naik Sugeng Rahayu Golden Star Cilacap-Jogja-Surabaya.. ehm..

assalamu’alaikum wr. wb..

sumber group.. bagi warga sekitar jogja-surabaya siapa yang tak kenal perusahaan ini? dengan armada Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu ATB, sebelumnya bernama Sumber Kencono, mereka adalah penguasa jalur jogja-surabaya bersama duo Eka Mira.. bedanya, Eka punya armada kelas Cepat dari dulu, sedangkan dari sumber group belum ada.. namun semua berubah sejak tahun kemaren, sumber group meluncurkan armada kelas cepat dengan nama Sugeng Rahayu Golden Star, yap mengambil nama divisi pariwisatanya..

Sugeng Rahayu Golden Star Cepat Laksana All New Legacy Skybus W 7147 UZ

yak, dengan armada baru Adiputro Jetbus 2+ HD Setra dan Laksana All New Legacy Sky SR-1, SRGS memberikan pilihan bis Cepat.. apalagi pemilihan warna dan liverynya walau cukup rame kesannya nggak norak dan menarik banget.. lhawong adek nbsusanto saja di jalan melihat bis ini dari depan penasaran bis apa ini kok apik, setelah baca ternyata ya sugeng rahayu cepat ini.. nah tak tanggung-tanggung dengan rute sumbergroup ATB, bahkan rute diperpanjang hingga Cilacap dan Purwokerto, yang juga jadi trayek anyarnya Eka.. semakin berdarah-darah lah laga jogja ke barat.. yang pasti Eka pun menggunakan armada terbaru Morodadi Prima All New Grand Tourismo yang merupakan karoseri langganan dan bahkan sampai memesan ke Adiputro berupa Jetbus 2 HD Travego dan Jetbus 2+ HD Setra.. maklum saja sebelumnya sudah ada Efisiensi yang saat itu sudah menggunakan Adiputro Jetbus 3 Set dan pada akhirnya yang fenomenal Efisiensi memesan Adiputro Jetbus SHD Setra.. well..

dulu terakhir kali wira wiri surabaya bungurasih, udah niat mau naik si golden star nunggu di jalur jogja nggak muncul, akhirnya naik eka, eh di jalur cilacap 2 ekor SRGS sedang antri keluar.. asem.. sampe sekarang belum kesampaian naik..

akhir bulan lalu ibuk, budhe dan pakdhe nbsusanto mendadak harus ke surabaya karena ada keperluan penting.. nbsusanto pun antarkan ke giwangan, awalnya cuma diminta nganter sampai parkiran tapi karena tanggung dan udah janji ke ponakan yang nbsusanto ajak untuk nonton bis balap dan bis apik, kalo ada.. :mrgreen: ya sudah masuk dan melangkah ke tempat berhenti bus surabaya.. nah yang tersedia SRGS dan Eka di belakang, awalnya pakdhe bilang naik Eka saja karena sudah biasa, namun nbsusanto bilang Sugeng Rahayu Golden Star juga eksekutif sama dengan Eka, walaupun tau sendiri bis jawatimur ngambil penumpang di jalan kalo solo ke timur, akhirnya beliau bertiga pun masuk Sugeng Rahayu Golden Star Patas.. nbsusanto pun minta ibuk untuk cerita bagaimana pengalaman naik Sugeng Rahayu Cepat..

meninggalkan terminal giwangan jam 13.10, ya nbsusanto sih sempat masuk untuk memastikan semua dapat tempat duduk dan bawain barang, kesannya interior apik tenan! ya mirip-miriplah dengan Laksana Legacy Sky PO Sinar Jaya kelas Eksekutif dengan lampu led nya, meskipun memang tak semewah efisiensi yang tiap kursi ada layarnya.. nilai plus lain adalah ada toiletnya meskipun bukan suatu keharusan untuk jalur 350an km dengan sekali berhenti, setidaknya kalo kebelet lumayan lah.. :mrgreen:

ibuk bilang ada suara dagdug di bus, nbsusanto penasaran suara apa ya? pakdhe yang tanya ke kernetnya pun hanya dibalas senyuman, mosok bis anyar wis berisik? tapi nggak heran juga sih ini sudah berapa ratus kali PP surabaya-cilacap dengan jalur selatan yang memang banyak bonusnya.. kalo AC nya? jelas anyep!

sekitar jam 18.00 ibuk sms lagi “jebul bis eka ning ngarep mepet terus ki”, kalo dirunut sudah 4 jam berarti sekitar ngawi.. hutan.. yak, nggak heran kalo mereka balapan! begitulah bus jawatimuran, ATB maupun Cepat bisa saja terlibat balapan, jadi inget pas ke madura kemaren, tiba-tiba diblong sumber selamat dan sugeng rahayu golden star mengikutinya.. pun pertama kali naik eka yang nempel sumber selamat/sugeng rahayu atb dan begitu selo langsung diselip tanpa ampun.. 🙄

setelah melalui kota madiun seperti bus ATB, tidak seperti eka yang lewat karangjati dan lebih dekat, sekitar jam 7 bus sudah di kawasan caruban.. artinya adalah waktu istirahat.. yap, sugeng rahayu golden star berhenti di rumah makan Caruban untuk mempersilakan penumpangnya mengambil jatah makan yang sudah termasuk harga tiket bus.. model makannya adalah prasmanan yang kata ibuk menunya berupa sop, mi kuning, telur goreng dan bakwan.. cukuplah untuk ngganjel perut..

perjalanan pun berlanjut.. menurut ibuk, sopir W 7147 UZ bawa bus nya cukup halus, terbukti bahwa ibuk, budhe dan pakdhe bisa sampe terlelap hingga bangun-bangun sudah hampir masuk terminal bungurasih, padahal rencananya turun sebelum bungur walau belum sempet ngomong detail turun ke kernetnya, ya sudah gimana lagi.. :mrgreen: tercatat masuk terminal bungurasih dalam waktu 10 jam perjalanan.. lama ya? nbsusanto paling lama dulu 9 jam, eh tapi ini startnya masih siang banget dan hari sabtu, ya nggak heran makan waktu 10 jam, apalagi nbsusanto bandinginnya dengan 6 bulan sebelumnya, ya beda karena jalanan tambah padet.. :mrgreen:

minjem gambarnya lek dipo aluvimoto.com
minjem gambarnya lek dipo aluvimoto.com

overall dari cerita keluarga yang bilang “bis e penak” dan merasa puas dengan perjalanannya, dapat nbsusanto simpulkan bahwa Sugeng Rahayu Golden Star Cepat memang nyaman dan memang jadi saingan berat PO Eka Cepat di kelas 2-2 bertuliskan eksekutif jogja-surabaya.. mengenai kecepatan tentu ngeblong walau kebetulan sopir cukup halus.. servis makan lumayan lah.. dengan harga 100 ribu untuk yogyakarta ke surabaya, persis dengan harga tiket PO eka, penumpang semakin diberi kebebasan memilih bus.. jawa timur.. ah, laga mantingan dan caruban memang ngangeni.. kapan bisa naik Sugeng Rahayu Patas dan merasakan slogan “travel with pleasure” nya ya? 🙄

oiya, pesen nbsusanto kalo mau dapet bis yang masih baru dan nyaman kalo dari terminal bungurasih lebih baik ke jurusan cilacap/purwokerto saja, baik sugeng rahayu golden star cepat maupun eka cepat yang tersedia disana biasanya armadanya lebih baru dibanding tujuan jogja magelang.. 🙄

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

34 Komentar

  1. Waaah morodadi prima gt keren juga ya mas haha. Saya ga pernah kepo apalagi naik bus selatan, tapi semenjak efisiensi ngeluarin double decker, eka ngeluarin morodadi prima, jadi penasaran -_-” semoga tahun ini bisa ngerasain naik bis deh. Amiin. Apalagi bis shd lagi marak. Hahaha

    • yup, paling suka desain bumper depannya, lebih cakep dibanding jetbus ataupun legacy sky..
      efisiensi SDD sih belum pasti bertarif berapa.. SHD nya juga udah di purwokerto dan cilacap.. ya oase lah dibandingin bis pantura semacam bejeu, nusantara atau raya yg dari dulu emang cakep.. :mrgreen:
      monggo mbak ngebis lagi.. asal jangan pas long weekend.. 😀

      • Kemarin saya liat Gunung Harta SHD mas. Duh bagus bener. Sayang bet kerjaannya cuma bisa liat dari belakang atau depan hahaha. Iya mas pingin bisa touring naik bus. Cuma temen-temen lebih suka kereta. Nanti deh dinekatin buat naik bus muriaan dulu sama Budiman BIC haha

        • iya mbak SHD nya GH cukup menarik perhatian.. cuma ya itu saya juga belum pernah masuk ke adiputro jetbus terbaru, apalagi yang SHD.. jadi mentok ya ngikutin doang sambil ngliatin.. :mrgreen:
          naik kereta lebih enak di waktu tempuh sih mbak, meskipun kalo jogja-surabaya masih pilih bus.. hahaha.. oya, armada Eka terbaru yang mirip SHD juga bisa jadi inceran buat dicoba mbak kalo udah ngeline normal dan ada trayek semarang setelah turun dari muriaan.. 😀

1 Trackback / Pingback

  1. dari jogja ke jakarta naik damri, nggak pake ribet | kankkunk - blognya nbsusanto

monggo tanggapannya.....