melihat lebih dekat honda mobilio E manual, pemula yang dikhawatirkan pemain lain LMPV

assalamu’alaikum wr. wb..

pada tahun 2014 lalu pemain lama kelas LMPV dibuat agak panik menyusul kehadiran sesosok mobil keluaran logo H tegak.. yap, honda mobilio.. sesosok mobil yang digadang-gadang akan membuat peta persaingan berubah karena dari tampak luarnya memiliki desain yang menurut banyak orang cukup fresh dan menarik..

honda mobilio tipe E manual (10)

dilihat sepintas dari samping mobilio memang agak aneh.. yap fokus di pintu baris keduanya itu lho, seperti sambungan.. guyonannya sih depannya brio belakangnya embuh.. tapi memang basisnya dari brio yang dipanjangin sih.. 🙄

honda mobilio tipe E manual (13)

dari depan.. solid wings face honda menjadi basis desain grill depannya.. tak lupa, sentuhan chrome mencolok pun hadir di mobilio.. 😐 untungnya spion dan sekitar foglamp tidak dibalut chrome untuk seri E.. untuk seri E ke bawah pula headlamp masih multireflektor, belum proyektor seperti seri RS..

honda mobilio tipe E manual (3)

dilihar dari belakang.. desainnya memang unik.. fresh.. dan masuk akal.. tidak terkesan dipaksakan model lampu belakangnya.. wiper belakang merupakan standar di semua varian.. begitu juga high mounted LED stop lamp.. jangan berharap sensor parkir apalagi kamera mundur.. jarang banget produk lokal hpm yang mengadopsinya kecuali nego.. 🙄

honda mobilio tipe E manual (11)

di seri E, honda mobilio menggunakan velg ring 15″ dibalut ban GT Radial Champiro Eco berukuran 185/65.. untuk pengereman, semua seri menggunakan cakram di depan dan tromol di belakang.. tak ada ABS untuk seri E manual.. suspensi mobilio sendiri berupa McPherson di depan serta suspensi belakang h-shape torsion beam ..

honda mobilio tipe E manual (4)

melongok ke sisi dashboard honda mobilio.. langsung teringat dengan brio satya yang pernah nbsusanto review dulu.. head unit double din yang sudah mempunyai am-fm receiver, disc reader, usb slot serta bisa sinrkonisasi dengan ipod.. pengaturan AC ada kecepatan blower, tingkat kedinginan, arah hembusan serta sirkulasi.. tampilan steer standar tanpa pengatur audio, namun sudah terdapat airbag..

honda mobilio tipe E manual (5)

yang membedakan adalah backlight speedometer.. nampaknya indikator pun sama.. diantaranya adalah speedometer, tachometer, fuelmeter, odometer, indikator pompa bensin, electronic power steering, handbrake, tekanan oli, aki, sein, lampu, lampu jauh, penanda overheat, penanda ECO driving, penanda airbag, pengingat seatbelt pengemudi serta penanda apakah pintu sudah tertutup rapat semua atau belum.. ya lumayan informatif lah..

honda mobilio tipe E manual (6)

di bagian jok.. yap, salah satu kelemahan honda mobilio disini.. jok tipis.. untuk baris pertama headrest menyatu seperti brio.. oiya, untuk seri E ke atas sudah terdapat AC double blower.. lumayan biar yang di belakang tidak kepanasan.. 🙄

honda mobilio tipe E manual (15)

di samping jok baris ketiga selain cupholder terdapat tempat menaruh smartphone.. pas untuk yang berukuran sekitar 4,5″.. tapi kalo jalan bergelombang kayaknya hapenya bakalan meloncat.. :mrgreen:

honda mobilio tipe E manual (14)

bagasi belakang.. khas honda, akomodasinya juara.. bagasi cukup lega.. cuma mungkin kekurangannya tak bisa dilipat rata lantai.. jadi ada yang ngganjel kalo mau untuk tiduran lapang.. 🙄

honda mobilio tipe E manual (8)

begitu buka kap mesin.. siksik perhatian di kapnya.. yang membuat nbsusanto sempat kaget, ternyata hanya kap tanpa terlapisi apapun di bawahnya! buset.. kenapa nggak dilapisi seperti mobil lain ya? 😮 pun begitu kualitas finishingnya duhdek.. kalo inget harganya yang mepet 200 juta kok jadi gimana gitu..

honda mobilio tipe E manual (7)

di bagian moncong itu pula tertanam mesin 1500 cc 4 silinder SOHC 16 valve berteknologi i-vtec dengan kode mesin L15Z1 dengan tenaga puncak 118 Ps pada 6600 rpm dan torsi maksimum sebesar 14.8 kg.m (145Nm) pada 4600 rpm.. dari spesifikasi mesin, honda mobilio memiliki tenaga puncak tertinggi dibanding LMPV lain.. hanya saja menurut berbagai kabar yang beredar, pada mobilio terpasang limiter kecepatan sehingga jika dipacu mentok di angka 145 walau sebenarnya mesin masih kuat untuk lebih cepat, entah dipasang di semua varian atau hanya di CVT saja.. sementara itu electric power steering juga ada pada mobilio, fitur yang memudahkan kebanyakan orang untuk parkir..

honda mobilio.. dengan eksterior yang fresh walau masih berasa brio di depan membuatnya banyak dilirik masyarakat.. apalagi embel-embel ivtec 118Ps nya.. sayangnya interior juga sama plek dengan brio.. pun kekurangan di ketebalan jok dan finishingnya..  sampai sekarang sih nbsusanto belum pernah mencoba mobilio jadi belum bisa memberi gambaran apakah mobilio se-fun to drive kebanyakan honda, serta gimana efeknya pada kenyamanannya.. siapa ya yang bisa dipinjem mobilionya? 🙄

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

12 Komentar

monggo tanggapannya.....