menjamah honda brv, sanggupkah menggulingkan rushter?

assalamu’alaikum wr. wb..

honda brv.. sebuah crossover 7 seater yang diciptakan untuk mengisi kelas yang tadinya hanya diisi oleh duo astra, ya tak salah lagi toyota rush dan daihatsu terios.. memang, meskipun dibilang mereka berdua adalah suv kurang tenaga tapi nyatanya cukup laris karena tampilan besar dan bisa diajak sedikit lebih offroad dibanding mpv dengan harga hampir sama.. nah, bagaimana brv ini? mumpung nbsusanto di pameran kemaren ketemu mari coba dilihat.. 😀

honda brv e cvt (28)

dari sudut ini terlihat seperti rush dan terios bukan? tampilan tinggi membulat dengan adanya roofrail membuatnya dapat dipahami kalo sepintas orang awam dari sudut pandang ini akan mengira rushter..

honda brv e cvt (29)

kalo dari depan sih yang pasti terlihat adalah solid wing face honda dengan….. chrome.. ya itulah.. khas.. chrome ini dibatasi oleh headlamp proyektor.. di sisi bawah juga terdapat fog lamp.. ini sudah standar untuk semua varian.. nampak juga bagian spion sewarna body..

honda brv e cvt (16)

tampak samping honda brv.. nah ini yang unik.. depan seperti rushter walau kurang besar, tapi setengah ke belakang mobilio.. tambahannya di pijakan untuk naik seperti di terios.. untuk seri e cvt, handle door dilapis chrome.. spion juga sudah tertempel sein.. memang bedanya sih terlihat lebih tinggi dibanding mobilio..

honda brv e cvt (31)

sementara itu dari belakang ya mobilio banget.. lapisan chrome berada di atas dudukan plat nomor.. nah, bedanya dengan duo rushter adalah roda cadangan tidak digantung di belakang, katanya sih tren jaman sekarang banyak yang suka kalo tanpa konde.. selera sih.. bedanya dengan mobilio ya lebih tinggi.. tentunya sudah ada wiper belakang dan spoiler..

honda brv e cvt (17)

pada bagian kaki, brv ditopang oleh velg alloy 16″ yang dibalut ban berukuran 195/60 yang kebetulan waktu itu nbsusanto menemukan ada yang pake dunlop enasave dan bridgestone ecopia.. dua supplier untuk mengejar target produksi memang bukan hal yang aneh.. nah, sistem pengereman depan berupa cakram ventilated dan belakang masih tromol, dengan semua seri sudah mendapatkan ABS+EBD.. suspensi depan MacPherson dan belakang H-Shape Torsion Beam.. standar sih..

honda brv e cvt (22)

bagian dashboard simpel namun layak dipandang, yang akhirnya diadopsi juga oleh brio dan mobilio terbaru.. ac sudah digital dengan head unit double din untuk semua tipe, namun untuk seri S belum berlayar 6,1″, yang tentu saja sedikit mengarah ke pengemudi khas honda..  cukup lengkap support AM/FM Single Disc CD DVD MP3/WMA + USB Port + HDMI Port + Aux Input + Made for iPod/iPhone & Android.. tuas pemindah gear lurus khas honda dengan mode P, R, N, D, S untuk matic cvt 6 speed yang tidak menggunakan paddle shift.. oiya, untuk manual sudah 6 speed juga lho.. sementara itu di stir terdapat beberapa tombol kontrol audio sederhana..

honda brv e cvt (19)

untuk panel instrumen honda brv mempunyai tampilan yang ringkas dan proporsional.. tersedia speedometer di bagian tengah dan tachometer di sisi kiri yang masih berjarum, sementara itu indikator lain digital yang terangkum dalam MID nya.. masalah jarum atau digital memang lebih ke selera sih, kalo nbsusanto sendiri untuk tachometer lebih suka yang terlihat angka ribuan saja agar tidak mengganggu konsentrasi, mau berjarum seperti ini maupun digital bar.. kalo speedometer memang terkadang yang keluar angka dengan ketelitian sampe satuan lebih pede untuk pamer walau jarum sudah cukup.. 😀

untuk baris belakang tentu disediakan ac double blower yang bisa dikatakan sudah standar mobil 3 baris masa kini.. oya, mekanisme pelipatan kursi cukup mudah dengan sekali tarik tuas saja.. yang pasti jadi kelebihan brv dibanding rush dan terios adalah kursi baris ketiga yang sudah reclining seat.. meski begitu seberapa lega ruang kaki kalo nbsusanto pesen sih jangan berharap lebih.. untuk bagian kaca di baris ketiga untuk melihat sisi luar rasanya juga lebih sempit dari rushter.. begitu pula dengan ketebalan jok yang…. ah sudahlah…. mungkin setebal 2 bendel skripsi beserta lampirannya.. 😆

 honda brv e cvt (30)

bagasi adalah bagian yang cukup krusial untuk mobil di indonesia, dan tentu saja seperti biasa hampir semua honda memang selalu punya desain keleluasaan yang cukup lega, selain beberapa seri mobil tentunya.. untuk menaruh beberapa buah koper dan galon air minum jelas muat..

honda brv e cvt (18)

beralih ke bawah kap depan brv yang punya fitur bodi GCON+ACE dengan side impact beam dan tentu saja airbags.. sebongkah mesin 4 silinder sohc 16 katup berkapasitas 1500 cc dilengkapi teknologi i-vtec dan dbw dengan perbandingan kompresi 10,3:1 diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal 88 kW pada 6600 rpm dan torsi puncak 145 Nm pada 4600 rpm.. transmisinya cvt 6 speed dan manual 6 speed.. tak salah lagi, mesin ini berbasis mesin sejuta umat yang terpasang dengan beberapa penyesuaian di honda jazz, city, hrv, crz dan freed.. memang begitulah jaman sekarang, ya tentu cost produksi yang berkurang bukan, harusnya sih efeknya harganya juga nggak terlampau mahal.. 🙄

begitulah honda brv yang harga terendahnya 220an juta dan dihadapkan langsung dengan rush dan terios.. dengan modal brand serta beberapa fitur yang membuat rushter sampe keluar faceliftnya, kalo ditanya apakah mampu menggoyang duo astra? kalo menggerogoti sih jelas, namun ada beberapa poin yang ada dalam catatan nbsusanto.. ground clearance walaupun berupa mobilio yang ditinggikan tapi nampaknya masih lebih rendah dibanding duo rushter.. selain itu untuk penggerak roda, ini bukan memancing keributan lho ya, namun ekspektasi dari rushter itu berani diajak offroad ringan, kira-kira brv bakal manja atau malah lebih berani ya? kita tunggu saja apakah brv dapat meladeni eksistensi kedua pendahulunya di kelasnya ini atau tidak.. time will tell lah.. 😀

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

16 Komentar

  1. mas kalo SUV sama crossover bedanya apa ya? ehehe aku lupa. kukira rush sama terios itu SUV.

    menurutku mobil ini justru mirip sama nissan grand livina yang x-gear. haha mirip cuma lebih panjang. kalo model, aku kurang suka. lebih suka sama HRV. Jauh lebih manis dan cantik ahahaha #opinipribadi. buat ngalahin rush dan terios….menurutku si susah keknya. modelnya sedikit kurang lazim dan orang juga mungkin tergoda yang lain karena ada mobilio yang 7 seat meskipun beda kelas dan lebih murah. kalo mau mobil SUV, mending sekalian ambil HRV. kurasa honda terlalu ngeluarin banyak jenis di harga segitu meskipun beda kelas si. menurutku pribadi ya haha. aku juga ga paham kenapa toyota ngeluarin sienta.

    baidewei kakakku punya blog otomotif juga mas. autokritik.wordpress.com. mungkin bisa ditengok hahaha

    • mungkin definisi di https://vanzmotoblog.com/2013/01/11/suv-vs-crossover-bedanya-signifikan-loh/ bisa membantu mbak, dan memang sih kalo dari dasar itu yg bisa disebut SUV minimal kelas pajero/fortuner.. nah kalo yg gagah kekar mungkin gampangnya sik Jip sebutannya.. tapi ya itu sekarang seakan kabur dan tumpang tindih..

      nah memang mengingatkan pada livina x-gear, meskipun bedanya brv ditinggikan, tapi kalo diliat dari fitur memang keduanya mirip versi mpv dengan sedikit tambahan asesoris..

      ya itu gimanapun HRV memang lebih worth it meskipun yang 1,8 overprice kalo dibandingin Outlander.. hahaha..

      pemilihan BRV lebih ke mobil tinggi yg muat 7 orang sih meski memang cenderung susah mengalahkan rushter..

      sienta sebenernya cukup jelas sih buat ngladenin Freed, cuma ya itu nasibnya sukses atau seperti Nav-1 yg kurang laku.. hahaha..

      oke mbak makasih referensinya, nanti tak maen ke blognya.. 😀

    • nah kui lek, makane ketoke jik lebih tahan banting terios, tur fitur yo mergo harga di bawahnya.. nah, nek pilar A cen ampun, tak nggo medhun gunkid liwat panggang misuh-misuh dewe aku.. :mrgreen: tapi nek nggo laga antar kota jik lumayan sih.. 🙄

    • dari depan dan depan samping iya mas, kecuali di bagian chrome yang bikin tidak nyaman dipandang.. cuma belakangnya kalo yang belum pernah ketemu bisa bingung “ini mobilio kok tinggi” :mrgreen:

monggo tanggapannya.....