berkenalan dengan all new mazda biante skyactiv

assalamu’alaikum wr. wb..

skyactiv.. suatu teknologi yang dikembangkan oleh mazda dengan tujuan mobil lebih bertenaga namun bisa lebih irit.. konsep yang dibangun bukan hanya mesin saja, namun seluruh bagian mobil dioptimasi.. menurut wikipedia, teknologi ini awalnya dipakai hanya di mazda2.. namun seiring berjalannya waktu, mobil mazda yang lain juga dibekali teknologi ini.. salah satunya adalah facelift mazda biante..

mazda biante skyactive 2015 (22)

mpv kotak mewah! itu yang pertama kali terpikir.. apalagi merknya mazda.. padahal kalo dirunut, kelasnya bukan mpv paling mewah.. harganya sendiri sekelas dengan nissan serena dan toyota nav-1.. jauh di bawah harga vellfire dan elgrand.. 🙄 desain pilar A dengan kaca lebar itu mungkin jadi salah satu titik fokus kalo ketemu biante..

mazda biante skyactive 2015 (2)

dari depan desain all mazda biante cenderung berupa garis lengkung bukan garis bersudut.. yap desain model KODO yang menjadi basis desain mobil baru mazda saat ini.. dengan grill besar berwarna chrome dan lampu utama xenon HID.. tentu saja foglamp sudah menjadi kelengkapan standar..

mazda biante skyactive 2015 (28)

tampilan belakang all new mazda biante.. terdapat garis chrome dari lampu kanan ke kiri.. model lampu pun didesain membulat dan simpel namun mengejar sisi elegan..

mazda biante skyactive 2015 (23)

mazda biante menggunakan velg 16″ yang dibalut ban berukuran 205/60.. sistem pengereman cakram depan ventilated dan cakram belakang konvensional serta menganut teknologi ABS dan EBD yang dipadukan dengan DSC.. suspensi menggunakan MacPherson strut di depan dan suspensi belakang multilink..

mazda biante skyactive 2015 (8)

berikut tampilan dashboard mazda biante.. sayangnya foto di legelapan hasilnya kurang optimal, ya ini pun sudah diakali dengan flash.. namun sudah sedikit menunjukkan bagaimana dashboardnya.. peletakan tuas shifternya mengingatkan pada honda freed.. memang mpv boxy peletakannya disini ya rata-rata.. untuk fitur entertaintment nampaknya tak perlu diragukan.. sedangkan ac tentu saja sudah berupa ac digital.. lalu peletakan cluster meter tidak tepat di depan pengemudi, namun sedikit ke tengah..

peletakan tuas shifter diikuti perletakan tuas parking brake, seperti di freed.. alhasil namanya bukan handbrake lagi.. sayangnya tidak dilengkapi footrest.. kemudian pada stir selain tombol pengatur audio, ada paddleshift! wuhuu bagi yang suka main-main dengan mobil matic pasti adanya fitur ini menyenangkan.. kemudian di kanan bawah stir ada berbagai tombol fungsional..

mazda biante skyactive 2015 (18)

tampilan cluster meter saat tak ada kunci kontak.. sepintas indikatornya cukup lengkap itu yang di sebelah kanan tachometer.. tentu saja sudah ada MID nya..

mazda biante skyactive 2015 (3)

pindah ke jok belakang.. membuka pintu geser elektrik yang sudah terdapat touch sensor sehingga saat pintu bergeser menutup jika ada benda yang menghalangi akan terbuka kembali.. langsung saja masuk.. nah kan terlihat baris kedua dapat digeser maju mundur dengan sangat lega.. err bukan model full captain seat tapi setidaknya ada sandaran tangan di ujung kanan dan kiri.. di tengah? err.. selain itu adanya fitur ISOFIX menambah nilai safety bagi mereka yang memiliki bayi..

mazda biante skyactive 2015 (25)

terdapat layar menggantung sebagai sarana hiburan tambahan.. untuk seatbelt tak usah dibahas karena pastinya semua kebagian.. kemudian banyaknya kisi-kisi ac tentu juga memanjakan semua penumpang.. begitupun headrest, 8 orang juga kebagian semua kok..

mazda biante skyactive 2015 (4)

menilik bagasinya mazda biante.. sudah cukup untuk harian, namun kalo mau lebih luas bisa dengan menarik maju baris ketiga.. konsekuensinya ya kelegaan jok berkurang..

mazda biante skyactive 2015 (20)

di balik kap mesin nongkrong sebongkah mesin 4 silinder dohc 16 valve skyactiv-G 2000 cc dengan perbandingan kompresi 12:1 sebagai kompensasi teknologi skyactiv.. mesin ini mampu menyemburkan tenaga puncak 151Ps pada 6000 rpm dan torsi maksimum 190 Nm pada 4100 rpm.. selain itu all new mazda biante menurut spesifikasi di webnya menggunakan electric hydraulic power assist steering.. maksudnya kombinasi dari elektris dan hidrolis kah? demi kemudahan parkir dan kestabilan saat kecepatan tinggi..

mazda biante memberi pilihan di angka 400an juta dengan berbagai fitur terkini sebagai kelebihan dan tentu beberapa poin kelemahannyanya.. memang dengan perbandingan kompresi cukup tinggi serta teknologi canggih mewajibkan harus minum minimal pertamax.. tapi bukan masalah mengingat kelasnya juga rata-rata menyarankan minimal pertamax, ya kan? 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

16 Komentar

monggo tanggapannya.....