mandiri e-money, ketika uang cash semakin jarang digunakan

assalamu’alaikum wr. wb..

kemarin sudah membahas transjakarta dan krl commuter line jakarta.. saat naik kedua moda tersebut nbsusanto pake e-money dan tidak menggunakan uang tunai, kecuali pertama kali beli e-money di halte transjakarta sih.. 🙄 nah di artikel ini nbsusanto coba membahas e-money..

kartu uang elektronik bank mandiri e-money (1)

awalnya sudah kepikiran kayaknya di jakarta butuh e-money.. tapi selalu ditunda beli hingga akhirnya pas sampe di jakarta mau naik transjakarta butuh juga.. daripada nebeng temen nggak enak.. pilihannya banyak sih, ada mandiri e-money, bni tapcash, brizzi, bca flazz ataupun jakcard bank dki..

kartu uang elektronik bank mandiri e-money (2)

berhubung punyanya atm mandiri, dengan pertimbangan gampang top up nya, akhirnya ditebuslah kartu mandiri e-money dengan harga 40 ribu termasuk saldo 20 ribu.. di paket penjualan ada kartu e-money, buku panduan dan nota pembayaran pengisian saldo..

image
merchant e-money dari website bank mandiri

ada buku panduan memang seharusnya dibaca.. dan dari situ nbsusanto jadi tau kalo e-money bisa digunakan untuk bayar transjakarta, transjogja, krl, tol via gto, alfamart, indomaret, alfamidi dan lain-lain.. lumayan lah.. apalagi tak ada masa kadaluarsa, jadi kalo misal lama nggak dipakai ya nggak papa.. saldo maksimum juga satu juta rupiah.. toh ngapain diisi banyak banyak kalo jarang dipakai.. :mrgreen:

dolan naik transjakarta busway (1)

oke balik lagi.. memang adanya e-money cukup memudahkan, salah satunya pas mau naik krl.. di saat orang antri beli tiket, pemilik e-money dan sebangsanya bisa melenggang ke gate in setelah aktivasi.. tinggal tap dan tercatat di server untuk nanti terpotong saat gate out.. bahkan kalo naik TJ cukup tap di awal.. mempersingkat waktu sih.. 🙄

image

nah kemarin juga nbsusanto coba isi ulang e-money di atm mandiri yang ada e-money readernya.. katanga temen minimal 50 ribu, tapi seingat nbsusanto minimal 20 ribu, baiklah dibuktikan.. masukkan atm, pin, kemudian pilih uang elektroni, e-money.. memang di awal pilihan minimal 50 ribu, tapi ada pilihan nominal lain, nbsusanto coba pilih dan isikan 20 ribu.. ternyata bisa.. pasang e-money dan keluarlah struk seperti gambar di atas.. lumayan bisa buat jalan-jalan lagi.. 🙄

bayar indomaret dengan e-money

kemaren pas dolan ke sekitaran monas ada juga mesin penjual minuman yang menggunakan e-money.. sayangnya sih nggak sempet foto, kalo mau beli pun eman-eman.. 🙄 nbsusato juga sudah nyoba untuk beli di indomaret pake e-money.. maklum males ngeluarin uang cash dan nunggu kembalian.. ternyata gampang juga tinggal tap bisa bayar dan keluar bukti pembayaran via mesin EDC yang tersambung dengan readernya.. :mrgreen:

image

nah, adanya uang elektronik ini salah satu tujuannya adalah untuk mempermudah.. tanpa perlu pin atau tanda tangan bisa bertransaksi.. yang perlu diperhatikan tentu saja karena tak ada konfirmasi jangan sampe tap lebih dari sekali agar tidak dua kali terpotong.. juga jangan sampai rusak apalagi hilang.. nanti saldonya juga bablas tak bisa diklaim.. ada guyonan lain juga, kalo sistem sedang offline atau gangguan dan nggak bawa uang tunai, nanti nggak bisa transaksi apa apa lho walau cuma beli minuman ringan di minimarket! :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

21 Komentar

  1. kayanya emang perlu ni sekarang apalagi buat yg sering masuk tol, yang bayar pakai cash udah kaya anak tiri pada antri mirip antri sembako sedangkan yang pakai gto kosong melompong 🙂

    Ngomong2 kalau isi di atm saldonya langsung update ya mas?
    kalau isi via sms banking kan harus di gesek lagi di mesin edc

    • hahaha.. memang begitu mas.. pintu tol model GTO diperbanyak dan manual semakin sedikit padahal orang yang belum ber e-money masih banyak.. secara nggak langsung dipaksa untuk pake e-money..

      langsung update mas soalnya di ATM kan ada utk peletakan e-money yang diisi itu.. malah saya belum pernah isi selain di ATM.. :mrgreen:

  2. bro, klo bayar barang di indomaret pake emoney mandiri, ada batas pembayarnya gak? misal cuma beli air mineral seharga 3000 trus dibayar pake emoney bisa gak?

    • iya mbak selama masih di kota besar masih bermanfaat dan praktis kok.. nah untuk ngantisipasi ilang sih isi saldo nggak pernah banyak mbak, cuma untuk keperluan jangka pendek aja, kalo butuh agak besar baru diisi dulu.. :mrgreen:

  3. Wah bener, e-money ning jakarta kanggo banget hehe apa2 dadi praktis. Tapi ning daerah rodo useless mas wkwk, soale ora kabeh merchant duwe reader e. Dan kadang2 nek tuku go e-money ning indomaret, ana nilai transaksi minimal, padahal kan kudune ga ono. Oh yaa, e-money iso go mbayar transjogja ga ya?penasaran aku wkwk

    • iyo sih apalagi di daerah sik jarang duwe ngenean, mereka juga mikir ngapain ndadak nyediakne reader wkwkwk..
      weh minimale piro? aku pernah nggo tuku pasta gigi kui sih, niatku jaga-jaga nek nominal elek daripada enek pertanyaan disumbangke wkwkwk..
      e-money m*ndiri iso nek ning tulisane.. transjogja, batik solo.. jajal wae sih nek duwe.. :mrgreen:

monggo tanggapannya.....