test drive mazda2 GT selepas tengah malam

assalamu’alaikum wr. wb..

setelah cukup puas mengamati mazda2 gt tentu kudu dilengkapi dengan test drive biar afdol.. gimana lagi mumpung semalaman itu bersama mazda2, ya nbsusanto bisa merasakan gimana pas jadi driver maupun jadi penumpang.. berikut nbsusanto coba jabarkan yang nbsusanto rasakan..

all new mazda 2 gt (18)

me as a passenger.. dijemput dari kawasan jakarta timur dan diajak muter-muter oleh yang bawa mazda2 gt ini.. nbsusanto ambil posisi di baris kedua sisi kanan.. dari perjalanan di jakarta melalui jalan non tol dengan kondisi rame dan sepi serta beberapa kali melewati jalan bergelombang, nbsusanto bilang peredam kejut mazda2 memang nggak bisa dikatakan empuk, namun tidak sampe keras yang merusak kenyamanan.. nbsusanto mikir kalo terlalu empuk biasanya handling terabaikan, padahal mazda adalah salah satu pabrikan jepang yang dikenal handlingnya manteb selain honda dan mitsubishi..

nah, kalo posisi duduk memang nbsusanto ada catatan.. dengan postur 169 cm, bangku baris kedua mazda2 terasa kurang tinggi jarak lantai dan joknya sehingga rasanya seperti jongkok.. kalo ruang kaki sih masih masuk akal ya meskipun masih ada yang lebih lega.. mana pas sepi dibawa ngebut.. untungnya nbsusanto sudah beberapa kali naik bis jawatimuran sehingga rasanya biasa saja diajak banter.. :mrgreen:

all new mazda 2 gt (45)

akhirnya selepas tengah malam berubah posisi.. me as a driver.. tentu diatur dulu posisi joknya agar nyaman.. kalo posisi stir sih sudah terasa pas dari temen yang nbsusanto gantiin.. cukup kantongi kunci saja karena sudah keyless, injak pedal rem dan tekan start-stop button maka mazda2 akan menyala.. mesinnya sih nbsusanto bilang cukup halus.. oke mulai jalan.. pindah ke transmisi D dulu dan penyesuaian dengan karakter gas.. terasa enteng.. yup, khas drive by wire.. melaju ke jalanan yang malam itu sudah cukup sepi.. memang sih kick down tenaganya keluar dan transmisi cukup cerdas untuk turun ke gear lebih rendah saat dibutuhkan, sayangnya feeling gas jadi kurang natural.. mungkin karena nbsusanto biasa bawa manual ya, terakhir naik matic sih jazz rs setaun lalu..

yang menyenangkan adalah feedback steernya.. memang EPS tapi tidak keentengen.. ditambah suspensi yang cenderung stiff, mazda2 ini pas banget responsnya, nbsusanto jadi yakin goyang kanan dan kiri padahal sudah 2 bulan nggak nyopir sebelum bawa mazda2 ini.. :mrgreen: meskipun feeling gas kurang natural tapi tenaga mesin masih tersalurkan dengan baik.. apalagi kemudian nbsusanto iseng pindah ke M, yup mode manual.. pindah gear dengan paddle shift.. seperti mainan saja.. nah ini bawa mesin sampe teriak-teriak meski di sekitar 6700an rpm otomatis pindah ke gear lebih tinggi, maklum saja memang sengaja nbsusanto coba secerdas apa transmisinya.. 🙄

sayangnya, saat masuk jalan kecil yang berbelok-belok… duuuhhhh blindspot muncul akibat pilar A.. memang sih desain mobil kecil garis diagonal pilar A cenderung begitu, apalagi nbsusanto biasa bawa mobil tinggi, tapi ya itu perlu diakali agar blindspot yang ada dapat diminimalisir..

all new mazda 2 gt (34)

percayalah, 100 kilometer per jam sangatlah mudah nbsusanto gapai dengan mazda2 ini tanpa perlu trek panjang.. hentakannya cukup menyenangkan.. apalagi pengereman bisa diandalkan untuk kondisi pengereman normal, maklum nggak sampe mepet karena khawatir kenapa-kenapa.. mending biasa saja.. 🙄 saat parkir pun sangat dimudahkan oleh adanya sensor parkir dan kamera mundur yang menampilkan area belakang termasuk garis-garis jika mobil mundur dalam keadaan stir lurus maupun berbelok.. tercatat di penggunaan bbm per 100 km sekitar 10,x liter.. maklum gantian dengan yang ngebut.. nggasruk polisi tidur? tentu tidak, GC nya masih sesuai dengan kondisi jalanan di indonesia kok..

overall, dari test drive singkat yang nbsusanto lakukan kemarin, mazda2 gt ini cukup memenuhi bahkan melebihi hatchback di bawah 300 juta.. dengan cakram di semua roda serta berbagai fitur entertainmentnya, memang worth it mobil ini.. yang jadi catatan adalah wajib minimal pertamax, tapi itu bukan masalah bukan? eman-eman mesin skyactiv nya kalo diisi dengan ron di bawah 91.. begitu sih saran mazda.. 😀

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

9 Komentar

monggo tanggapannya.....