kenalan dengan all new mazda2 GT

assalamu’alaikum wr. wb..

mazda 2.. ya, sebuah mobil yang sempat keluar dalam 2 model, yaitu sedan dan hatchback.. namun di seri terakhirnya yang sudah menggunakan teknologi skyactiv ini akhirnya mazda fokus untuk model hatchback.. kebetulan beberapa waktu lalu nbsusanto berkesempatan untuk eksplorasi segala yang ada di mazda 2, termasuk sempat coba nyopir di jalanan jakarta.. 😀

all new mazda 2 gt (8)

tak bisa dipungkiri, kebanyakan pabrikan pada masa kini menggunakan 1 konsep desain untuk semua tipe mobil terbarunya, tentu dengan penyesuaian model serta kelasnya, tak terkecuali Mazda yang menggunakan konsep Kodo ini.. ya, beginilah mazda 2 GT yang menggunakan headlamp LED berproyektor dengan auto levelling dan auto on/off yang dipermanis dengan LED DRL.. asli kalo pas di jalanan ketemu mobil ini terlihat garangnya.. nah, untuk seri R dan GT sudah menggunakan foglamp.. oya, di seri tertingginya ini sudah terdapat rain sensor.. well..

all new mazda 2 gt (55)

tampak samping dari mazda 2 gt.. bentuknya simpel rendah membulat.. pilar B pun cukup berwarna hitam.. bahkan gagang pintu cukup sewarna bodi.. yang pasti di spion ada lampu sein, dan ada pula tampilan dari sensor advanced blind spot monitoring yang akan menunjukkan tanda jika ada kendaraan lain di sisi belakang samping yang tidak nampak pada kaca spion.. nice!

all new mazda 2 gt (20)

tampilan belakang mazda 2 gt pun cukup simpel.. satu hal yang nbsusanto sukai adalah sampe sisi ini pun tak ada hiasan chrome seperti kebanyakan mobil baru di indonesia saat ini.. cukup emblem mazda, tulisan mazda2 serta logo skyactiv.. sementara itu wiper belakang adalah standar dan terdapat lampu rem di sisi atas kaca belakang.. untuk seri R dan GT terdapat ekstensi muffler.. tentu saja terdapat sensor parkir 4 titik dan kamera mundur..

all new mazda 2 gt (23)

di bagian kaki-kaki, mazda 2 GT menggunakan velg alloy 16″ yang dibalut ban berdimensi 185/60.. sektor pengereman, semua seri sudah mengadopsi cakram depan belakang yang sudah menggunakan teknologi ABS, EBD, emergency brake assist serta smart city brake support.. jangan lupa adanya tcs memberikan traksi roda yang optimal untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.. untuk suspensi sendiri menggunakan MacPherson strut independen untuk depan serta torsion beam di belakang yang tentu saja terintegrasi dengan sasis skyactiv.. well, menurut nbsusanto ini sudah lengkap di kelas hatchback di bawah 300 juta..

all new mazda 2 gt (50)

mari buka pintu.. ya warna gelap yang tak mencolok dipadukan warna terang di bagian atas.. cukup simple.. pun memegang dashboard terasa bahwa tak ada plastik yang terasa murahan, ditambah adanya perpaduan softpad..

all new mazda 2 gt (31)

dan inilah tampilan dashboard mazda 2.. bentuk lubang ac membulat.. pengaturan ac walau menggunakan puteran tapi sudah auto climate control.. nah yang unik adalah bagian head unit yang seperti tab diletakkan di permukaan dashboard, bukan ditempelkan seperti mobil pada umumnya.. sementara itu tuas pemindah gear menawarkan P, R, N, D, serta saat digeser mode M bisa + -, yap pindah gear manual di matic.. di belakangnya ada hand brake yang terletak agak ke kiri karena di bagian kanan ada tombol pengatur head unit..

headunitnya 7″ beresolusi TFT dan sudah mengadopsi MZD connect ini cukup lengkap kemampuannya.. selain pemutar radio fm/am, dvd, mp3, wma, dengan input 2 port usb dan 2 slot sd card.. tentu saja bisa disinkronisasi dengan smartphone menggunakan bluetooth.. untuk seri GT terdapat peta yang menurut nbsusanto cukup membantu bernavigasi ria.. selain itu head unit mampu menampilkan monitoring terhadap konsumsi BBM serta kesiapan sistem i-Stop..

all new mazda 2 gt (43)

diamati lagi pada stir yang terasa empuk ini terdapat beberapa tombol pengatur headunit, serta karena bisa sinkronisasi dengan smartphone terdapat pula tombol untuk mengangkat telpon.. untuk seri GT, jangan sampai melewatkan adanya paddle shift di balik lingkar kemudi ini.. biar terasa lebih manteb seperti di game.. :mrgreen: oya, tentu terdapat tombol start-stop engine serta beberapa tombol pengaturan tsc.. oya, mazda 2 juga sudah dilengkapi dynamic stability control serta hill launch assist.. kalo airbag memang sudah jadi standar mobil masa kini.. nah, sistem kemudi didukung oleh sistem electronic power assist steering..

all new mazda 2 gt (37)

kalo ini panel instrumen mazda 2 gt saat dinyalakan dan posisi sudah siap.. tachometer analog dan indikator lain yang digital serta tak ketinggalan ada MID nya.. terlihat bukan banyak lampu indikator yang menyala saat tombol start-stop ditekan.. well.. warna yang diberikan cukup adem.. nah kalo misal dirasa kesulitan mengintip angka digital speedometer di cluster meter saat jalan santai saja, di atasnya akan muncul HUD yang menunjukkan angka speedometer yang mudah sekali dilihat oleh driver maupun penumpang baris kedua..

all new mazda 2 gt (24)

beralih ke bagian bagasi.. terdapat penutup agar barang di bagasi tidak menyembul ke atas dan menghalangi pandangan melalui kaca belakang, meski bisa dilepas.. terlihat juga bahwa jok belakang dapat dilipat dengan proporsi 60:40.. cukup lah untuk bawa barang banyak jika memang dibutuhkan..

all new mazda 2 gt (53)

di bagian paling akhir tentu saja melongok ke bawah kap depan.. nongkronglah sebuah mesin 4 silinder 16 katup dohc berkapasitas 1496 cc dengan dual s-vt dan etc serta perbandingan kompresi 13:1, cukup besar sehingga mobil ini wajib isi pertamax.. mesin skyactiv berfitur i-stop ini diklaim mampu menghasilkan tenaga puncak 110 PS pada 6000 rpm dan torsi maksimum 141 Nm pada 4000 rpm, nanti kita coba buktikan segalak apa.. yang pasti seri GT hanya tersedia matic 6 speed.. 😀

mazda 2.. dengan harga tak sampai 300 juta bahkan untuk seri tertingginya dengan berbagai fitur yang disematkan ini nampaknya layak untuk dijadikan pilihan selain jazz, yaris dan fiesta.. memang belum sampai tahap test drive, tapi dari sini nbsusanto bisa membuat hipotesis kalo mazda 2 ini worth to buy.. memang tingginya perbandingan kompresi mungkin membuat berpikir, tapi oleh mazda diklaim asalkan diisi pertamax sudah cukup.. testimoni sebagai sopir dan penumpang insya Allah nbsusanto tulis di artikel mendatang.. 😀

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

6 Komentar

monggo tanggapannya.....