berkenalan dengan daihatsu sirion matic pasca facelift

assalamu’alaikum wr. wb..

masih dari gelaran pameran mobil.. lha pamerannya kapan, artikelnya kapan.. hehehe maklum saja ngetik artikel secara rutin itu nggak gampang.. ada beberapa kegiatan lain yang terkadang butuh prioritas lebih.. nah, di kesempatan ini giliran daihatsu sirion yang akan tampil setelah di tahun 2015 kemarin mendapatkan beberapa penyegaran..

daihatsu new sirion at 2015 (15)

yang pertama terlihat dari samping adalah tak berbeda jauh dengan pendahulunya.. hanya model velg saja yang berubah.. oiya ada sedikit sentuhan chrome di tuas pembuka pintunya.. tangki bensin berkapasitas 40 liter dapat diakses dari sisi sebelah kiri..

daihatsu new sirion at 2015 (10)

nah yang terlihat adanya perbedaan adalah jika dilihat dari depan.. model grill nya berubah menjadi ala sarang tawon.. beruntunglah chrome tidak merusak pemandangan di bagian ini.. malah warna hitam terkesan elegan..

daihatsu new sirion at 2015 (5)

nah tampak belakang juga berubah.. mika lampu rem yang tadinya berwarna merah berganti menjadi bening, tentu saja lampu LED rem menyala merah.. model bumper belakang pun sudah tak lagi sama.. seperti sebelumnya terdapat pula sensor parkir sebanyak 2 buah dan wiper.. lagi-lagi tak ada ornamen chrome yang mengganggu.. :mrgreen:

daihatsu new sirion at 2015 (16)

velg R14 daihatsu sirion dibalut dengan ban berukuran 175/65.. ukuran ban dan velg sama dengan ayla seri X.. tentu modelnya berbeda.. pengereman standar yaitu depan cakram dan belakang tromol.. suspensi depan menggunakan McPherson dengan per keong serta stabilizer dan suspensi belakang berupa torsion beam dengan per keong..

daihatsu new sirion at 2015 (3)

mari masuk ke dalam mobil.. dashboardnya kok apik ya.. lokasi tuas pemindah gear berada di atas seperti honda freed.. pengatur ac pun lebih lengkap dibanding terios.. sementara itu head unit dilengkapi radio, cd, usb, aux.. untuk bagian steer terdapat tombol pengatur audio..

daihatsu new sirion at 2015 (1)

menilik ke bagian console meter desainnya sederhana tapi tidak membosankan.. yang masih berjarum ada speedometer, tachometer, dan indikator tingkat kepanasan mesin.. kalo berupa lampu ada beragam seperti biasnaya, nyala lampu, pengingat pintu, lampu jauh, sein, EPS, airbag, seatbelt, aki, tekanan oli, pompa bensin dan uniknya ada lampu indikator ABS.. nah loh.. 🙄 selain itu terdapat MID yang menunjukkan fuelmeter digital, posisi gear matic, perkiraan jarak tempuh dengan bensin, odometer dan tripmeter..

daihatsu new sirion at 2015 (6)

beralih ke jok belakang.. tak ada headrest disini.. ruang kaki ya standar saja..

daihatsu new sirion at 2015 (4)

berlanjut ke bagasi.. bisa dikatakan cukup lega dan rapi.. terdapat jaring di belakang dan penutup di sisi atas.. setidaknya kalo pintu bagasi dibuka bagasi nggak terlihat berantakan dan barang tidak berjatuhan.. :mrgreen:

daihatsu new sirion at 2015 (9)

waktunya membuka kap mesin.. bertenggerlah sebuah mesin dohc 4 silinder 16 valve 1300cc vvt-i berkode K3-Ve, persis dengan avanza dan xenia lawas yang diklaim mampu menyemburkan tenaga puncak 90 PS pada 6000 rpm serta torsi maksimum 11,9 kg-m pada 4400 rpm.. karena electric power steering tentu tak ada fluida untuk power steering.. berhubung penggerak roda depan, posisi mesin memanjang ke kanan kiri, berbeda dengan avanza dan xenia yang walau kode mesinnya sama tapi mesin memanjang ke depan belakang.. 🙄

nah, sebenernya memang daihatsu sirion tidak istimewa banget, tapi mengingat ruang bagasi cukup lega, suspensi yang agak keras dan penampilan yang proporsional, dengan harga cukup jauh di bawah 200 juta merupakan salah satu pilihan city car di bawah 1500 cc yang masuk akal.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....