nabung di bank? kepotong banyak jika saldo antara 7,5-9,375 juta

assalamu’alaikum wr. wb..

bahas tabungan lagi ah.. mumpung lagi rada selo sempet bikin itung-itungan.. kepikiran bikin artikel ini gara-gara adanya pajak untuk bunga bank setelah sebelumnya nulis artikel saldo minimum beberapa bank lokal agar tidak berkurang.. nah, ternyata ada nominal tertentu yang cukup merugikan jika menabung.. berikut coba nbsusanto bahas..

bank indonesia yogyakarta

menurut peraturan direktorat jenderal pajak kementerian keuangan seperti yang tercantum disini, pajak atas bunga tabungan diberlakukan hanya untuk saldo lebih dari Rp 7.500.000 dengan besaran 20%.. nah otomatis jika coba dihitung, bunga bank dikurangi pajak 20% untuk tabungan sebesar 7,55 juta lebih kecil dibanding tabungan 7,45 juta bukan? berikut skema perhitungan yang nbsusanto susun dengan acuan bunga bank dari 4 besar bank di indonesia..

saldo tabungan merugikan karena pajak

silakan klik untuk memperbesar.. untuk memperjelas, bunga tak dikenai pajak pada kolom kedua setiap bank dan hanya berlaku hingga saldo 7,5 juta rupiah saja, untuk nilai tabungan di atas 7,5 juta rupiah mulai berlaku tabungan kena pajak seperti tertulis dalam kolom ketiga setiap bank..

walaupun besarannya berbeda tapi terlihat bahwa untuk nilai tabungan sebesar 7,5 juta hingga 9,375 juta berada dalam warna merah karena bunga yang didapatkan setelah dikurangi pajak tak sebesar bunga saat tabungan hampir 7,5 juta rupiah.. kenapa hal ini terjadi? jawabannya adalah untuk mendapatkan bunga yang sama dengan saldo 7,5 juta perlu menambah tabungan yang jika dikurangi 20% minimal sebesar 7,5 juta rupiah.. ibaratnya 7,5 juta hanya 80% dari nominal yang harus ada, maka jawabannya adalah 100/80 x 7,5 juta = 9,375 juta..

jadi kalo menurut nbsusanto jika di rekening ada uang 7,5 juta rupiah kemudian punya cash 1,5 juta rupiah yang mau ditabung, mending tunggu saja cashnya kalo ditambah saldo di rekening melebihi angka 9,375 daripada kepotongnya nanti malah semakin banyak dibanding jika 7,5 juta.. πŸ™„

ribet ya? ngapain sih harus ngitung seperti ini? jawaban nbsusanto seperti di paragraf pertama, ini karena iseng.. kalo salah monggo dikoreksi.. πŸ˜€ oh ya, iniΒ cuma memberi sedikit pencerahan bagi yang punya pertanyaan kenapa malah banyak kepotong di saat saldo segitu.. maklum bagi orang awam ngiranya kalo tabungan lebih banyak maka tambahan dari bunga semakin banyak.. πŸ™„

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

23 Komentar

  1. saya dapat info juga ternyata banyak bank yang menerapkan pemotongan tiap transaksi yang tidak disadari oleh nasabah misalnya cek saldo atau ambil uang, dan konon pemotongannya tidak langsung dipotong saat itu seperti transfer, tetapi baru dipotong pada bulan berikutnya, semakin banyak transaksi ya semakin besar angka potongan meskipun hanya sekedar mengecek saldo, entah info itu benar atau tidak πŸ˜€

    • woh, itu di bank apa kang? atau tabungan tertentu yang memang ada batas maksimal transaksi per bulan? seperti jenis tabunganku di beberapa bank jika sudah melebihi berapa kali transaksi kena charge.. tapi nggak tau juga ding, selama ini juga nggak banyak transaksi bulanan.. lha semakin tekor kalo gitu caranya..

monggo tanggapannya.....