zero, motor unik bertenaga listrik

assalamu’alaikum wr. wb..

di gelaran iims lalu tentunya tak cuma motor dan mobil konvensional yang ditampilkan.. ada beberapa kendaraan unik yang sengaja didatangkan oleh dealer, salah satunya adalah zero motorcycles yang dibawa oleh garansindo.. unik karena motor ini tidak menggunakan bbm dan tenaganya berasal dari listrik.. kebetulan kok ya standnya nggak terlalu rame sehingga nbsusanto lumayan leluasa melihatnya..

zero ds motorcycles indonesia, si unik bertenaga listrik dari amrik (1)

bentuknya sepintas seperti motor berbahan bakar minyak pada umumnya, dengan ban yang beralur tahu tapi tidak sampai trail sih, mirip-mirip ban scrambler tunggangan sesepuh koboys, namun pake velg racing.. dari depan orang cuma penasaran, ini motor apa tanpa terbayang motor ini motor listrik..

zero ds motorcycles indonesia, si unik bertenaga listrik dari amrik (2)

konsekuensinya? ya nggak pake knalpot! emangnya lulus uji emisi? nanti kalo ada razia trus jawab apa kalo ditanya dimana knalpot standarnya? jawab aja, makanya pengetahuan jangan standar aja pak, internet dipake buat cari ilmu, kan udah ada hadits kalo menuntut ilmu dari bayi sampe mati kan pak? ha kok malah ceramah? 😆

zero ds motorcycles indonesia, si unik bertenaga listrik dari amrik (3)

jangan dianggap remeh lho.. gini gini bukan sembarang motor.. untuk seri DS tenaga maksimumnya mencapai 54 hp pada 4300 rpm dengan torsi 92 Nm! tarikan ganas khas bertenaga listrik.. cukuplah kalo ngladeni CB500F tanpa suara.. ya meskipun kalo di highway batrenya akan habis setelah menempuh 85 kilometer dan kemudian butuh dicharge selama 6,8 jam untuk mengisi baterai 9,8 kWh nya.. akan lebih jauh kalo rute kombinasi, unik ya? biasanya dibawa keluar kota lebih irit, ini malah lebih irit kalo di dalam kota.. 🙄

zero sr motorcycles indonesia, si unik bertenaga listrik dari amrik (7)

tenaga segitu masih kurang? tenang saja masih ada seri SR yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 67 hp pada 4000 rpm dan torsi 144 Nm.. beda sedikit tenaganya dengan ER6N walau torsi setara mobil 1500 cc.. nah di seri SR ini baterai yang digunakan berkapasitas 13 kWh sehingga diperkirakan mampu mencapai minimal 130 kilometer sebelum harus dicharge selama 8,9 jam.. malah lebih irit ya? ya tentunya harus ditebus lebih mahal.. 😆

zero fx motorcycles indonesia, si unik bertenaga listrik dari amrik (23)

mau yang unik? nih bodi trail.. ambil saja Zero FX.. tenaganya cuma 27 hp pada 3700 rpm dengan torsi 95 Nm! kurang ganas apa coba? tenaganya sih masih di atas KLX250, torsinya ya jelas jauh berkali-kali lipat di atasnya.. nggak tau gimana galaknya kalo dipakai offroad an.. eh sik-sik, kira-kira kalo di jalan berlumpur ada bagian yang perlu diperhatikan nggak ya? sayangnya sih untuk seri FX ini kapasitas batre hanya 3,3 kWh dan jarak tempuhnya minimal 27 km lah sebelum harus dicharge selama 4,7 jam.. 🙄

zero fx motorcycles indonesia, si unik bertenaga listrik dari amrik (26)

shock USD dan cakram depan belakang ber-ABS tentu sebuah standar.. nah di bawah joknya kopong, pake banget.. lha nggak ditutupi sampe tembus di seberang motor itu ada apa.. lha karena nggak banyak komponen mungkin ya.. lumayan bisa buat naruh jas hujan.. eh panas nggak sih mesinnya? lha kalo jas hujan meleleh kan nggak lucu.. :mrgreen:

zero fx motorcycles indonesia, si unik bertenaga listrik dari amrik (32)

tuh detail dekatnya.. sirip-sirip pendingin mesin listriknya.. eh nampak juga las-lasan cukup rapi.. ya nggak heran motor mahal kualitasnya harus dijaga dong ya, kan yang beli juga segmented..

zero ds motorcycles indonesia, si unik bertenaga listrik dari amrik (5)

nah lhoh tapi kok ada tangkinya? sayangnya sih kemaren nggak sempet eksplorasi bagian ini.. tapi kebetulan ardiantoyugo di tempat lain sempat melihat daleman tangki Zero SR yang ternyata sebuah bagasi.. lumayan buat nyimpen barang yang mungkin dibutuhkan sewaktu perjalanan.. mantablah, jadi keinget NC700X yang seperti tangki ternyata bagasi yang cukup diisi helm..

zero fx motorcycles indonesia, si unik bertenaga listrik dari amrik (29)

oya, penyalur tenaga dari mesin ke roda pun bukan menggunakan rantai, kalo tidak salah malah seperti belt.. wih, memang berani beda, padahal substitusi rantai di motor konvensional sampe sekarang masih diriset agar dapat optimal digunakan lho..

last apakah Zero ini jadi solusi yang layak untuk penghematan pemakaian BBM? kalo melihat harganya yang berada di kisaran 200 jutaan sih masih terlalu jauh ke arah itu.. lha dengan duit segitu sudah dapat moge 4 silinder 600 an cc merk jepang sih.. ya tinggal pilih mana, moge yang mengonsumsi bbm lumayan banyak tapi sensasi suaranya menggoda atau motor listrik bertorsi galak tanpa suara? kalo punya duit pun BBM bukan kendala yang besar dan beli motor aneh juga bukan hal yang janggal.. bebas! 😆

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

17 Komentar

monggo tanggapannya.....