great new xenia R sporty dan grand new avanza 1,3G, harga (hampir) sama, pilih mana?

assalamu’alaikum wr. wb..

toyota avanza dan daihatsu xenia.. duo lmpv yang menguasai jalanan indonesia semenjak pertama keluar lebih dari 10 tahun lalu.. sempat mengalami facelift pada 2011 hingga akhirnya ada perubahan cukup banyak di 2015 lalu karena kehadiran lmpv dari pabrikan lain.. secara umum harga avanza di atas xenia, namun buka web toyota dan daihatsu harga xenia tipe R sporty 197,8 juta dan avanza tipe 1,3G 197,7 juta.. harganya hampir sama, mari coba dilihat apa yang membedakan mereka berdua..

kebetulan foto yang dimiliki nbsusanto kok ya pas 2 type itu.. pada artikel ini xenia di kiri dan avanza di kanan.. tampak depan terdapat perbedaan pada kedua mobil ini.. memang semua type avanza memiliki grill yang berbeda dengan semua type xenia.. kecenderungan chrome lebih banyak pada avanza.. kalo headlamp yang dipakai sama-sama masih multireflektor.. sama-sama ada foglamp sebagai standar.. bedanya untuk xenia R sporty sudah terdapat DRL (daytime running light) LED sementara pada avanza 1,3G belum ada.. selain itu terdapat sensor parkir depan untuk xenia R sporty.. untuk avanza 1,3G tidak ada..

dari tampak samping.. pada bagian body sekilas sama.. handle pintu berlapis chrome.. bedanya, di xenia R sporty sudah ada lampu sein di spion, sedangkan di avanza 1,3G tidak ada..

dari sisi belakang.. bagian yang menurut nbsusanto aneh desainnya.. terkesan maksa dan masih lebih bagus seri 2011-2015.. sama-sama memiliki wiper, spoiler, dan sama-sama tidak memiliki defogger kaca belakang.. sama-sama memiliki high mounted stop lamp pada spoiler, bedanya mika pada xenia R sporty berwarna putih dengan LED menyala merah, sementara mika avanza 1,3G berwarna merah.. oya, keduanya juga memiliki sensor parkir mundur..

nah di bagian kaki-kaki inilah bedanya.. walau sama-sama 14″, desain velg xenia R sporty terkesan agresif sedangkan avanza 1,3G lebih simpel.. ini masalah selera ya.. kalo ukuran ban persis 185/70, bedanya xenia R sporty menggunakan Dunlop Enasave, sementara avanza 1,3G menggunakan Bridgestone Ecopia.. pengereman avanza 1,3G dan xenia R depan berupa cakram dan belakang tromol.. bedanya adalah avanza semua tipe sudah menggunakan teknologi ABS pada remnya, sedangkan xenia semua tipe belum menggunakan ABS.. untuk suspensi depan sama yaitu MacPherson dengan per keong.. sementara yang belakang meski sama-sama menggunakan per keong, untuk avanza 1,3G menggunakan 4 link lateral rod, sementara xenia R sporty 5 link rigid axle.. kok bedanya seperti perbedaan rush dan terios ya.. mungkin ini yang membuat avanza lebih empuk dan xenia lebih meyakinkan untuk beban berat.. 🙄

masuk ke bagian dashboard.. secara umum avanza dan xenia desainnya sama, kecuali logo toyota dan daihatsu di steer wheel.. namun untuk xenia R sporty menggunakan head unit yang dilengkapi GPS dengan layar besar, sementara itu avanza 1,3G double din biasa dengan layar kecil.. namun jika dilihat di bawah head unit, pada avanza 1,3G terdapat pengingat seatbelt untuk penumpang depan di samping tombol lampu hazard, sementara di xenia sporty tidak ada.. pengatur AC persis..

bagian cluster meter pun sama persis.. perbedaannya mungkin indikator yang menyala saja, salah satunya di avanza ada ABS nya.. cost reduction.. 🙄

mari buka pintu bagasi.. nah dari sini nampak bahwa perubahan yang dibawa avanza dan xenia baru adalah jok baris ketiga yang dapat dilipat 50:50, sehingga memudahkan penataan bagasi.. nampak juga AC double blower dan seatbelt baris ketiga adalah standar kedua mobil ini.. yang membedakan, di xenia R sporty ada jaring bagasi untuk mengantisipasi barang jatuh, sedangkan di avanza 1,3G tidak ada..

mari buka kap mesin.. bagian yang merupakan hal baru pada duo kembar ini.. seri mesin berbeda dengan VVT-i pendahulunya.. untuk xenia R sporty dan avanza 1,3G menggunakan mesin berkode 1NR-VE dengan kapasitas 1329cc 4 silinder 16 katup berteknologi dual VVT-i yang diklaim mampu menyemburkan tenaga puncak 96,5 ps pada 6000 rpm dan torsi maksimum 12,3 Kg-m pada 4200 rpm.. sedikit naik dari mesin sebelumnya.. sama-sama menggunakan electric power steering.. oiya, yang sedikit membedakan tentu modul ABS pada avanza 1,3G yang tidak ada pada xenia R sporty..

dengan harga tak jauh dari 200 juta dan bedanya sangat tipis avanza 1,3G dan xenia R sporty menimbulkan kebingungan mau ambil yang mana.. memang secara kelengkapan entertainment dan penampilan xenia R sporty lebih lengkap agresif.. namun masalah fitur keselamatan avanza 1,3G lebih mumpuni dengan ABS nya serta suspensi belakang yang lebih empuk.. pilihan balik ke yang mau beli.. kalo suka penampilan dan mungkin tak ada niatan modifikasi, xenia R sporty jadi pilihan.. kalo suka fitur keselamatan dan kenyamanan, brand toyota serta mempunyai dana lebih untuk modifikasi maka avanza 1,3G akan jadi pilihan.. eh tapi kalo mau yang lebih murah biar ada dana untuk modifikasi, tampaknya xenia seri di bawahnya lebih menarik lho.. 🙄

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

17 Komentar

  1. Kalo saya lebih milih Xenia 1.3 R Sporty, tampilan keren, sudah pakai body kit sekeliling bawah body seperti Avanza Veloz, tampilan bumper beda dengan varian bawahnya, velg masa kini (aloy) lbh mahal dan keren, layar head unit lbh besar…pokoknya R Sporty gak perlu tambah aksesoris lagi.
    Bedanya dg Avanza G cuma di ABS, headress bangku belakang. Kalo menurut saya ABS untuk mobil keluarga ga perlu2 amat..toh bawa keluarga tdk bakalan ugal-ugalan yang memerlukan pengereman mandadak. Pengereman mendadak hanya sering dilakukan oleh pengemudi yang suka berakselerasi dan ugal-ugalan di jalanan. Perlu diingat ABS ada kelebihan dan kekurangannya, dan kekurangan ABS tentu harus dipertimbangkan juga..silahkan browsing kekurangan dari teknologi ABS.

  2. Tapi anehe mobil avanza mbek xenia yg kluaran 2016…velg ke akeh sing velg kaleng…laen ma yg kluaran dbwh thn 2016 bxk yg peleg racing…pdhl type nya dukur2…tipe R tipe G…jajal cek djlnan

  3. fitur lebih ke xenia tpi avanza punya abs…
    klo ane sih mending beli motuba 30 jutaan trus swap engine msein jahat kyak 4agze silvertop trus reinforce sasis trus lengkapin pernak pernik… cuma ya itu… ada yang mau sedekah 200jt ga :mrgreen:

monggo tanggapannya.....