. maklum saja khas mesin cvt, mungkin karena nbsusanto terbiasa bawa motor yang perpindahan giginya manual ya.. walau begitu, jika dari berhenti atau sudah melewati 60 kilometer per jam, vario 125 esp bisa memberikan sensasi yang berbeda.. mbuh kok iso.. asal narik gasnya nggak keburu-buru, naik ke 80 cepet dalam kondisi sendirian maupun boncengan.. walau kalo dibawa sendiri 100 kpj sudah berat.. oya, kalo ISS diaktifkan saat ngegas ada lag sepersekian detik, memang kalo nggak dirasakan nggak terasa.. 🙄

melihat lebih dekat honda new vario 125 cbs iss (71)

walau begitu, diajak main-main sampe ke bukit gantole wonogiri, mesin dengan tenaga maksimum 8,3kW di 8500 rpm dan torsi puncak 10,8 Nm di 5000 rpm ini cukup mumpuni lho.. memang saat di jalan besar tarik-tarikan sama sport yang sama-sama boncengan, silawe kalah.. tapi saat diajak menanjak, silawe bisa nempel terus.. padahal tanjakan ke bukit gantole lumayan lho.. boncengan pula.. cuma di satu bagian aja terasa tenaga ngedrop, tapi di tanjakan yang lebih ekstrim malah lebih enak.. 🙄

ngomongin kenyamanan.. cuma joknya memang kurang nyaman untuk perjalanan jauh.. 200 km saja rasanya masih enak duduk di jok tricolore.. kalo shockbreakernya tidak keras-keras banget.. apalagi kalo untuk berboncengan.. peredaman cukup baik di jalan berlubang, namun perlu diingat matic 14″ kalo di peredaman jalan berlubang maupun bergelombang masih kalah dari bebek dan sport 17″.. tentu lubangnya juga yang masih motorsiawi, kemaren begitu masuk jalan berbatu serta aspal hancur, sikat saja.. :mrgreen: tapi entah kenapa kemaren sempet di kecepatan 80an kok rada kurang stabil, entah faktor jalan bergelombang atau ada yang nggak beres.. 😐

kelegaan kaki memang untuk riding sendiri dalam posisi normal tidak bisa meluruskan kaki, tapi kalo mau mengakali ya agak mundur, atau pakai footstep boncenger saja.. kalo boncengan dan gendong tas, dengkul hampir kepentok dek, sampe di satu momen kaki sampe nyenggol kunci kontak dan mesin mati.. geblek tenan! 😆

melihat lebih dekat honda new vario 125 cbs iss (67)

membicarakan rem, tidak ada yang spesial.. oiya, vario 125 sudah mengadopsi rem cbs, jadi kalo ngerem belakang pada kedalaman rem tertentu rem depan akan ikut tertarik, ya semacam bentuk rekayasa dunia pengereman agar bisa imbang, maklum banyak yang lebih sering pake rem belakang dan melupakan rem depan.. padahal kalo nbsusanto biasanya suka proporsi dominan rem depan, kalo bawa matic, apapun maticnya, rem belakang itu perlu, apalagi saat turunan, lha matic sangat minim engine brake nya.. oiya, kalo rem depan ditekan keras, maksudnya proporsi rem mendadak dominan depan, rasanya motor condong ke satu sisi, kemaren sempet ke kiri, akhir akhir ini condong ke kanan.. apanya ya? 😐

apakah kagok dengan saklar sein dan klakson yang berbeda dengan motor non honda ataupun honda lawas? kalo nbsusanto merasa posisi saklar sein masih sangat enak dijangkau, untuk nyala-matikan sein saat manuver tidak ada masalah, mungkin karena desain klakson tidak terlalu njendul, hanya saja memang kalo mau nglakson rasanya beda, tapi memang pada dasarnya jarang pake klakson, enak ngedim.. 🙄

satu hal yang menarik di vario generasi baru adalah headlamp LED nya yang diklaim tetap terang walau hemat daya..

begitulah nyala lampunya.. tidak bisa dibilang terang banget.. cukup saja.. mungkin tinggi rendah pancaran perlu diutak-atik.. tapi susah.. kalo ketinggian kasian dari lawan arah, pasti silau.. ngomongin silau, lampu jauh silawe lumayan kalo buat adu lampu dengan orang selalu panteng lampu jauh ataupun mengganti lampu standar dengan yang silau di jalanan.. cukup mainkan saklar jauh-dekat berkali-kali.. harusnya dari lawan arah sudah tau diri.. makanya jangan manteng lampu jauh saat berpapasan, kalo sendirian di kegelapan ya silakan! 😈

konsumsi bbm sudah nbsusanto ulas di artikel ini.. lumayan untuk ukuran matic dan cara bawanya cenderung agresif.. 🙄

melihat lebih dekat honda new vario 125 cbs iss (80)

overall, kalo mencari motor yang cukup nyaman dan cukup bertenaga untuk harian, vario 125 bisa dijadikan salah satu pilihan.. memang harganya sekarang mahal, sudah menyentuh angka 17 juta, angka yang sudah dapat motor sport beberapa tahun lalu! 😈 tapi gimana lagi, memang harga motor semua merk cenderung naik.. 🙄 cuma yaitu, kalo mau motor matic buat ngalay tarik-tarikan di jalanan, mending pilih yang lain, walau saat kencang bisa dijejeri atau dilibas vario 125 ini.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....

  1. Ulasanya seperti mengendarai vario 125 saya tahun 2013 g banyak perubahan yha tentang masalahnya … trus buat handling kayak ada beban sebelah … blok cvt … kmungkinan yg mnjadi tambah beban …

    • kalo memang poldur lebih tinggi dibanding jarak bebas ya memang mau tak mau pasti kena.. tapi kalo masih ada jarak bebas, tiap mau poldur lebih baik pelan-pelan saja..

  2. Ping-balik: satmori balalan chapter (anti) wacana | kankkunk - blognya nbsusanto

  3. Tenaganya mah enak..cuma joknya keras minta ampun alias butt smasher.. Dek kaki jg sempit..sering kejedot laci dek depan. Overall desain memang menarik cm klo buat riding lama mending diakalin joknya biar empuk.. Not recommended buat dpke 2 jam nonstop kecuali bokongnya tebel..kasian pinggang.

  4. Yg dkatakan penulis bner.stlah mtor mlewati lubang2 d jalanan,mtor jdi ga stabil.hal ini prnah sya alami.prjalann dri rmah ke kntor sya,bnyak skali lubang yg sya trabas (itung2 ngetes kekuatan mtor,hehe). Trus sya srvis ke montir honda resmi/ahass,lalu sya critain smuanya. Dia bilang bgini “ooh pntes jdi ga stabil,soalnya klo sring trabas lubang2 d jalanan,dua buah kunci yg ada d leher rangka jdi brgeser,pa”. Sya blang ” wah gmana sih ini,masa cuma trabas lobang aja jdi parah?”. Sya ktakan parah karna ini msalah safety,juga nyawa brow.lalu dia bnerin mtor sya dngan membuka cover dpan dan mulai gedor2 kunci yg bntuknya ring yg ada d leher rangka pake palu sma obeng,hasilnya mtor jdi stabil kmbali.tpi sminggu abis itu,motor sya oleng lgi gara2 trabas lubang lgi (lubang2 d jlanan tak munkin sya hindari).sya jdi agak nyesel bli vario.mhon brow dan sis untuk ksih solusi,gmana caranya agar kunci2 yg ada d leher rangka s brubah ktika kita mlibas lubang2 d jalanan.tnx.

    • loh ada yg bermasalah? laher kah? saran saya coba bawa ke bengkel lain karena terkadang ada oknum mekanik yang kurang solutif.. soalnya di vario yang saya gunakan melibas jalan rusak tidak sampai merusak begitu..

    • Honda beat esp saya jg gitu om. Jd biasanya kalo abis kena lubang terus ban belakang berasa oleng, kudu berhenti dulu sebentar. Abis itu jalan lagi. Dari thread khusus Beat di kaskus saya baca problem solved dengan mengganti seal/karet engine mounting (bagian mesin yang menempel ke rangka) seperti td yang om sebut yang mekanik bilang itu om. Tapi kalo di saya begitu berhenti terus jalan lagi pun problem hilang tapi berulang lg begitu kena lubang2 agak keras.

  5. Tenaganya si enak buat nanjak, lewat dlingo boncengan gak kedodoran. Lampunya lumayan terang walau warnanya terlalu putih, pucet gak enak di mata. Deknya, jan sempit awal2 make kejedug terus dengkul, wkwkwk. . .

    • tenaga lumayan ngisi terus.. asal nggak kehilangan momentum.. :mrgreen:

      iyo mas sebenere lampunya terang, cuma sayangnya fokus nyebar.. sampe sekarang masih bingung nyetel arah lampunya gimana.. 😐

      nah to.. nek ngakali dek depan gimana ya.. 🙄

  6. Vario 125 tarikane mantep, cuma beratnya udah seperti motor sport, tapi positifnya kalau agak ngebut lumayan stabil, shocknya atos(keras) kalau jalan keriting motornya goyang inul, tapi positifnya kalau diajak nikung ala rossi stabil pol.. untuk konsumsi bbm belum tak coba, soale nopol sama stnk belum keluar..

  7. Klo menurut saya matic dibawah 125cc paling mantap ya Vario 125. Tenaga bawah sampe menengah mantap bgt. Kadang klo pake Supra trus ketemu Vario 125 suka minder,kalah mulu tiap adu kebut. Cman sayang ISS belum jadi fitur standarnya