bendung colo sukoharjo, seperti di benteng takeshi

assalamu’alaikum wr. wb..

pas lagi nyante di rumah di hari sabtu, tetiba ada wasap masuk, “ayo ning wonogiri jam 2”.. badalah siang banget.. walhasil nego biar pulang nggak kemalaman.. akhirnya berangkat ahad pagi.. tujuan salah satunya adalah ke bendung colo yang saat ini lumayan ngehits dan terletak di perbatasan sukoharjo-wonogiri..

bendung colo sukoharjo (27)

berhubung awalnya nggak tau lokasinya dimana, alhasil buka gps dan mengikuti arahan jalan terpendek.. berangkat jam 10 dari jogja.. lah malah lewat jalan pinggir kali.. ya sudah lah..Β baru jam 1 foto-foto.. maklum di jalan mampir makan dan lain-lain.. bener-bener santai seperti biasanya.. :mrgreen:

bendung colo sukoharjo (2)

oya ini bendung colo dilihat dari sisi hilir.. nampak banyak bangunan kecil untuk mengatur aliran sungai bengawan solo ini..

bendung colo sukoharjo (1)

melihat ke arah hilir sungai bengawan solo.. ternyata bangunan air masih cukup banyak bertebaran disana..

bendung colo sukoharjo (7)

mungkin banyak yang langsung ingat salah satu game di tayangan benteng takeshi beberapa tahun lalu? yap, bangunan air di bendung colo ini mengingatkan pada acara tersebut.. :mrgreen:

bendung colo sukoharjo (6)

bagian pintu air bendung colo.. ya kalo elevasi muka air tidak terlalu tinggi dan pintu sedikit dibuka beginilah alirannya.. mungkin kalo pas musim hujan bakalan lebih deras..

bendung colo sukoharjo (12)

memang benar saat itu elevasi air berkisar pada angka sekitar 107,6 an.. kalo dilihat dari sekeliling keadaan saat banjir lumayan tinggi..

bendung colo sukoharjo (22)

pantas saja dipasang rambu bahaya di kawasan ini..

bendung colo sukoharjo (18)

err.. susah juga mengambil keseluruhan bendung dari bawah agar terlihat semuanya, termasuk bangunan pengatur dan bangunan pembagi..

bendung colo sukoharjo (15)

sisi hulu sungai bengawan solo.. nampak dataran tinggi di kawasan wonogiri.. kayaknya apik kalo sekalian kesana.. πŸ™„

bendung colo sukoharjo (31)

naik lagi yok.. ini lengkapnya bangunan di bendung colo ini.. rumit ya?

bendung colo sukoharjo (33)

maklum saja bendung colo memenuhi kebutuhan 2 buah saluran, yaitu saluran induk colo timur dan saluran induk colo barat.. oya, di bagian sisi barat sedang ada pekerjaan konstruksi..

bendung colo sukoharjo (35)

selain fungsi bendung, juga dapat digunakan sebagai jembatan.. jadi keinget dengan bendung sapon di kali progo.. bedanya, yang ini lebih lebar sehingga mobil pun dapat melaluinya..

koordinat lokasi bendung colo sukoharjo

kalo menurut GPS, bendung colo terletak di koordinat S 7.75132 dan E 110.90146..

yap, bendung colo merupakan salah satu lokasi alternatif untuk menikmati pemandangan alam di kawasan sukoharjo maupun wonogiri, terdapat masjid dan banyak warung di sekitarnya serta wahana permainan seperti kereta mini.. hanya saja patuhi rambu-rambu dan tanda yang ada.. oiya, di sisi wonogiri banyak banget digunakan untuk pacaran anak usia sekolah, setiap satu pohon peneduh ada satu pasangan.. ealah.. 😐

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

7 Komentar

monggo tanggapannya.....