berkenalan dengan honda new sonic 150r

assalamu’alaikum wr. wb..

dulu di awal tahun 2000an honda indonesia mendatangkan motor berspesies ayam jago dari thailand ke indonesia.. ya itulah honda nova sonic 125.. bentuknya yang cukup sporty kala itu tentu memikat banyak orang.. namun karena statusnya CBU harga jualnya pun lumayan mahal dan akhirnya tak lama kemudian impor oleh atpm dihentikan.. sempat muncul cs1 sebagai penerus mesin sonic dengan bentuk nyleneh ternyata tak diterima dengan baik oleh pasar.. kini di tahun 2015 akhirnya ahm merilis ayago lagi dengan nama sonic namun kapasitas mesinnya 150 cc..

honda new sonic 150r (19)

sebagai penyandang nama besar sonic, tentu new sonic ini haruslah tampil minimal seperti pendahulunya.. nah, berikut beberapa foto yang nbsusanto dapatkan saat ada event bersama new sonic 150R..

honda new sonic 150r (33)

mengadopsi ban depan standar bebek yaitu 70/90-17 dan sudah tubeless.. ayago ini sudah mengaplikasikan LED sebagai headlampnya, yap headlamp saja, lampu lain standar, seperti vario series.. dari depan nampak ramping kecuali bagian kepala yang terkesan besar.. nampak juga radiator sebagai pendingin mesin dohc 150 cc nya..

honda new sonic 150r (2)

tampak samping ayago ini terkesan nungging.. hmm, mesti bakalan banyak abg yang pakai ini.. ๐Ÿ™„ sasis twin tube still frame.. desain knalpot sepintas seperti cs1.. velgnya pun palang 10, namun modelnya ala vario 125ย –ย 150.. ukuran lebar velg juga seperti vario, 1,85 untuk depan dan 2,15 untuk belakang.. lebih besar dari cs1 yang ukuran 1,4 depan dan 1,85 belakang.. ๐Ÿ™„

honda new sonic 150r

tampilan honda new sonic 150 dari belakang.. dilengkapi cakram dan ban belakang berukuran 80/90-17 ala bebek.. mungkin bakalan lebih apik kalo ban standar depan 80/80 dan belakang 90/80 ya.. ๐Ÿ™„ sayangnya desain lampu belakang wagu! banget malah! ini desainnya kepikiran dari apa ya?ย entah kenapa tidak mengadopsi buritan cs1 yang lebih cakep.. o ya, gear belakang juga berukuran 42, seperti cs1..

honda new sonic 150r (17)

beralih ke sisi atas.. stang jepit dengan tangkai lumayan tinggi menjadi bawaan dari sonic ini.. dengan lampu yang sudah menganut AHO, tombol yang tersedia standar saja, hanya electric starter, klakson, saklar sein, saklar lampu dekat-jauh.. spion pun sealiran dengan spion cs1.. terdapat fitur secure key shutter seperti motor ahm yang lain..

honda new sonic 150r (37)

bagian clustermeter honda new sonic 150r ini sudah full digital.. terdapat speedometer, odometer, indikator gear position, odometer, fuelmeter, indikator sein terpisah, indikator netral, indikator lampu jauh, indikator cek sistem injeksi serta indikator overheat.. secara umum indikator sama dengan yang ada di cs1, bedanya di indikator sistem injeksi tentunya, serta indikator panas mesin yang lagi-lagi diubah, hanya menandakan saat menjelang overheat, berbeda dengan cs1 yang menunjukkan berapa bar dari maksimum 6 bar.. ๐Ÿ™„

honda new sonic 150r (46)

membuka jok sonic.. kapasitas tangki bensin 4 liter saja.. kemudian sama sekali tak ada tempat menaruh mantol, sama dengan satria FU yang merupakan pemain lama.. kalo bagian atas dari filter udara yang menyembul juga ada di mx king.. mungkin memang janjian begitu ya di kelas 150 cc bebek super.. ๐Ÿ™„

berikut spesifikasi honda new sonic 150r yang ada pada brosur di event tersebut..

spesifikasi honda new sonic 150r

karena mesin sama dengan cb150r dengan beberapa penyesuaian, sonic juga butuh oli 1,1 liter untuk penggantian berkala.. masih terasa ngganjel ya.. ๐Ÿ™„

nah, walau terlambat bertahun-tahun, ini yang bisa dibuat honda untuk kelas ayago.. sampai saat ini dengan spek yang hampir sama dengan satria FU, pembedanya di sistem injeksinya.. memang kalo boleh jujur, new sonic 150r ini secara bentuk tidak setinggi ekspektasi nbsusanto yang membayangkan bentuk seperti nova sonic 125 rs super yang sangat proporsional..ย nah monggo saja tergantung selera.. denger-denger suzuki akan meluncurkan satria FU injeksi, tapi mbuh pastinya gimana, daripada cuma menebar isu kita tunggu saja.. kalo mau beli ya beli, kalo mau nunggu ya nunggu.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. ๐Ÿ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....