mahalnya jasa ganti spare part di bengkel resmi

assalamu’alaikum wr. wb..

di jakarta ini alien kalo mau ganti spare part belum nemu bengkel yang ibaratnya bisa dijadikan tujuan mbengkel seperti di jogja.. alhasil ya mau nggak mau demi yang jelas larinya ke bengkel resmi.. daripada daripada.. lha ada spare part yang memang sudah masanya.. kampas rem wis tipis broo.. ngarep sisan.. ngeri kalo nggak pake rem depan sama sekali..

honda cs1 alien berlatar belakang gunung merapi di jalur magelang- boyolali via selo

pagi-pagi datang lah ke bengkel resmi sekalian berangkat.. maklum ada waktunya ya pas itu.. sampai di bengkel jam 8 dan langsung daftar servis..

mahalnya servis di bengkel resmi (4)

nbsusanto minta untuk ganti kampas rem depan dan belakang serta ganti busi.. tertulis estimasi waktu 30 menit dan 35 menit.. entah kenapa item pekerjaan rem belakang dianggap tromol, padahal cakram juga..

standar bengkel resmi terdapat ruang tunggu, namun nbsusanto seringkali melongok ke bagian mekanik.. lha piye, yang servis motor saja sudah selesai kok alien masih belum keluar.. nampak seorang mekanik muda yang memegang si alien.. dibantu mekanik lain saat menangani ganti kampas rem belakang.. setau nbsusanto lho ya, ganti kampas rem belakang tak perlu ngutak atik roda, cukup melepas baut di bagian kaliper saja.. tapi ini jadi ribet.. lah.. kok? nggo ngopo? ini cakram men bukan tromol! sayangnya nggak terdokumentasikan..

mahalnya servis di bengkel resmi (3)

jam 9 lebih akhirnya alien pun keluar dari ruang mekanik dan nbsusanto dipanggil untuk membayar.. seperti tercantum di atas, harga spare part memang segitu sekitar 40an ribu rupiah untuk masing-masing kampas..

mahalnya servis di bengkel resmi (2)

tapi harga jasa.. jasa tok ya, total 80 ribu dengan rincian 35 ribu untuk ganti kampas rem depan dan 45 ribu untuk kampas.. wedyan.. bahkan jasa ganti kampas rem lebih mahal dari harga kampas remnya sendiri! apalagi pas keluar terasa rem depan masih seret dan rem belakang masih kurang pakem meski seiring dipake seretnya jadi ilang dan belakang jadi lebih menggigit.. lha.. memang nggak dicoba jalan jauh oleh mekanik jadi nggak ketauan.. huft.. padahal kan kalo seret bisa sedikit diakali..

jadi penasaran pengen breakdown detail harga produk dan jasa.. mari dicoba..

spare part :

  • biaya material dan bahan
  • biaya alat
  • upah produksi
  • biaya riset dan pengembangan
  • biaya pemasaran dan distribusi
  • pajak
  • margin

jasa :

  • biaya alat
  • biaya upah
  • biaya pengembangan
  • pajak
  • keuntungan
  • setoran franchise

kok bisa lebih mahal biaya jasa pemasangan ya daripada harga spare part? padahal item barang lebih banyak..  yang bikin mahalnya dimana ya? upah pekerja memang berapa sih apa iya jadi mahal banget? biaya pengembangan kah ya, eh tapi kemampuan mekanik masih seperti itu dan cukup lama pengerjaannya, memang sih masih junior.. apa karena pajak jasa? berapa sih toh pembuatan spare part juga kena berbagai pajak.. ambil keuntungan bengkel resmi berapa sih? atau biaya franchise yang mahal banget?

ah entahlah.. cuma lain kali mikir-mikir juga sih, perasaan dulu ganti kampas rem nggak segitunya.. atau sudah naik drastis biaya jasanya? maklum di rumah alien dan tricolore kalo ganti oli di biasanya rumah, servis juga jarang mungkin setaun dua kali, paling ganti part yang memang nggak sempet ke bengkel umum (maklum pilih-pilih juga) dan yang nggak punya kuncinya.. mungkin ada yang bisa membantu menjawab? oya, ada aturan yang katanya garansi hangus kalo motor baru nggak pake hal yang resmi.. halah ra nggagas.. ra pengen motor anyar.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

17 Komentar

monggo tanggapannya.....