mengakrabi HRV, si moneymaker baru pabrikan honda

assalamu’alaikum wr. wb..

tahun lalu ditandai dengan banyak mobil baru lahir.. salah satu yang menyita perhatian dan kemudian banyak beredar di jalanan adalah HRV.. yap, small crossover garapan  pabrikan H tegak.. namun baru kali ini nbsusanto mendapat kesempatan untuk melihat lebih dekat dan memasuki daleman HRV..

honda hrv tipe E CVT (1)

dilihat dari samping yang terlintas adalah seukuran ford ecosport dengan tuas pintu belakang mengingatkan pada nissan juke! ya memang di situlah kelas yang disasar.. 1500 cc small cross over.. mirip hatchback yang sedikit diolahragakan.. kalo dibandingkan dengan terios tentu tak bisa mengingat kapasitas 5 kursi crossover beda dengan 7 kursi terios.. kalo dengan rush mungkin masih masuk, tapi rush sekarang sudah banyak yang beli sekalian 3rd row nya..

honda hrv tipe E CVT (7)

dengan solid wing face ala honda masa kini, kesan pertama saat lihat dari depan adalah “syukurlah tak banyak chrome!” :mrgreen: untuk seri E yang katanya merupakan varian paling laris dan seri di bawahnya masih menggunakan headlamp halogen multireflektor.. kalo untuk seri prestige 1800 cc menggunakan proyektor..

honda hrv tipe E CVT (3)

kalo dari belakang malah nampak ini mobil terlihat melebar bukan tinggi.. memang desainnya agak aneh, beda dengan yang nbsusanto bayangkan di awal.. ya setidaknya dengan tidak adanya chrome, masih lumayan enak dipandang.. mau parking sensor? wani piro? 😆

honda hrv tipe E CVT (4)

velg honda HRV berukuran 17″ dan dibalut ban 215/55.. bentuknya tak mewah tapi cukup proporsional dipandang.. untuk pengereman sendiri di semua seri sudah all disc brake yang dilengkapi dengan sistem ABS+EBD+BA.. cukup lengkap, eh harusnya memang begitu ding.. :mrgreen: sementara itu suspensi depan MacPherson Strut dan di belakang ada H-Shape Torsion Beam..

honda hrv tipe E CVT (9)

mari masuk ke kabin honda hrv.. nampaknya duduk disana bakalan terasa menyenangkan.. apalagi desain di antara pengemudi dan penumpang depan.. tentu saja karena seri E menggunakan transmisi CVT, terdapat arm rest dan foot rest.. parking brake berupa tombol saja, bukan tuas di tangan maupun tuas yang diinjak.. tentunya terdapat paddle shift..

honda hrv tipe E CVT (5)

ya inilah dashboard honda hrv.. head unit bawaan touchscreen 6,1″ yang menyediakan konektivitas cukup lengkap seperti radio, usb, aux, dvd.. ya memang desain kisi-kisi ac untuk penumpang depan terkesan aneh.. oya, pengaturan ac digital.. terdapat pula pengaturan audio di stir.. yang pasti, dashboard asimetris memang memanjakan pengemudi, honda banget lah kalo driver sentris.. oya, untuk seri E sudah menggunakan smart key dan engine start-stop button.. tak perlu nyolokin kunci.. kantongi saja.. 🙄

honda hrv tipe E CVT (10)

di dalam cluster meternya tersaji berbagai indikator.. yang pasti ada speedometer, tachometer, fuelmeter, odometer, tripmeter, indikator EPS, parking brake, aki, pintu, lampu, pompa bensin, airbag, abs, seatbelt, MID, indikator gear dan lain-lain.. sudah seharusnya bukan, mobil 300an juta indikatornya sebanyak ini? :mrgreen:

honda hrv tipe E CVT (2)

inilah yang hampir selalu jadi kelebihan honda.. keleluasaan kabin apalagi bagian bagasi hrv.. sangat lega.. apalagi jok baris kedua yang tidak digunakan bisa dilipat rata lantai.. bisa untuk bawa berapa kandang burung murai yg biasanya gedhe gedhe ya? atau kalo mudik tinggal bawa bantal saja dan dirata lantai.. lumayan.. :mrgreen:

honda hrv tipe E CVT (6)

di bawah kap depan tertanam mesin sohc 1500 cc 4 silinder 16 katup i-vtec dengan perbandingan kompresi 10,3:1 serta tenaga puncak 120 ps pada 6600 rpm dan torsi maksimum 14.8 kg.m (145Nm) pada 4600 rpm…. yap, mesin yang basisnya sama dengan city, jazz, mobilio, freed dan nantinya brv.. tentunya hal ini berakibat pada pengurangan biaya produksi dan beberapa spare part yang bisa dipakai bersamaan.. yang 1800 cc kalo tidak salah sama dengan mesin civic fb1..

ya, honda hrv memang cukup menarik bagi banyak konsumen di indonesia.. selain nama besar honda, fiturnya bisa dikatakan cukup lengkap.. wajar saja pesaing di kelasnya ketar-ketir.. hanya saja untuk seri E saat ini sudah melampaui harga 300 juta, apalagi untuk 1800 cc yang harganya mendekati dengan CRV 2,0 dan lebih mahal dibanding kompetitor.. entah nanti saat kompetitor menyiapkan facelift atau muncul pesaing baru bagaimana persaingan secara value for money nya.. saat ini, anugerah car of the year 2015 nampaknya memang tak berlebihan.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

7 Komentar

monggo tanggapannya.....