ngAKAP bersama toyota innova G 2.0 A/T

assalamu’alaikum wr. wb..

toyota kijang innova.. siapa yang tak kenal mobil ini? meneruskan kejayaan kijang di kelas MPV, mobil ini sangat banyak beredar di jalanan indonesia.. memang saat ini populasinya kalah dari adiknya, toyota avanza, karena harga lebih terjangkau dan isu kijang itu boros BBM, tapi tak bisa dipungkiri bagi yang mengharap kenyamanan 7 seater dengan part melimpah serta masih wani perih, innova adalah idola, buktinya mobil ini banyak dipakai sebagai mobil dinas pemerintahan ataupun perusahaan..

mudik AKAP via tol cipali dan pantura bersama innova matic (1)

jika ditilik di situs jual beli online seperti carmudi, toyota kijang innova dengan populasi terbanyak adalah seri G karena perpaduan harga serta fitur yang sudah cukup bagi kebanyakan orang indonesia.. seperti yang nbsusanto rasakan.. kebetulan beberapa waktu lalu ada agenda yang mengharuskan untuk AKAP dengan mobil, malah bisa dikatakan jalur mudik lebaran bagi sebagian orang karena dari jakarta lewat tol dan non tol pantura, memang sih ada sopir yang sudah biasa bawa innova matic, tapi beliau bilang butuh back up jika mengejar waktu dan efeknya kudu jalan malam.. kok ya ndilalah yang pernah dan yakin bawa matic sebagai cadangan cuma nbsusanto, itupun dulu bawa nya jazz, freed maupun mazda2 yang pindah tuas metiknya tinggal geser lurus depan belakang, beda dengan mobil-mobil toyota..

tuker posisi driver dimulai dari selepas kota pekalongan pasca maghrib.. yap, laga hutan pantura malam hari.. yang terbayang adalah sein kanan bergantian dengan sein kiri untuk kode kendaraan lain.. untungnya sih kondisi jalanan cukup lengang sehingga nbsusanto dapat cukup waktu untuk membiasakan gas, rem, pancaran lampu serta handling mobil berdimensi besar ini.. ya maklum saja dulu pernah sih bawa innova tapi sebentar saja, itupun cuma di kawasan pogung.. mbuh kok ya berani bawa mobil gedhe di gang kecil.. lha wong kemaren ini saja beneran harus dikira-kira, takutnya bodi besarnya nggak masuk ruang yang tersedia.. untungnya sih rem yang sudah dilengkapi ABS cukup mumpuni untuk menghambat laju innova ini.. transmisi masih waras juga karena di posisi D tanpa diinjak gas sudah bisa jalan..

langsung dapat lawan main sebuah truk plat H yang kelihatannya kosong.. satu hal yang nbsusanto suka dari para orang yang hidup di jalan adalah penuh dengan kode, mau nyelip tak perlu heboh dim berkali-kali maupun klakson, cukup dim sekali dan sein dinyalakan.. baiklah, karena temponya enak nbsusanto buntuti saja ngikutin racing line.. si innova ini cukup nurut karena memang tak melakukan akselerasi yang cukup signifikan.. sayangya sih memang lampu untuk laga pantura terasa kurang, ya gimana lagi kondisi jalan memang gelap minim penerangan, ya otomatis lampu mobil jadi tumpuan utama.. enaknya matic sih pas begitu masuk di kemacetan karena jalanan sedang diperbaiki cukup tempatkan di D saat merayap dan pindah ke N dan tarik rem tangan saat nampak lama berhenti.. untuk kaki kiri positifnya ada footrest.. 😀

mudik AKAP via tol cipali dan pantura bersama innova matic (3)

laga malam itu tak banyak yg dirasakan selain suspensi yang nbsusanto bilang cukup nyaman dan anteb saat melibas pantura, ya meskipun teman yang di baris paling belakang mengatakan terasa goncangannya, ya nggak heran sih tau sendiri lah kondisi jalan.. :mrgreen: berakhir di kendal dan diganti oleh sopir utama.. nbsusanto diberi kesempatan lagi saat pulang dari solo kota ke arah boyolali.. wakss.. ini jalur padat.. ujian sesungguhnya.. 🙄

kebetulan mobil satunya yang ngAKAP dari ibukota adalah seekor avanza 1,3 baru.. avanza di depan karena seharusnya innova dengan mesin bensin 2000 cc 136 hp berisi 5 manusia dan barang bawaan tak akan kesusahan menempel.. tapi buktinya? tak seindah bayangan men.. saat malem memang nbsusanto cukup manteng di D saja, tapi di jalur ini.. behh.. akhirnya kepake juga D-3-2.. apalagi saat akselerasi untuk nyelip kendaraan macem bis maupun plat sekitar yang ibaratnya merem pun sampe.. berkali-kali ketinggalan jauh dari avanza.. lha piye, pas di D kick down lha kok respons pindah ke gear rendah lambat banget.. ada lag baru pindah.. semprul.. kelangan momen.. akhirnya tuas pun dipindah-pindah D-3-2 itu untuk selip selip.. lumayan keluar tenaganya sih.. jyaaan.. apalagi selepas lampu merah.. tarikan awalnya.. beuuhhh.. meski 18,6 kgm terasa berat ngangkat bodi besarnya.. kayaknya memang transmisi pusat masalahnya.. 😐

lupa di kawasan boyolali atau salatiga berganti posisi nyopir lagi.. untungnya sih baris kedua captain seat nya lumayan meskipun bawaannya susah tidur.. hehehe.. yang pasti sampe selepas tengah malam mungkin di kawasan tegal, sopir utama minta gantian lagi karena beliau sudah ngantuk.. baiklah.. laga pantura malam.. lengang.. tak perlu banyak akselerasi innova ini cukup anteng, kecuali jarum penunjuk BBM yang cepet banget turunnya.. :mrgreen:

jalanan yang ditunggu pun sampai juga.. mengarah ke pintu tol pejagan.. nah di tol pejagan-kanci nbsusanto panteng gas secukupnya, maklum saja seperti saat berangkat banyak titik yang sedang mengalami perbaikan.. cukup minim ngeblong yang nbsusanto lakukan, mending ngikutin tempo kendaraan di depan.. kan nggatheli kalo pas mau akselerasi nyelip trus ada rambu perbaikan jalan.. :mrgreen: nah selepas kanci jalanan mulus pun menunggu.. dengan mengandalkan pengalaman kalo mau nyelip sebaiknya pindah ke 3 atau kalo perlu ke 2, cukup menyenangkan.. tercatat 130 kilometer per jam pun tercapai tanpa kesulitan..

mudik AKAP via tol cipali dan pantura bersama innova matic (2)

nah selepas tol kanci tentu masuk tol fenomenal yang dibuka menjelang lebaran setahun lalu.. yap, palimanan mengarah ke cikopo.. apalagi sekitar jam 2-3 pagi jalanan sangat sepi.. apalagi ditinggal tidur penumpang lain.. dhuss nan.. :mrgreen: baiklah kita jalani saja.. memang di tol cipali ini nggak terasa saat melirik ke speedometer sudah di atas 100 kilometer saja.. lha 2 jalur bukan saat peak season paling ketemu beberapa mobil maupun beberapa bus AKAP yang tersisa.. nah ini enaknya innova.. dibawa ngebut stabil banget rasanya.. 120.. 130.. 140.. 145.. sebelum jarum sempat mencapai 150 mau harus mau ya kendorin gas karena di depan ada beberapa kendaraan.. ya sudah tak apa tercatat ini top speed bawa mobil nbsusanto.. bener sih efek rasio panjang ya dibawa ngebut lumayan enak.. ditambah bobot mobil yang cukup berat tak ada gejala goyang sama sekali.. padahal tau sendiri lah angin di kawasan cipali kenceng banget.. 🙄

akhirnya setelah sempat berhenti dan digantikan 40 km, masuk tol cikampek di rest area km 52 nbsusanto menyerah sekitar jam 6 pagi.. tidur.. wakakaka.. ya sudahlah bisa dapat kesimpulan dari innova matic ini.. tentu tak meninggalkan trah kijang yang nyaman dan boros bbm.. #upss :mrgreen: dengan kestabilan yang patut diacungi jempol, tenaga innova ini sebenernya cukup enak, sayangnya ketahan transmisi matic 4 percepatan dudul yang masih bertahan di beberapa mobil keluaran 2016 ini.. memang sih, nggak heran innova masih jadi favorit kendaraan dinas maupun keluarga.. buat mudik yo antep.. apalagi cari bengkel yang bisa ngasih pertolongan pertama kijang innova juga bukan hal yang susah.. pantesan harga bekasnya seperti ditilik di carmudi juga cukup anteng meski pajak cukup besar.. 🙄

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

17 Komentar

  1. kalo saya pas full driving kebumen jogja pake innov G manual terasa irit kok bensin premiummnya, jarum ga cepat turun. mobil paling enak yg saya bawa ya innova ini, stabil bgt & tenaganya top tenan.

1 Trackback / Pingback

  1. night driving bersama grand new avanza matic | kankkunk - blognya nbsusanto

monggo tanggapannya.....