jakarta-indramayu naek kereta tegal ekspres

assalamu’alaikum wr. wb..

dolan ke indramayu.. awalnya nggak kepikiran kesini.. tapi berhubung ada undangan resepsi seorang temen SMA dan kebetulan di long weekend itu nggak kebagian tiket kereta untuk PP jogja-jakarta ya dimantebkan ke indramayu saja.. bersama 2 orang teman lain dari jakarta berangkat menggunakan kereta tegal ekspress relasi stasiun pasar senen – tegal..

kereta tegal ekspres pasar senen tegal (1)

memang sih dari berbagai referensi dan ketersediaan tiket, yang paling masuk akal ya kereta tegal ekspres ini, gimana lagi bisa sampe tegal hanya dengan uang 50 ribu rupiah, tentu kalo bayar via channel kena charge.. tentu saja kereta ekonomi K3 livery kesepakatan airlines a.k.a selendang pecut yang kalo tidak salah pada saat itu ditarik oleh lokomotif CC 203.. cmiiw..

kereta tegal ekspres pasar senen tegal (4)

nah jadwalnya setiap hari berangkat dari stasiun pasar senen pada jam 7.45 pagi.. ideal sih nggak terlalu pagi maupun siang bagi yang jaraknya lumayan dari stasiun.. nah karena saat itu nbsusanto dan temen buta daerah indramayu maka tujuan kereta diamankan hingga cirebon prujakan, meskipun estimasinya bisa turun di jatibarang atau arjawinangun.. rapopo lah mbayare podo dan saat itu okupansi juga nggak pas penuh-penuhnya.. πŸ™„

kereta tegal ekspres pasar senen tegal (3)

nah namanya juga kereta ekonomi AC dengan PSO alias subsidi pemerintah.. jangan berharap lebih.. tetep berbeda dengan kereta-kereta ekonomi yang nbsusanto pernah naiki sebelumnya seperti gajahwong, bogowonto maupun krakatau.. yap konfigurasi kursinya 2-3, sehingga tiap nomor angka ada 5 huruf dan kapasitas 1 kereta. yang biasa disebut gerbong namun yang bener kereta, berkapasitas 106 orang.. wuakeh yo? untungnya sih bertiga jejer ABC jadi nggak mati gaya.. :mrgreen:

kereta pun berangkat.. meskipun ekonomi PSO untungnya sih setiap akselerasi dari berhenti nbsusanto bilang cukup halus untuk ukuran ekonomi.. ya jangan heran kalo suara dari rangkaian kereta cukup berisik meskipun nbsusanto bilang masih masuk akal.. kalo kondisi kursi ya sama saja tegak dan susah buat tidur nyaman.. tentu saja colokan tersedia serta meja kecil untuk menaruh minuman..

kereta tegal ekspres pasar senen tegal (2)

yang tentu saja menarik perhatian adalah kereta ini menggunakan AC split, ndilalah kok posisi anginnya pas di kursi nbsusanto.. awalnya sih nggak papa, tapi lama-lama adem ndes.. untungnya sih udah persiapan jaket jadi nggak sampe kedinginan seperti pas di taksaka dulu.. :mrgreen:

nah, kereta melaju dan mengalami keterlambatan.. apalagi di Stasiun Haurgeulis menurut Gapeka kereta berhenti selama lebih dari 30 menit, meskipun pada kenyataannya kalo nggak salah nggak selama itu mengingat sebelumnya sudah terlambat sehingga berangkat pun tidak lebih awal dari jadwal.. saat berhenti ini tegal ekspres mempersilakan beberapa kereta dengan prioritas lebih tinggi untuk melaluinya.. ya mau berekspektasi setinggi apa sih.. yang penting masih terasa nyaman kalo liat harganya.. :mrgreen:

dengan jadwal jam 13.19 masuk stasiun tegal, pukul 11 kereta tegal ekspres sudah memasuki stasiun jatibarang dan kami memutuskan turun disini karena sudah deket dengan rumah temen.. kalo di jadwalnya harusnya 10.47, ya berarti telat sekitar 12-13 menit saja.. sudah biasa kok, lha wong yang eksekutif aja masih bisa telat, jadi kepikiran pengatur jadwal kereta api pasti harus selalu memantau, apalagi kalo pas masa lebaran dimana banyak kereta tambahan dioperasikan..

overall dengan biaya 50 ribu untuk mencapai indramayu atau bahkan tegal kalau mau bagi nbsusanto sangat terjangkau dan waktunya bisa lebih pasti dibanding moda darat lainnya.. lha gimana, bus non AC aja 60 ribu rupiah.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

10 Komentar

    • karena banyak pilihan makanan murah ya mbak? kalo itu sih ya bener.. makanan di restorasi kereta mahal.. :mrgreen:
      meski enaknya dari sisi keamanan dan kenyamanan sih, soalnya terbatas yg naik turun dan nggak ada pedagang yg rada maksa buat beli dagangannya.. πŸ™„

monggo tanggapannya.....