test ride Satria FU FI, belalang injeksi dengan hentakan menyenangkan

assalamu’alaikum wr. wb..

masih dari kawasan bekasi, lha gimana cuma mau liat liat dan foto-foto satria fu fi, pas minta ijin pinjem kunci untuk foto bagian speedometer malah ditawari test ride kalo mau.. kesempatan datang itu nggak memungkinkan untuk ditolak.. ayo! 😆

suzuki new satria fu fi injeksi 2016 (19)

memang medan test ride yang tersedia tak luas dan tak panjang, standar lah ya untuk event test ride.. namun setidaknya untuk first impression riding bisa lah.. fokusnya sih bisa di bagian akselerasi, rem serta sedikit manuver yang lazim dilakukan..

dari posisi duduk tentu saja ayago punya ciri khas sendiri, kalo dibilang nyaman ya bukan untuk jarak jauh, untuk harian masih lumayan walau kalo bawa motor kopling dan ergonomi ala ayago di kota yang macet kurang nyaman, walau itu tergantung kebiasaan dan postur tubuh..

suzuki new satria fu fi injeksi 2016 (1)

coba dinyalakan.. electric starter dengan enteng sudah membuat mesin bangun dari tidurnya.. iseng dimatiin dan genjot dengan kickstarter, namanya perbandingan kompresi 11,5:1 tentu saja berat, andai tak ada decompressor tentu kalo mbalik kena kaki pasti sakit seperti GL jaman dulu.. 😆

oke mari digas.. kita coba buktikan bagaimana kemampuan mesin suzuki satria FU injeksi yang diklaim memiliki tenaga maksimum 13,6 kW pada 10000 rpm dan torsi puncak 13,8 Nm pada 8500 rpm ini..

tarikan awal suzuki satria fi memang galak, namun menurut nbsusanto hal tersebut bukan sesuatu yang istimewa mengingat ayago ya harusnya begini.. nah ketika pindah ke gear yang lebih tinggi baru terasa menyenangkan.. yap hentakannya masih terasa! gemblung tenan memang luapan tenaganya.. tapi sayangnya cuma mentok njajal di gear 3 karena terbatasnya area test ride.. jujur nbsusanto masih penasaran juga dengan gear lebih tinggi lagi apakah masik nyentak atau sudah mulai datar, mengingat pesen dari bagian test ride suzuki untuk “jangan pelan-pelan”.. lah mau dibawa kenceng di rpm atas jalanannya nggak memungkinkan.. :mrgreen:

suzuki new satria fu fi injeksi 2016 (16)

menyoal rem.. kaliper bybre di depan sangat bisa diandalkan.. seperti saat ngetes sonic dulu, nbsusanto nggak sempet menggunakan rem belakang sama sekali.. cukup rem depan sudah mampu menghentikan laju saat harus bermanuver.. jinise memang sukanya pake rem depan doang kecuali lama nggak mengendarai motor sih.. jadi ya itu, sayangnya nggak bisa memberi testimoni kaliper belakang tokico satria fu.. kalo kata si adit sih rem belakang juga pakem banget, terlalu pakem malah.. 🙄 saat berhenti dan dinetralkan juga gampang, langsung bisa netral nggak ada masalah! well..

soal handling.. suzuki satria fu fi injeksi ini menurut nbsusanto tak ada gejala melawan keinginan, ya meskipun cuma manuver standar saja sih, nggak ada cone untuk meliuk-liuk.. toh memangnya saat dipakai harian mau manuver meliuk-liuk terus? yang ada malah membahayakan diri sendiri dan orang lain bukan.. 🙄

jadi kalo menurut nbsusanto, racikan terbaru suzuki ini memang tak main main.. tenaga diklaim meningkat dibanding pendahulunya dan hentakannya menyenangkan.. untuk fitur juga meningkat.. namun masih penasaran bagaimana satria fu injeksi diajak berkitir di putaran tinggi dan bagaimana konsumsi bbmnya walau diklaim mencapai 50 km per liter.. mengenai klaim konsumsi bbm kalo nbsisanto boleh pesen ya realistis aja sih.. untuk 150 cc dibawa non eco-riding ala nbsusanto, biasanya lebih boros dibanding orang lain ngetes, bisa tembus 40 km per liter sudah cukup.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

11 Komentar

monggo tanggapannya.....