honda all new civic turbo, finally i met you!

assalamu’alaikum wr. wb..

gelaran IIMS di Jakarta International Expo kemaren menjadi saksi meluncurnya sebuah mobil yang namanya sudah melegenda di Indonesia.. tak salah lagi, hpm akhirnya merilis Honda All New Civic 1,5 VTEC Turbo.. menjadi menarik karena honda adalah sebuah pabrikan yang punya tradisi kuat di naturally aspirated (N/A)..

honda all new civic 1,5 vtec turbo (8)

namun akhirnya honda luluh juga.. maklum saja perkembangan di beberapa pabrikan lain lebih memilih penggunaan mesin berkapasitas kecil ditambah turbo sehingga penggunaan BBM irit namun tenaga yang dikeluarkan tetaplah besar.. lagipula keluarnya civic turbo ini juga menjadi harapan baru bagi penggemarnya setelah di generasi sebelumnya Civic FB tidak semenarik pendahulunya yang jadi favorit banyak orang, yap Civic FD!

honda all new civic 1,5 vtec turbo (3)

yeah tampilan depan honda civic turbo.. sebenernya ada 2 kali foto dari depan, sayangnya yg 1 nggak fokus.. baiklah yang ini saja dibahas.. desain solid wing face honda pun diadopsi di all new civic turbo ini, termasuk adanya bagian berwarna chrome.. nah desain headlamp berbeda dengan pendahulunya, dimana jika civic FD menggunakan multireflektor, di civic FB menggunakan proyektor, nah di civic 1,5 L ES ini menggunakan headlamp LED yang dilengkapi DRL.. mengingatkan pada honda vario saja.. :mrgreen:  oya kalo tidak salah model wiper normal arahnya sama, tidak seperti civic fb dan fd yang wiper kanan kiri berlawanan arah..

honda all new civic 1,5 vtec turbo (2)

tampak samping dari honda all new civic turbo.. hampir semua mode sedan mungkin sama saja, hanya beda di detail saja.. nah terlihat civic ini menggunakan antena shark fin yang menyatu dengan desain keseluruhan.. oya, yang menarik bagi nbsusanto adalah adanya lampu di dekat roda depan.. apakah itu sein atau apa ya? sayangnya di pameran tak sempat melihat saat sein menyala.. gimana lagi nggak dikasih kunci mobilnya.. :mrgreen:

honda all new civic 1,5 vtec turbo (5)

nah ini tampak belakang civic turbo.. cukup manis juga nggak ada permainan chrome, ya setidaknya masih proporsional lah walau kalo boleh jujur, ini subyektif ya, masih kalah sexy dari buritan civic FD meskipun lebih agresif dari civic FB, apalagi terlihat dua lubang knalpot.. yang tertempel juga minimalis, cuma logo H, tulisan Civic serta tulisan VTEC Turbo.. tulisannya vtec lho ya bukan i-vtec..

honda all new civic 1,5 vtec turbo (4)

sementara itu di sektor kaki-kaki, civic mempertahankan tradisi velg ring 17 nya.. kali ini velg alloy palang 5 tersebut dibalut dengan ban yokohama berukuran 215/50.. sektor pengereman untuk depan menggunakan ventilated disc dan belakang solid saja, tentu dilengkapi teknologi ABS, EBD, BA, serta brake override system.. sedangkan suspensi menggunakan MacPherson Strut di depan dan Multi Link di belakang..

honda all new civic 1,5 vtec turbo (21)

yuk masuk.. sudah sepantasnya sedan 475 juta ini dipenuhi berbagai tombol.. salah satunya adalah engine start stop button.. kemudian pengaturan jok juga tentunya sudah elektrik.. nah karena civic ini matic, maka selain 2 pedal untuk kaki kanan disediakan footrest untuk kaki kiri biar nggak pegel..

honda all new civic 1,5 vtec turbo (14)

inilah dashboard civic turbo.. terlihatlah kalo khas honda, driver oriented dimana HU sedikit serong ke arah pengemudi, padahal di stir sudah ada beberapa tombol.. oya model ac tentu saja sudah digital dengan headunit touchscreen 7″ yang mampu untuk navigasi, memutar CD/DVD, MP3/WMA, AM/FM Radio, kemudian ada port HDMI, USB, serta wireless smart connection untuk bluetooth dan WiFi tethering..  oya tuas transmisi bisa dipindah pada posisi P, R, N, D, dan S.. terdapat juga tombol ECON, brake hold serta tombol rem parkir elektronik, yang mungkin bagi sebagian orang malah kurang menyenangkan.. oya tentu saja terdapat tweeter di pintu depan sehingga audio lebih berwarna..

honda all new civic 1,5 vtec turbo (23)

ini lho stirnya honda civic turbo.. bahannya nyaman digenggam dengan berbagai tombol pengatur audio, angkat telpon, cruise crontrol serta tentu saja paddle shift untuk perpindahan gear imajiner CVT nya.. tentu saja memiliki pengaturan tilt dan telescopic steer.. oya, stir ini menyambung pada teknologi EPS dengan dual pinion..

honda all new civic 1,5 vtec turbo (25)

tampilan clustermeter yang sayangnya tidak dalam keadaan menyala.. namun nbsusanto coba cari gambar di google dan membandingkannya.. satu hal yang pasti berubah adalah pada civic turbo ini speedometer dalam satu bagian dengan cluster lain, seperti pada mobil pada umumnya, berbeda dengan civic fb dan fd yang speedometernya terpisah dan terkesan unik.. ya setidaknya sekarang MID tentu saja ada, lha wong di generasi fb saja sudah ada kok..

nah di baris kedua ini disaluri ventilasi ac dari sisi tengah.. kemudian jok di baris kedua jika tidak diisi 3 orang dapat menurunkan separator kanan kiri yang selain bisa untuk sandaran tangan juga bisa untuk menaruh 2 botol minuman.. sayangnya, menurut nbsusanto, desain sandaran tengah ini gimana, tanggung, lha bagian belakangnya nggak nempel bawah tapi sisi depan nempel bawah, kayak kurang kuat dan kurang sedap dipandang mata.. subyektif sih..

honda all new civic 1,5 vtec turbo (12)

bagasi honda civic turbo.. tak ada yang spesial.. untuk membuka pun tidak hidrolis yang otomatis itu.. ya kalo kapasitasnya compact sedan tak akan beda jauh juga..

honda all new civic 1,5 vtec turbo (10)

beralih ke kap mesin.. bagian yang membuat nbsusanto penasaran, akan seperti apa rumah keong turbonya, apakah menonjol dengan warna menarik? sayangnya tidak.. entah dimana turbo itu bersembunyi.. kemaren bersama beberapa pengunjung sempat mencari-cari dimanakah turbo berada hingga akhirnya tanya sales dan katanya ada di sisi bawah.. entahlah mosok tidak ditampilkan, padahal lumayan lho kalo keliatan.. ah sudahlah.. kalo mesinnya  4 silinder segaris dengan kapasitas mesin 1500 cc 16 katup berteknologi VTEC DOHC + dbw tentu saja dilengkapi turbo.. cukup menarik karena di pendahulunya yang 1800 cc berteknologi i-Vtec SOHC.. ada apa gerangan honda kembali menggunakan vtec nya bukan i-vtec? mesin ini diklaim mampu memuntahkan tenaga puncak 173 PS pada 5500 rpm, melonjak jauh bahkan dibanding versi 2000 cc yang mempunyai tenaga 155 PS.. sementara itu torsi maksimum diklaim mencapai 220 N.m pada rentang putaran mesin 1700 hingga 5500 rpm.. wih harusnya menyenangkan.. oya, kalo transmisi seperti honda masa kini yang lain, menggunakan matic CVT, nah di civic ini mengadopsi teknologi earth dream dengan rentang rasio 2,645 – 0,405 dengan 5 tingkat percepatan..

nah itulah honda all new civic turbo 1,5L ES VTEC yang cukup banyak berubah dari pendahulunya.. entah akan seperti generasi lawas hingga FD yang legendaris atau seperti seri FB yang banyak disayangkan oleh penggemar civic? yang pasti sih bagi sebagian orang katanya CVT sensasinya tak semenyenangkan matic konvensional apalagi manual.. tapi nanti bbm nya jadi berapa ya konsumsinya? time will tell lah.. musuhnya dengan harga segini dan turbo ya ford focus terbaru.. 😀

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

24 Komentar

      • bukannya yg city Z itu sohc vtec asli kayak di D15 jdm sedang Ferio lokal itu vtec cuma ditulisnya Vtec doang. tenaga dibrosur ferio 125hp sedang city z 115hp cuma karena city lebih pendek dan enteng jadilah serasa lebih kenceng… tapi entahlah sekarang punyanya honda 1 silinder dan dulu masih jamannya honda 12 valve (jaman wonder belum kenal vtec) :mrgreen:

        • nggak tau sih.. soalnya di beberapa diskusi katanya mending pilih ferio dibanding city z kalo liat harga.. cuma memang sih honda selalu punya mesin menyenangkan.. 😀
          wahahaha legendaris itu.. 😀

monggo tanggapannya.....