pengen punya email custom ***@(domainblog).com? wordpress menyediakannya lho!

assalamu’alaikum wr. wb..

email kini sudah jadi bagian yang tak terpisahkan bagi sebagian besar pengguna internet.. entah untuk urusan pekerjaan maupun sekadar untuk mendaftar di berbagai media sosial.. penyedia email pun beragam, ada yahoo, gmail, hotmail, aol dan lain-lain, sebagai contoh dolanotomotif@aol.com.. nah, terkadang pengen alamat email custom nggak sih? misalnya nbsusanto pengen punya alamat email blog@dolanotomotif.com.. ternyata wordpress menyediakannya lho.. mari coba kita bahas..

aol lek

syarat pertama tentu harus punya alamat email yang aktif.. untuk kali ini bebas mau pake email dari penyedia layanan apa saja.. nbsusanto sudah mencoba di yahoo, gmail maupun aol sukses semua..

syarat kedua, punya blog di wordpress namun sudah bukan gratisan lagi, alias sudah hilang embel-embel *.wordpress.com nya.. misalnya dolanotomotif.com.. ya dengan $18 per tahun sih, toh tujuan awalnya blognya, bisa untuk custom email itu bonus..

sudah itu saja syaratnya.. langkah dan cara membuat email dengan custom domain adalah sebagai berikut:

1. masuk ke dashboard akun wordpress.. kemudian pilih menu “Store >> My Domains” –>

my domains

2. pilih domain yang dotcom kemudian klik “Edit Domain >> Email” –>

domains email

3. isikan saja alamat email yang diinginkan pada “Emails sent to”, oiya pastinya alamatnya ***@(domainblog).com, jadi pastikan alamat blog sampeyan sesuai dengan yang sampeyan inginkan :mrgreen:

4. isikan alamat email yang aktif di “Will be forwarded to” kemudian klik “Add New Email Forward”

5. buka email sampeyan.. cek di inbox atau spam ada email dari wordpress.. cepet kok biasanya.. kemudian klik saja “Confirm Email Forward” di email sampeyan –>

yahoo forward

6. selesai.. sampeyan sudah punya alamat email custom ***@(domainblog).com yang dapat menerima email dari siapapun, seperti di gambar pertama di artikel ini saat blog@dolanotomotif.com diforward ke AOL.. 😎

oiya, sampai tahap ini kalo hanya sebagai alamat penerimaan email saja sudah cukup.. maksudnya, alamat email tersebut hanya untuk orang lain berkirim email pada sampeyan, saat sampeyan mau membalas atau mengirim email belum bisa menggunakan alamat tersebut karena keterbatasan beberapa penyedia layanan email.. namun setidaknya kalo untuk alamat email medsos atau keren-kerenan sudah cukup.. misalnya blog@dolanotomotif.com yang dapat dikirimi email oleh siapapun, tapi dulunya nbsusanto kalo membalas dengan alamat email dolanotomotif@aol.com :mrgreen:

tapi itu dulu.. sebelum nbsusanto tau kalo ternyata ada juga cara untuk mengirim email menggunakan alamat custom secara gratis lho! tunggu saja insya Allah akan nbsusanto bahas di artikel mendatang 😀

sekian dan terima kasih.. semoga bermanfaat.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

7 Komentar

monggo tanggapannya.....