PO Mulyo Indah dari Yogya ke Jakarta, tiket arus balik yang tersisa

assalamuโ€™alaikum wr. wb..

dalam 45 hari harus 5 kali ke jakarta karena berbagai keperluan yang tak bisa ditinggalkan.. berbagai moda pun sudah dicoba, dari pesawat, kereta, bus serta travel.. nah yang ke 5 ini bertepatan dengan arus balik liburan.. gimana lagi, tiket kereta semua kelas sudah ludes.. tiket pesawat ke halim tinggal jam tanggung.. ke agen salah satu bus pun tiket sudah habis.. pas lah muter lagu “berhenti berharap”nya sheila on 7.. :mrgreen: hingga akhirnya datang ke agen bus di kawasan dongkelan dan ditawari tiket bus PO Mulyo Indah..

bus PO Mulyo Indah kelas VIP Yogya ke Jakarta (5)

awalnya mikir-mikir juga, diniatkan turun di rawamangun tapi tak ada lagi kursi tersedia.. hanya ke arah Pasar Rebo oleh PO Mulyo Indah saja yang tersisa.. sempat gugling tempat tersebut.. dan tanya apakah dekat dari cawang dan bagaimana aksesnya, dari agen Rizkia Multy bilang kalo banyak taksi disana.. baiklah, bawa banyak barang bawaan.. kemudian tanya harganya..

harga tiket bus mulyo indah jogja-jakarta

200 ribu rupiah per orang untuk kelas VIP AC.. sepintas mahal ya? walau tak semahal tiket pas arus mudik kemarin gegara kehabisan bis reguler.. ๐Ÿ˜ˆ seperti yang nbsusanto pikirkan, di bus lain harga tersebut sudah dapat kelas eksekutif.. tapi berhubung ini tiket bus reguler terakhir ya sudah ambil saja.. sampai di rumah googling tentang PO Mulyo Indah banyak yang bilang kelas VIP ini disebut eksekutif muda dan bisa dikatakan setara kelas eksekutif PO lain.. kemudian katanya Mulyo Indah akan lewat jalur pantura.. nah ini yang akan nbsusanto buktikan..

seperti tertulis di tiket, penumpang diminta datang ke agen jam 15.30 dan jadwal bus sekitar pukul 16.00.. biar nggak telat nbsusanto dari rumah jam 15.00 dan sampai di agen tepat jam 15.30.. tunggu dan ditunggu.. jam 16.. 16.30.. 17.. sempat muncul bus Mulyo Indah tapi ternyata bukan yang akan nbsusanto naiki.. lanjut 17.30.. 18.. 18.15.. ada bus Mulyo Indah melaju cukup kencang dari timur tanpa berhenti.. badalah.. si agen pun menelpon kru bus dan ternyata memang kebablasan dan akan berputar di sekitar gamping.. penumpang dari agen dongkelan pun diseberangkan ke sisi utara karena katanya jalan yogya-wates padat sehingga bus akan lewat terminal Palbapang – Srandakan – Galur – Toyan kemudian masuk jalur selatan.. mengingatkan pada bus Sumber Alam lebih dari setahun lalu..

bus PO Mulyo Indah kelas VIP Yogya ke Jakarta (10)

sekitar 18.30 datanglah sesosok bus Mulyo Indah dengan body Jetbus Travego garapan karoseri Adiputro.. *ngarepnya sih Adiputro Jetbus HD2 Setra ๐Ÿ˜† tapi tak apalah yang penting bisa ke jakarta dengan nyaman.. ๐Ÿ˜€ nggak sempet banyak foto-foto karena sudah banyak penumpang dan bus akan berangkat..

bus PO Mulyo Indah kelas VIP Yogya ke Jakarta (13)

naik ke bus yang langsung dilihat adalah di belakang, eh ada toiletnya.. lumayan.. nggak selalu terpakai, tapi berhubung nbsusanto memperkirakan jalanan cukup padat karena arus balik maka toilet akan jadi nilai tambah, jaga-jaga kalo perjalanan lebih dari 15 jam.. di dalam bus ada TV berukuran besar dan antena yang dalam perjalanan malam itu tak sekalipun dinyalakan..

bus PO Mulyo Indah kelas VIP Yogya ke Jakarta (6)

standar bus masa kini, jok sudah reclining seat.. oya, seperti hasil nbsusanto gugling sebelumnya, di kelas VIP pun sudah ada sandaran kaki dan selimut.. waiki.. lumayan.. walau saat nbsusanto coba kok sandaran kaki selalu turun.. lama ngutak atik akhirnya ketemu ada sebatang besi di tengah bawah yang harus diatur.. ooo, jadi cuma ada opsi sandaran kaki naik tanpa bisa diatur ketinggiannya.. berhubung nbsusanto bawa ransel, jadi tak terpakai itu sandaran kaki.. sayangnya sih posisi kepala tak senyaman saat naik Sinar Jaya kemarin.. ๐Ÿ™„

bus PO Mulyo Indah kelas VIP Yogya ke Jakarta (1)

ngomongin tentang kaki, ruang kaki cukup lega lho! ditaruh tas ransel dan kaki masih di posisi yang nyaman.. cuma nggak ada tempat seperti saku di jok di depannya untuk sekadar naruh air minum atau apapun..

bus pun berjalan menyusuri jalan bantul kemudian belok ke kanan di perempatan masjid agung bantul.. begitulah jalur bus AKAP kalo lewat bantul.. hingga sampai di pertigaan jalan srandakan.. ternyata sopir belum paham jalur tersebut.. kondektur pun mengarahkan belok kiri untuk menuju terminal palbapang yang ada di timur pertigaan di sisi utara jalan.. menaikkan beberapa penumpang dan bus keluar dari terminal.. eh sopir kok mengarahkan ke kiri kemudian dikoreksi oleh kondektur untuk belok kanan sambil berucap “nek ngiwo bali ning jogja meneh”, ya mungkin karena sebelumnya sopir tersebut belum pernah lewat jalan ini.. ๐Ÿ™„

terus melaju ke barat dan merasakan jalan agak bergelombang dari Galur-Toyan.. terdengar suara “kriet kriet” dan dari rebound suspensi nbsusanto bisa menyimpulkan kalo bus ini tidak menggunakan suspensi udara.. walau begitu, masih nyaman lhawong nyatanya nbsusanto langsung terlelap dari Toyan dan bangun sudah jam 20.40 saat hampir masuk terminal Purworejo.. :mrgreen: masuk terminal purworejo hanya untuk bayar retribusi.. alhamdulillah malam itu jalanan cukup lancar, sudah tak ada lagi perbaikan jalan seperti perjalanan sebelumnya.. lha wis ganti taun je! ๐Ÿ™„ bus pun kembali melaju hingga berhenti di terminal kebumen untuk menaikkan penumpang terakhir kemudian melanjutkan perjalanan..

bus PO Mulyo Indah kelas VIP Yogya ke Jakarta (7)

sekitar jam 22.15 bus berhenti rest area rumah makan Grafika Banyumas.. pertama aras-arasen mau turun, diniatkan untuk foto-foto saja.. termasuk salah satu foto bagian sopir ini.. menampakkan bahwa bus ini menggunakan mesin dan sasis Mercedes Benz, mbuh serinya apa.. ๐Ÿ™„

eh pas turun pak kondektur bilang kalo ada servis makan di rumah makan ini dengan menunjukkan tiket bus dari agen.. kalo begitu ya mending makan saja, toh nggak keluar duit lagi.. daripada kelaparan.. masih berfikiran bahwa jalan nanti akan padat.. :mrgreen:

bus PO Mulyo Indah kelas VIP Yogya ke Jakarta (9)

ambil makanannya prasmanan, kecuali daging ayam disendokkan oleh petugasnya.. wajar sih agar semua kebagian karena tidak ada yang ambil secara serakah.. menunya cukup standar sih, ada sop serta tahu dan krupuk.. disediakan pula segelas teh..

bus PO Mulyo Indah kelas VIP Yogya ke Jakarta (8)

mari makan.. seperti biasa ambil nasi cukup banyak, bawaan mahasiswa masih ada saja.. :mrgreen: nah, kalo dirasakan rasa lauknya ternyata enak.. rasa ayam dan tahu pas di lidah nbsusanto.. ditambah kuah sop dan krupuk.. beh.. sedangkan rasa teh sendiri walau tidak pahit tapi tidak terlalu manis.. cuma kurang anget aja.. coba kalo anget, pasti lebih mantap.. ๐Ÿ™„

mungkin karena capek dan sudah tengah malam ya, selepas dari rumah makan nbsusanto pun terlelap lagi.. sempat bangun sebentar di jalanan yang naik turun dan berliku-liku sekitar Banyumas – Brebes.. yap lewat jalan itu seperti kebanyakan bus lain.. balik merem lagi.. eh kebangun pas sudah masuk tol.. sekitar jam 3 buka Sygic dan nampak bus berada di kawasan yang tidak ada di peta, nah pasti tol Cipali, maklum saja peta nya belum uptodate..

di sekitar karawang bus keluar tol dan menurunkan penumpang.. kemudian masuk lagi.. pun begitu di bekasi keluar dari tol untuk menurunkan penumpang.. balik masuk lagi.. kemudian berbelok ke selatan ke arah tol lingkar luar jakarta.. terus melaju hingga keluar di kawasan rambutan.. menurunkan penumpang di pondok gede.. nbsusanto pun buka peta, soalnya kayaknya ini sudah dekat dengan cawang, bahkan dibanding pasar rebo.. eh ndilalah setelah dari pondok gede ada penumpang minta diturunkan di jalan jakarta-bogor kawasan kampung tengah yang memang dilalui bus ini menuju pasar rebo.. ya sudah nbsusanto ikut turun sekalian saja.. biar hemat biaya menuju cawang.. :mrgreen:

bus PO Mulyo Indah kelas VIP Yogya ke Jakarta (11)

melihat ke jam.. 6.55 sudah keluar dari bus.. perjalanan memakan waktu 12,5 jam.. wih lumayan, padahal asumsi awal siang hari baru sampai jakarta.. padahal rasanya bus juga tak melaju terlalu kencang, eh mbuh ding lha wong banyak tidurnya.. :mrgreen: lanjut naik Grab Taxi yang insya Allah nbsusanto bahas di artikel mendatang..

PO Mulyo Indah.. 200 ribu untuk tiket VIP memang sepintas terasa mahal, namun mungkin ini memang khusus tarif arus mudik-balik, entah berapa tiket normalnya.. kenyamanan yang ditawarkan cukup bagus dengan sandaran kaki dan ruang kaki cukup lega, selimut lumayan untuk menyelimuti tangan walau malam itu setelan AC dinginnya bukan yang dingin banget.. servis makan di tempat yang bersih dan rasanya enak.. mungkin kalo misalnya tarif di hari normal 175 ribu worth it ya? ๐Ÿ˜€

sekian dan terima kasih.. ๐Ÿ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

20 Komentar

monggo tanggapannya.....