tebing breksi sleman, tempat wisata yang jadi satu dengan area pertambangan

assalamu’alaikum wr. wb..

setelah postingan tentang lokasi wisata di luar provinsi, saatnya kembali dolan ke sekitar DIY saja.. tujuannya kali ini adalah salah satu lokasi wisata yang di awal tahun kemarin gagal mampir karena sedang ada event disana, hingga tertunda lebih dari 6 bulan baru kesampaian.. yap, ke tebing breksi di berbah, sleman..

DSC07209

kalo di tulisannya, lokasi ini terbentuk karena endapan vulkanik purba.. oiya, lokasinya searah dengan candi ijo, tepatnya di jalan menuju candi ijo itu tebing breksi berada di kiri jalan.. nggak ada koordinat gps, maklum kesana kemaren malah nggak megang smartphone.. foto-foto juga pake kamera saku saja.. :mrgreen:

tebing bukit pertambangan batu breksi berbah sleman (2)

parkir 2 ribu per motor dan htm per orang seikhlasnya.. begitu katanya.. baiklah.. kemudian motor pun ditaruh di parkiran.. nampak mentari sore telah menyambut.. 😀

tebing bukit pertambangan batu breksi berbah sleman (6)

oya, kawasan parkir ini membelah 2 tebing.. sisi timur dan barat.. yang sering dinaiki adalah tebing sisi barat..

tebing bukit pertambangan batu breksi berbah sleman (7)

bentuknya bisa lurus lurus begitu ya bisa dimaklumi.. batuan itu ditambang.. yap, kawasan breksi memang pertambangan rakyat..

tebing bukit pertambangan batu breksi berbah sleman (8)

ya wajar saja kalo banyak aktivitas penambang disini.. dengan berbagai macam alat tradisional..

tebing bukit pertambangan batu breksi berbah sleman (11)

ayo naik! memang sengaja dipahatkan seperti tangga agar pengunjung bisa naik.. ya memang seadanya..

tebing bukit pertambangan batu breksi berbah sleman (20)

memang ada beberapa yang terlihat retak tapi masih kuat jika dilewati.. ya hati-hati saja karena butiran pecahan batu bisa membuat kepleset..

tebing bukit pertambangan batu breksi berbah sleman (33)

di atas sudah ada beberapa orang.. ya bisa dimaklumi tempat wisata yang sedang ngehits.. kalo di atas tebing sih memang pas banget buat duduk santai ngobrol bersama teman-teman sambil menikmati bekal serta merasakan semilir angin dan cahaya menjelang senja.. B|

tebing bukit pertambangan batu breksi berbah sleman (24)

nah terlihat ada bapak-bapak sedang menambang batu dan di bawah sudah dibentuk kotak-kotak..

tebing bukit pertambangan batu breksi berbah sleman (27)

nampak di bawah itu seperti lingkaran dikelilingi pasangan batu sebagai tempat duduk.. tanya sama temen dan benar saja kawasan tebing breksi ini akan dikembangkan untuk amphitheatre.. memang teater alam terbuka sedang digodok di berbagai tempat..

tebing bukit pertambangan batu breksi berbah sleman (37)

titik penambangan dan njalur pengangkutan sudah nampak seperti di tambang besar di luar jawa sana.. *padahal belum pernah* :mrgreen:

tebing bukit pertambangan batu breksi berbah sleman (42)

nah kalo matahari sudah begini pasti susah beranjak.. apalagi di sisi barat itu bandara.. sayangnya sih sore itu minim lalu lalang pesawat.. kalo pas ada yang naik ke arah timur mesti keren banget.. 😎

tebing bukit pertambangan batu breksi berbah sleman (66)

sudah sore.. mari turun.. putar putar sebentar.. melihat berbagai sisi yang sudah ditambang maupun belum sebelum pulang..

berikut galeri foto kawasan tebing breksi dari beberapa sisi:

tebing breksi memang menawarkan spot foto yang tidak mudah ditemukan di tempat lain pada jarak dekat dari yogyakarta.. pun saat sore maupun pagi hari pasti cahayanya sangat mendukung untuk kegiatan foto-foto..

tebing bukit pertambangan batu breksi berbah sleman (57)

hanya saja entah sampai kapan kawasan breksi masih seperti ini.. seiring aktivitas penambangan tentu bentuk akan berubah serta volumenya akan terus menyusut.. berdasarkan info teman yang sebelumnya kesana dalam jangka waktu yang belum lama, beberapa bagian yang tadinya masih belum tertambang sudah berubah bentuk.. mungkin saat pembaca ke breksi, bentuknya sudah berubah dari foto di blog ini.. bahkan mungkin saat membaca blog ini, keadaan disana sudah tidak sama.. 🙄

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

5 Komentar

    • nah kui.. wingi bar ndene yo sempet dadi bahan obrolan.. nek wis entek yo wis ra dadi wisata tebing meneh.. tur jarene wis diberlakukan berbagai aturan nggo mengantisipasi sih mas..

monggo tanggapannya.....