melihat lebih dekat yamaha jupiter mx king, bebek super baru andalan garpu tala

assalamu’alaikum wr. wb..

yamaha jupiter mx.. siapa penggemar otomotif yang tak mengenal motor ini.. yap, sudah 10 tahun mengaspal di indonesia dan sudah pernah mengalami major change walau saat itu kapasitas mesin masih 135 cc.. kini di tahun 2015 yamaha melakukan perubahan besar dengan menyematkan mesin 150 cc pada jupiter mx dan memberi nama baru yamaha jupiter mx king di salah satu variannya..

berkenalan dan test ride Yamaha MX King 150 (11)

menyandang tagline “the king of street” dan mengingatkan pada sang legenda yamaha rx-king, tentunya beban yang diusung jupiter mx king ini lumayan berat.. apalagi duo jepang juga punya jagoan di kelas bebek super 150 cc walau bentuknya berbeda.. nah, kebetulan beberapa waktu lalu saat syuting untuk KARs TV ada yang bawa Jupiter MX King 150.. lumayan bisa foto-foto dan test ride.. :mrgreen:

berkenalan dan test ride Yamaha MX King 150 (13)

sayangnya pas ngfoto lupa stang nggak dilurusin.. 😐 dilihat dari depan, yamaha jupiter mx king masih mempertahankan garis desain yamaha new jupiter mx dengan ubahan di lampu senja lebih sipit dan peletakan sein terpisah di bagian sayap.. oiya, untuk mx king sudah menggunakan bohlam tipe HS-1 seperti pada NVL.. sein pun sudah mengadopsi LED.. mantep ki..

untuk bagian kaki-kaki, jupiter mx king mempertahankan ciri khas velg palang 10 dengan cakram depan single piston dan ban depan berukuran 70/90-17 tubeless.. motor jaman sekarang memang sudah pada begitu ya.. 🙄

berkenalan dan test ride Yamaha MX King 150 (8)

dilihat dari samping.. itu bagian tebeng depan mancung ke depan.. padahal di dalamnya kosong.. mungkin mengejar desain tetap meruncing ya.. laburan warna hitam di jupiter mx king menambah karakter garangnya..

berkenalan dan test ride Yamaha MX King 150 (10)

dari sisi belakang.. desain buritan meruncing dengan spakbor belakang cukup lebar ala yamaha r25.. oiya, lampu sein terletak terletak terpisah dari rear lamp dan stop lamp.. seperti pada motor sport jaman sekarang.. pada saat mesin nyala, dua buah rear lamp menyala di sisi kanan kiri dipisahkan oleh stoplamp..

pengaplikasian ban belakang berukuran 120/70-17 membuat bagian belakang terkesan mantep dan berisi.. tampilan gambot di belakang walau timpang kalo dibandingkan dengan yang depan.. kemudian cakram belakang dengan piston bertuliskan nissin menjadi penghenti lajunya.. gear belakang berukuran 42, seperti ayago pabrikan sebelah..

berkenalan dan test ride Yamaha MX King 150 (12)

kalo dilihat dari sisi atas beginilah yamaha jupiter mx king.. joknya itu awalnya nbsusanto mengira sudah custom, ternyata sudah asli dari pabrikan lho.. maklum akhir-akhir ini jarang mengamati detail motor baru kalo bukan memang saat ada unit yang siap untuk diapa-apakan.. 🙄 sayangnya lupa foto pas jok dibuka.. yang pasti tak berbeda jauh dengan bebek sport lain, sudah terpakai untuk tangki dan filter udara sehingga jangan harap ada tempat penyimpanan.. 🙄

berkenalan dan test ride Yamaha MX King 150 (18)

beralih ke sisi stang.. tentu seperti bebek kebanyakan desain stang standar saja yang penting nyaman.. dengan lampu yang sudah menganut AHO, tombol yang tersedia standar saja, hanya electric starter, klakson, saklar sein, saklar lampu dekat-jauh ditambah tombol pengatur tampilan MID.. spion pun sealiran dengan spion NVL.. terdapat fitur secure key shutter seperti motor lain di jaman sekarang..

berkenalan dan test ride Yamaha MX King 150 (2)

beralih ke bagian clustermeter.. mengadopsi gabungan analog dan digital.. bagian tachometer analog dengan redline pada 10 ribu rpm.. sementara itu di kanannya yang digital cukup lengkap, ada speedometer, fuel meter, gear indikator, odometer, tripmeter 1-2, serta average bbm.. sementara itu lampu indikator untuk menunjukkan sein, netral, lampu jauh, pengecekan injeksi serta indikator jika mendekati overheat..

berkenalan dan test ride Yamaha MX King 150 (9)

footstep yamaha jupiter mx king dapat terlipat seperti kebanyakan motor sport.. pun mengadopsi pemindah gear hanya model pengungkit saja.. kalo pake sepatu kantoran formal eman-eman, nanti cepet rusak.. cukup disayangkan sih tidak ada model injakan ke belakang.. padahal NVL saja ada lho.. ayago jepang pun ada injekan belakang.. padahal selain dari sisi ini, mx king pas untuk harian.. 😐

nah, dari berbagai hal yang sudah dibahas tampak mx king merupakan bentuk refined dari njmx.. ya harusnya memang begitu.. setidaknya dari bentuk terlihat mx king masih mempunyai kelebihan di akomodasi kenyamanan dibanding pabrikan jepang lain yang lebih mengejar sisi sporty dan bertenaga besar.. memang setiap produk ada kelebihan dan kekurangan.. apalagi positioning harga jupiter mx king cukup menarik, tentu jika belum naik.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

11 Komentar

  1. Untuk tenaga yahut banget untuk di kelasnya, Gas nggak perlu poll
    Mas Bro, ada yang bisa bantu untuk suara agak dag dig duk di bagian rumah Kopling ?

monggo tanggapannya.....