asus zenpower 10050mAh, powerbank mungil bertenaga lumayan

assalamu’alaikum wr. wb..

asus zenpower.. powerbank berkapasitas 10050 mAh keluaran asus pada pertengahan 2015.. alhamdulillah nbsusanto berkesempatan untuk menggunakan barang ini sebagai cadangan listrik untuk gadget yang nbsusanto bawa maupun sesekali dipinjem oleh temen lain.. pas unboxingnya dulu ada di link ini..

unboxing asus zenpower 10050 mAh seukuran kartu kredit (15)

untuk gadget yang biasa nbsusanto cas dengan zenpower ini di antaranya adalah himax pure 2, mifi sierra dan hp cross cg2.. tentu saja bergantian mengingat powerbank ini hanya mempunyai 1 jalur output walaupun diklaim keluaran arus mencapai 2,4 A.. cukup besar memang angka tersebut yang efeknya adalah jika gadget kuat menerima arus sebesar itu maka pengecasan akan berjalan cepat, jika gadget mempunyai keterbatasan menerima arus dengan adanya limiter maka lama pengecasan bergantung pada arus maksimum yang dapat masuk ke gadget tersebut, namun jika gadget tidak memiliki limiter besar arus maka akan rawan rusak..

satu hal yang nbsusanto suka, asus zenpower ini terlapisi bahan semacam metal.. kesannya barang terlihat tidak murahan dan adem kalo dipegang.. apalagi cukup tahan goresan.. hanya saja di ujungnya finishing bahan metal bersudut 90 derajat sehingga beresiko melukai jika tidak hati-hati..

kabel powerbank asus zenpower

kabel bawaan asus zenpower.. pendek seperti bawaan powerbank pada umumnya.. berbentuk pipih dengan logo asus.. bagusnya, kabel asus zenpower ini dapat berfungsi sebagai kabel data juga.. bukan hanya sekadar kabel power.. lumayan lah cukup bawa 1 kabel pendek kalo kemana-mana.. 😀

mengenai kapasitas.. oke ini memang bukan angka yang pasti mengingat kondisi penggunaan yang berbeda.. yang pasti, kapasitas baterai powerbank untuk mengecas tak akan pernah mencapai 100% klaimnya mengingat banyak hal seperti efisiensi baterai serta kebutuhan meningkatkan voltase baterai 3,7 V jadi 5 V untuk dapat mengecas gadget lain..

secara teoritis, asus zenpower ini dapat mengisi hingga 7400 mAh.. nah, berhubung nbsusanto bisa dikatakan agak jarang memakai powerbank ini, maklum saja lebih pilih colokan listrik langsung kalo ada, tapi kalo untuk jalan-jalan bisa cukup diandalkan.. untuk ngecas ketiga gadget nbsusanto masih sisa.. himax 2000 mAh, mifi 1800 mAh dan cross 1200 mAh.. sebagai catatan, gadget tersebut tetap dalam keadaan aktif ketika dicas, sehingga tentu saja untuk mengecas himax misalnya, butuh lebih dari 2000 mAh karena sebagian listrik terpakai untuk nyalanya handphone.. pas dolan ke jawa timur kemaren misalnya, berkali-kali ngecas sampe dipinjem temen juga.. berangkat jumat siang, powerbank habis di minggu sore.. ya wajar saja malam sabtu dan malam minggu nggak ketemu dengan colokan.. :mrgreen:

kecepatan pengecasan gimana? nah ini.. bawaan kepala charger gadget nbsusanto rata-rata nilai arusnya kecil, mungkin karena di dalam gadget ada limiternya juga.. efeknya lama pengecasan tidak bisa dikatakan 2x lebih cepat dibanding kepala charger bawaan yang di bawah 1 A.. cuma kalo dibilang lebih cepet, bisa dibilang iya walaupun tetep aja lama.. lha dicas sambil dipakai.. :mrgreen:

unboxing asus zenpower 10050 mAh seukuran kartu kredit (3)

hampir kelupaan, fitur yang cukup asyik dari asus zenpower ini adalah ketika kabel terhubung seperti gambar di atas, maka powerbank akan menyala otomatis tanpa perlu memencet tombol power.. pun ketika dicabut maka powerbank akan mati tanpa menunggu waktu lama.. lumayan.. walau ketika indikator hp sudah 100% powerbank masih terlihat nyala.. mbuh itu indikatornya bener apa nggak.. :mrgreen:

lalu bagaimana kesimpulan powerbank asus zenpower 10050 mAh ini? kalo nbsusanto bilang, dengan harga di bawah 300 ribuan, powerbank ini sudah cukup untuk nbsusanto.. walaupun memang jika punya beberapa gadget yang habis bersamaan tidak bisa dicas bareng-bareng.. eh, atau ada yang sudah coba dengan USB-hub? barangkali jadi bisa ngecas beberapa gadget berbarengan.. nbsusanto sih belum pernah nyoba.. :mrgreen: y

Advertisements

monggo tanggapannya.....