penghapusan kereta kelas bisnis, fajar dan senja utama turun kelas jadi ekonomi

assalamu’alaikum wr. wb..

desas desus penghapusan kereta api kelas bisnis alias K2 di indonesia sudah lama terdengar.. kabar ini muncul seiring mulai berjalannya kereta K3 angkatan 2016 yang awalnya dipakai oleh Kutojaya Lebaran dengan kelas ekonomi tapi dijanjikan lebih nyaman.. diperkuat dengan pemesanan tiket kereta api tanggal 3 Oktober 2016 dan setelahnya yang baru bisa dilayani per 1 September 2016..

kereta kelas campuran, bisnis dihapus

gambar di atas adalah kereta kelas campuran eksekutif dengan livery ombak dan bisnis dengan livery khasnya.. sebelum era selendang pecut menyerang..

iseng deh sampai di kantor cek ke web KAI.. apalagi aplikasi KAI access minta diupdate.. nampaknya bakalan banyak yang berubah.. dan benar saja persis seperti dugaan nbsusanto!

fajar bisnis dihapus diganti ekonomi

kereta kelas bisnis pagi langganan mereka yang berjalan di DAOP 1, DAOP 3, DAOP 5 dan DAOP 6 resmi turun kelas menjadi ekonomi.. yap, si Fajar Utama Yogya.. lalu bagaimana dengan yang lain?

senja bisnis dihapus dan ganti jadi ekonomi

tentu saja seiring Fajar Utama Yogya yang turun kelas, kereta yang di malam hari menjadi Senja Utama Yogya pun ikut turun kelas.. menjadi kelas ekonomi dengan sedikit penurunan harga.. tak mencapai 10% sih..

namun kereta api Senja Utama Solo masih mempertahankan kelas bisnis.. pun begitu dengan kereta Sawunggalih dan Sancaka masih punya kelas bisnis.. namun entah kenapa Mutiara Selatan yang menghubungkan DAOP 8 dengan DAOP 2 dengan rangkaian full bisnis juga menghilang dari website KAI, setelah menunggu informasi ternyata di 3 Oktober kelak stasiun terminus bukan lagi Surabaya Gubeng dan menjadi ke Malang..

pengumuman-kai-tentang-perubahan-armada-kereta-bisnis-2016

masih ada waktu sebulan untuk melakukan perjalanan perpisahan dengan Senja Utama maupun Fajar Utama Yogya serta Mutiara Selatan sebelum berganti dengan K3 di 28 September 2016.. alhamdulillah nbsusanto memegang  tiket di salah satu hari tersebut.. masih teringat di masa kecil dulu setahun sekali diajak simbah ke jakarta naik kereta.. kala itu Senja Utama masih diberangkatkan dari Stasiun Gambir.. sejak itu, padahal sekarang pemberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, sama sekali belum pernah naik bisnis hingga artikel ini diterbitkan..

livery-khas-kereta-k2-kelas-bisnis-pt-kereta-api-indonesia

ya semua memang ada masanya.. berlalu dan diganti yang baru.. beginilah yang membuat dunia selalu berwarna.. insya Allah nanti setelah naik senja utama yang masih kelas bisnis akan nbsusanto buat artikelnya.. 🙂

* saat ini kereta fajar utama, senja utama yk dan mutiara selatan sudah kembali menggunakan rangkaian k2 (bisnis), sementara itu yang turun kelas menggunakan ekonomi k3-16 adalah kelas bisnis dari kereta campuran seperti sancaka dan argo parahyangan

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

23 Komentar

    • menurut twitter KAI ada penyesuaian rangkaian senja utama dan fajar utama.. entah yang dimaksud seperti apa, ada yang bilang kembali ke K2 alias bisnis, tapi masalahnya di peak season yang sudah terjual kan 8×80 seat, berarti kalo balik K2 jadi 10×64 seat dan ada perubahan seat..

  1. Sangat tdk rekomendasi pakai k3 16..sangat menyiksa tempat duduk nya..yang ada smp tmpt tujuan lgsg sakit..smlm saya sudah cb..dan alhasil sangat tidak nyaman dgn susunan tmpat duduk..

    • kelas ekonomi rangkaian baru mas.. k3 0 16.. yang berhadapan cuma yang paling tengah saja.. namun dari beberapa testimoni yang pernah naik k3 0 16 saat jadi kereta tambahan, ruang kaki lebih sempit..

  2. Kalau rekomendasi sya, jika badan mas tinggi dan besar atau (maaf) agak gemuk, mending gak usah mencobanya..soalnya bakal nyiksa nantinya.. Hehe

    tapi kalau sekedar penasaran mah penasaran, ya monggo wae..tpi diusahakan ngambil seat yg tengah (yg konfigurasi seatnya berhadapan), karena rada legaan..dan jangan tergoda jga ngambil seat yg pojokan, soalnya di sana ada seat yg gak kebagian jendela..

  3. kalau aku gak setuju kelas bisnis di hapus.. soalnya kenyamanannya msh sedikit diatas kereta ekonomi ombak biru (gajah wong, bogowonto, dsb) atu kereta ekonomi keluaran baru 2016 ini..

    • kalo dibanding ekonomi ombak jelas mas.. jok empuk, nggak tegak banget dan ruang kaki lega..
      kalo bandingin k3-16 belum tau mas.. wah asik nih kalo sudah pernah ngrasain mas, penasaran nyoba juga nih besok kalo pulkam.. 😀

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. last trip bersama kelas bisnis senja utama yogyakarta | kankkunk - blognya nbsusanto
  2. sawunggalih pasar senen-kutoarjo, efek ludesnya tiket kereta jogja | kankkunk - blognya nbsusanto

monggo tanggapannya.....