pulang ke jogja bersama kereta senja utama yogyakarta

assalamu’alaikum wr. wb..

setelah di awal september lalu persis perkiraan di awal bahwa kelas bisnis mulai dihapuskan 3 oktober nanti, kok ya kebetulan nbsusanto sudah pesen tiket pulang dengan senja utama yogyakarta.. apalagi tiket yg nbsusanto dapat adalah tanggal 1 september malem.. maklum ada yg perlu diurus di jogja.. masih ada tiket termurah 220 ribu rupiah dari jakarta pasar senen menuju yogyakarta tugu dengan jadwal keberangkatan jam 19.00 dan sampai di tugu jam 03.16..

last-trip-kelas-bisnis-senja-utama-yogyakarta-pasar-senen-tugu-7

sebelum maghrib sudah sampai di stasiun pasar senen biar lebih tenang karena kudu cetak boarding pass dulu.. setelah maghrib penumpang senja utama sudah diperbolehkan menuju peron dan menunggu kereta di jalur 1.. baiklah cukup lama menunggu hingga jam 18.30 sang ular besi muncul.. awalnya berharap dapat livery khas kelas bisnis, itung-itung sebelum perpisahan turun kelas ke ekonomi.. tapi kok ndilalah yang muncul adalah rangkaian selendang pecut dengan kereta 2 menggunakan k2 0 65 yang ditarik cc 203 01 05 milik dipo cirebon..

last-trip-kelas-bisnis-senja-utama-yogyakarta-32

antre masuk dan terlihat bahwa rangkaian k2 berkapasitas 64 penumpang ini menggunakan ac split.. letak jendela dan kursi di kereta ini memang rada unik karena nggak pas, jadi ada yang bejo di kursinya bisa melongok jendela luas ada pula yang kebagian sedikit.. kebetulan sih di kursi nbsusanto dapat jendela sehingga beberapa kali menyingkap gorden untuk melihat ke samping, meskipun banyak gelapnya.. :mrgren:

last-trip-kelas-bisnis-senja-utama-yogyakarta-dari-pasar-senen

tepat jam 7 perlahan kereta merayap meninggalkan stasiun pasar senen.. blasss sama sekali tanpa hentakan dan nggak terasa akselerasinya.. aluuuusss banget.. langsung nbsusanto sumringah.. nampaknya bakalan menyenangkan ini.. 😀

last-trip-kelas-bisnis-senja-utama-yogyakarta-pasar-senen-tugu-32

apalagi busa kursi juga lumayan empuk dengan ruang kaki cukup lega.. dinginnya ac pun tak sampai membuat menggigil.. tentu berbeda dengan kereta ekonomi sebelum k3 0 16 meluncur meskipun tarif termahalnya ekonomi sama dengan bisnis termurah, entah bagaimana dengan senja utama setelah menggunakan k3 0 16 kelak apakah akan senyaman ini mengingat harganya pun turun..

kereta pun melaju meninggalkan jakarta.. ya, goncangan bisa dikatakan ada meski masih dalam taraf yang dapat diterima.. gps pun dinyalakan.. tercatat kereta maksimal hanya melaju di bawah 100 kilometer per jam namun cukup stabil sehingga rasa-rasanya cepet saja pas liat di sygic.. chat temen yang juga penggemar kereta, dia bilang kalo stabil jam 10 sudah sampai di cirebon..

rangkaian-idle-kereta-eksekutif-argo-jati-di-stasiun-cirebon

ternyata jam 21.50 sudah sampai di stasiun cirebon.. berhubung berhenti 10 menit, nbsusanto sempatkan untuk keluar dari kereta dan mengabadikan kereta di seberang.. yap rangkaian Argo Jati dengan kaca model pesawat dengan kode K1 0 15.. ehm, kapan ya bisa njajal kereta kaca pesawat? 🙄

setelah 10 menit kembali kereta berjalan menuju arah selatan.. yap sempat singgah di stasiun Ciledug untuk kemudian melanjutkan perjalanan.. memang kondisi yang sudah gelap jadi nggak terlalu banyak hal yang bisa diceritakan jika melongok jendela.. momen seperti ini nbsusanto coba manfaatkan untuk tidur.. nah disini baru terasa kekurangan kelas bisnis dibanding eksekutif.. yap, kursi yang tidak bisa diatur dan datar sehingga nbsusanto pake tutup kepala dan nyender ke dekat jendela.. untungnyagoncangan cukup nyaman sehingga bisa merem dan menyadari kereta sudah berjalan pelan.. kepikiran apa sudah lewat purwokerto.. cek peta ternyata belum.. sempet kepikiran juga dengan kecepatan rendah gini apa nggak telat..

suasana-malam-stasiun-pruwokerto

ternyata salah besar.. bahkan senja utama masuk stasiun purwokerto sebelum jadwal jam 00.08.. diumumkan bahwa kereta akan diberangkatkan lagi sekitar jam 00.25.. baiklah cukup lama dan nbsusanto turun dulu.. melihat-lihat stasiun terbesar di DAOP 5 ini.. suasana cukup syahdu dimana kedatangan dan keberangkatan kereta diiringi oleh lagu “Di Tepi Sungai Serayu”..

silang-kereta-biru-malam-bima-di-stasiun-purwokerto

sudah lebih dari 00.30 dan kereta belum juga diberangkatkan.. ternyata menunggu kereta dari selatan yang akan menuju jakarta.. beberapa menit kemudian nampaklah CC206 menarik rangkaian K1 0 16.. ternyata kereta api legendaris yang terlambat.. yap, si biru malam sleeper train atau yang kini dikenal sebagai kereta Bima.. iseng cek wikipedia yang ada jadwal kereta, ternyata seharusnya Bima sudah berhenti di Purwokerto jam 00.26.. sempat kepikiran apa karena efek pengerjaan double track Kroya-Purwokerto.. tapi harusnya nggak boleh membuat telat karena kontraktor pasti didenda jika mengakibatkan keterlambatan.. entahlah.. yang pasti setelah Bima berhenti sempurna, CC203 langsung menarik Senja Utama Yogyakarta meninggalkan stasiun Purwokerto dan kembali meliuk-liuk yang memang jadi khasnya DAOP 5.. termasuk melintasi sungai serayu..

setelah itu praktis merem.. apalagi di petak Kroya-Kutoarjo masih belum berubah dari single track.. hanya sempat berhenti di Kutowinangun tapi nbsusanto pun tak terlalu memperhatikan.. di gps yang nbsusanto panjer pun top speed kereta masih di kepala 9 tanpa pernah menyentuh 3 digit.. tapi 1 hal yang nbsusanto suka, kecepatan kereta ini cukup stabil..

hingga menjelang jam 3 kereta berhenti lagi walau hanya sebentar di stasiun Wates.. yap, sudah masuk kawasan DIY.. perjalanan menuju stasiun Tugu Yogyakarta sudah tak lama lagi.. benar saja, dengan jadwal masuk stasiun Tugu jam 3.16 di jalur 5 ternyata kereta senja utama lebih cepat beberapa menit.. bener-bener semakin menambah lebar senyum di perjalanan malam itu.. 😀

last-trip-kelas-bisnis-senja-utama-yogyakarta-pasar-senen-tugu-33

kereta senja utama.. mengungkit sebuah memori dan hobi di masa lalu.. ya, jaman dulu ketika senja utama masih diberangkatkan dari stasiun gambir.. jaman ketika penumpang tidur di sela kursi.. dulu kalo ikut simbah ke jakarta ya naiknya kereta ini.. masih dengan livery merah biru.. alhamdulillah nbsusanto sedikit mengikuti tentang kereta belakangan ini sehingga untuk pulang ke jogja pun nbsusanto sempat memilih kereta senja utama.. misal tidak, entahlah karena belum karuan pulang lagi sebelum kereta ini turun kelas.. kereta yang nbsusanto bilang cukup nyaman dan memuaskan dengan harga yang masih masuk akal dengan lama perjalanan bisa diandalkan.. hanya saja memang sebelum ini senja utama tak pernah nbsusanto gunakan setelah di jakarta karena jadwal keberangkatan yang kurang malem..

* kereta senja utama yogyakarta, fajar utama yogyakarta dan mutiara selatan kembali menggunakan rangkaian kelas bisnis

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

15 Komentar

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. dari jogja ke jakarta bersama k1 0 16 argo dwipangga | kankkunk - blognya nbsusanto
  2. sawunggalih pasar senen-kutoarjo, efek ludesnya tiket kereta jogja | kankkunk - blognya nbsusanto
  3. kereta lodaya, pilihan yang menarik dari jogja ke bandung | kankkunk - blognya nbsusanto

monggo tanggapannya.....