mengatasi bootloop samsung galaxy ace plus GT-S7500

assalamu’alaikum wr. wb..

setelah sekian lama akhirnya ngubek-ubek android lagi.. maksudnya nggak sekadar menggunakan saja.. kali ini pasien yang minta diutak-atik adalah samsung galaxy ace plus dengan seri GT-S7500.. datang dalam kondisi mentok di logo samsung.. yep gagal booting.. sebut saja bootloop.. yang bawa bilang kalo mau masuk recovery gagal terus.. oke coba nbsusanto pegang dulu..

mengatasi bootloop samsung galaxy ace plus gt-s7500 (1)

nbsusanto coba kombinasi tekan dan tahan tombol power + home + volume down.. kemudian setelah ada pilihan tekan volume up.. bisa masuk download mode.. oke aman.. :mrgreen:

pagi harinya nbsusanto cari referensi menangani hp bootloop, seperti biasa main ke official lounge nya di kaskus.. yang nbsusanto cari pertama kali adalah cara masuk recovery mode, karena pengalaman menangani galaxy young dan galaxy ace gt-s5830 caranya berbeda.. jangan-jangan si temen salah kombinasi tombol saja.. dan bener saja ternyata untuk masuk recovery samsung galaxy ace plus gt-s7500 kombinasi tombolnya berbeda.. 🙄

yuk mari dipersiapkan yang dibutuhkan.. tentu saja seperti biasa, DWYOR! do with your own risk! 😀

sediakan laptop atau PC, tentu saja yang sehat.. siapkan pula kabel data berkualitas baik, misalnya kabel data bawaan yang belum rusak.. ini penting banget mengingat banyak kasus hp tidak terdeteksi hanya karena kabel data yang digunakan kurang bagus..

hal yang tak boleh terlewatkan adalah instal dulu Samsung Kies sebagai driver! ada beberapa kasus tidak terdeteksi di ODIN karena belum instal driver hp nya.. Samsung Kies bisa didownload disini..

kemudian mulai download ODIN 3 v1.85, CWM dan ROM nya.. biasanya biar gampang gonta ganti ROM ya pake CWM.. (thx to agan “ace.plus” dari kaskus).. ODIN nbsusanto gunakan untuk menginstal CWM saja.. selebihnya instal cusROM via CWM itu..

untuk ROM, nbsusanto menggunakan custom ROM G.A.P.L.E (Galaxy Ace Plus Elegant) v1.0 (thx to agan “pernahgalaus” dari kaskus).. kalo ditanya kenapa pake cusROM dan bukan standar alasannya simpel, karena hp keluaran lawas, link di kaskus untuk stock ROM maupun cusROM lain sudah mati link nya.. :mrgreen: pastikan kuota mencukupi untuk download cusROM sebesar 188MB.. 🙄

monggo dimulai dengan doa biar lebih afdol.. 🙂

– pada samsung galaxy ace plus, masuk ke download mode dengan cara tekan dan tahan power + volume down + home kemudian lepaskan saat ada pilihan, tekan volume up.. colokkan kabel data ke handphone dan ke PC/laptop.. tampilannya kurang lebih mirip seperti ini, ilustrasi dengan galyoung karena sama saja:

mengatasi gagal booting samsung galaxy young (1)

– ekstrak odin yang sudah didownload dan buka file Odin3 v1.85.exe..

– tampilan saat gal ace plus terdeteksi oleh ODIN akan seperti ini.. ijo ijo ID:COM yang dikotaki..

odin 2

– pada PDA masukkan file cwm-trebon.tar.md5 seperti bagian yang dikotaki di gambar di atas..

– klik Start dan tunggu prosesnya..

odin 3

– tunggu saja tulisan RECOVERY di atas berganti dengan PASS! serta tombol-tombol di ODIN bisa di klik kembali..

odin cwm ok

– setelah muncul tampilan di atas, CWM sudah terinstal.. tapi smartphone tersebut belum dapat digunakan sebagaimana mestinya.. matikan handphone nya, masukkan file Gaple_Rom_1.0.signed.zip ke dalam microSD via card reader atau hp lain..

– masuk ke recovery CWM dengan cara tekan dan tahan volume up + volume down + home bersamaan, sambil dipencet power sekali saja setelah nyala lepaskan tombol power, yang lain tahan sampe masuk recovery.. pada CWM, navigasi menggunakan tombol volume up down untuk skrol atas bawah, tombol home untuk memilih dan tombol power untuk kembali..

mengatasi bootloop samsung galaxy ace plus gt-s7500 (2)

– agar optimal nbsusanto lakukan dulu wipe data/factory reset dan wipe cache partition..

– selanjutnya pilih instal zip from sdcard dan pilih file Gaple_Rom_1.0.signed.zip kemudian instal..

mengatasi bootloop samsung galaxy ace plus gt-s7500 (3)

– tunggu saja prosesnya memang butuh waktu.. saat proses ini pun ditegaskan bahwa pembuat cusROM tidak bertanggung jawab jika ada masalah yang diakibatkan oleh ROM ini.. setelah proses selesai akan muncul tanda completed dan pilih reboot system now..

– pada tahap ini proses menyalanya handphone tak sekejap, mungkin jika tak sabar akan mengira proses gagal karena sempat tampilan putih semua.. kalo nbsusanto mending disambi nggarap liyane.. :mrgreen:

mengatasi bootloop samsung galaxy ace plus gt-s7500 (4)

– nah nanti juga muncul tampilan seperti di atas.. pencet saja logo androidnya.. beres.. Samsung Galaxy Ace Plus GT-S7500 sudah dapat dioperasikan secara normal.. 😀

sekian dan terima kasih.. semoga bermanfaat.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

22 Komentar

  1. Gan Galaxy ace plus saya dia cuma sampai logo samsung, namun setelah di Tekan Tombol power + Tombol Volume down + Home yang muncul hanya garis2 titik2 gtu. Dia kenapa itu gan? ada tulisan armv7

  2. Mau tanya mas odin 3 nya harus pake odin v1.85 bukan ? Kalo pake odin versi terbaru gimana ? Ace plus ane bootloop udh setahun mau nyoba cara pake odin

  3. aku nduwe maslaha karo galaxy tab 7plus, bar direset pabrik, ra bisa download aplikasi.. selalu muncul

    “Kesalahan Saat Mengambil Informasi Dari Server [RPC:S-7:AEC-0]”

    Kurang lebih tulisannya begitu. Berbagai cara dari mbah google dicoba, tetep ra iso lan nongol tulisan ngono kuwi, update app bawaan pabrik koyo yutup yo ra iso. Tau ngadepi ora.

    cara-cara sing wis tek jajal lan gagal, contone koyo ngene
    http://areagadgetandroid.blogspot.co.id/2014/12/cara-mengatasi-kesalahan-saat-mengambil.html

monggo tanggapannya.....