spontanitas ala wongselo ke goa kiskendo kulonprogo

assalamu’alaikum wr. wb..

goa kiskendo adalah salah satu destinasi wisata yang sudah dikembangkan sejak dulu di kulonprogo, jauh sebelum berbagai tujuan wisata yang baru muncul dan menjadi ramai karena medsos akhir-akhir ini..Β pun begitu sudah cukup lama nbsusanto mendengar dan pengen kesana.. di awal tahun 2015 ini ke kiskendo, tapi saat itu ditutup karena ada pohon tumbang.. hingga 9 bulan kemudian baru kesampaian masuk ke goa kiskendo..

goa kiskendo girimulyo kulonprogo (1)

awalnya tak ada rencana mau dolan kesana.. tapi berhubung pagi-pagi di grup whatsapp ada yang bikin rusuh dengan posting “dolan”, langsung saja diladeni dengan kata “ayo” untuk guyon.. ndilalah kok malah ada beberapa yang kepancing.. mau nggak mau ya kudu berangkat demi menjaga persatuan dan kesatuan warga masyarakat.. :mrgreen:

goa kiskendo girimulyo kulonprogo (122)

berhubung kemarin nggak foto tempat parkir, pake foto lama saja.. aslinya tempat parkir beratap hanya ini.. tapi kalo sedang ramai wisatawan ya parkir di bawah pohon.. kemarin sih tarif parkir dua ribu rupiah per motor dan htm tiga ribu rupiah per orang..

goa kiskendo girimulyo kulonprogo (36)

inilah peta wisata kawasan goa kiskendo.. terintegrasi dengan taman bermain..

goa kiskendo girimulyo kulonprogo (21)

dengan letaknya yang sudah di dataran tinggi dan pepohonan lumayan rimbun tentu bisa dijadikan lokasi wisata keluarga karena di siang hari pun terik matahari terasa tidak terlalu panas..

goa kiskendo girimulyo kulonprogo (4)

sebelum masuk goa jalan-jalan dulu.. ada sebuah tempat dengan patung kera..

goa kiskendo girimulyo kulonprogo (126)

di dinding sebelum masuk goa juga ada ukiran.. kalo nggak salah menceritakan tentang tokoh pewayangan sugriwa-subali..

goa kiskendo girimulyo kulonprogo (37)

saatnya masuk ke goa.. eits sebentar.. lebih baik baca dulu peta di dalam goa kiskendo.. selain denah pertapaan di dalam goa kiskendo, ada juga larangan dan saran bagi pengunjung goa.. sebagai tamu ya selayaknya menaati peraturan tuan rumah bukan? πŸ™‚

goa kiskendo girimulyo kulonprogo (39)

saatnya turun.. tentu saja harus berhati-hati karena tangga turun dan pegangannya sudah dimakan usia.. selain itu, faktor 1 pintu juga membuat harus bergantian dengan pengunjung lain..

goa kiskendo girimulyo kulonprogo (42)

pertama masuk langsung terasa gelapnya, maklum saja sebelum turun matahari sinarnya terang sampe di dalam penerangan minim.. beberapa kali harus sambil meraba-raba karena males kalo harus ngeluarin hp dari tas sebagai penerang.. ha lagi foto-foto malah do ditinggal.. 😐

goa kiskendo girimulyo kulonprogo (46)

di dalam goa juga beberapa kali harus naik turun tangga.. untung saja di bagian tangga penerangannya cukup setidaknya untuk melihat apakah benar melewati jalan..

goa kiskendo girimulyo kulonprogo (48)

jangan lupa untuk tetap bahagia waspada! terkadang lorong yang harus dilewati sangat rendah.. harus jalan jongkok untuk melaluinya..

goa kiskendo girimulyo kulonprogo (52)

batu-batuan di dalam goa kiskendo lumayan apik.. sayangnya lagi-lagi penerangannya kurang optimal karena hanya di beberapa titik saja.. bukan harus semua terang, tapi di beberapa titik lain ada lampu yang tidak nyala..

goa kiskendo girimulyo kulonprogo (62)

percayalah, tak semua keindahan kiskendo bisa dilihat secara langsung dengan mata telanjang.. berkali-kali nbusanto memfoto tanpa tau apa obyek yang difoto karena saking gelapnya.. setelah dijepret dan dilihat di kamera baru ketahuan.. jebul apik.. πŸ™„

goa kiskendo girimulyo kulonprogo (56)

berhubung lanang kabeh dan masih muda, nbsusanto dan kawan-kawan pun menelusuri semua lorong yang ada sampe mentok.. sisanke wis adoh adoh tekan kene.. πŸ™„

goa kiskendo girimulyo kulonprogo (83)

seperti pada foto peta di atas.. ada beberapa lokasi pertapaan di dalam goa kiskendo.. salah satunya adalah pertapaan Semelong..

goa kiskendo girimulyo kulonprogo (110)

setengah jam ternyata sudah cukup untuk masuk ke semua lorongnya.. malah di akhir perjalanan dapat momen apik, cahaya lampu kuning ke arah bebatuan.. πŸ˜€

berikut galeri beberapa foto lain di kawasan goa kiskendo:

lumayan buat olahraga dan refreshing bukan? yang pasti jaga tata krama disana.. lebih baik siapkan senter, minimal hp dengan flash.. walau siang hari tetep aja nggak keliatan apa-apa disana.. oiya, biar nyaman setidaknya pakai sendal gunung.. ditambah lagi kalo musim hujan ada kemungkinan ada aliran air di dalam goa.. yang pasti dolan kesana mampu membayar rasa penasaran nbsusanto selama ini.. πŸ™‚

berikut peta goa kiskendo menurut google maps.. maklum kesana males ngeluarin hp jadi nggak ada screenshot koordinat dengan sygic seperti biasanya.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

9 Komentar

monggo tanggapannya.....