liburan akhir tahun, tol cipularang dialihkan akibat bergesernya jembatan cisomang

assalamu’alaikum wr. wb..

tol cipularang adalah salah satu tol terpenting di pulau jawa mengingat jalan ini menghubungkan 2 kota besar, yaitu bandung dan jakarta.. selain menjadi jalur utama bandung-jakarta, tol cipularang juga merupakan alternatif pilihan bagi pengguna jalan antara jakarta dan yogyakarta lewat jalur selatan..

jembatan-cisomang-tol-cipularang

namun kabar terbaru menjelang padatnya arus lalu lintas akibat liburan akhir tahun malah cukup mengejutkan, mengutip dari info di grup sebagai berikut :

“saat ini tiang jembatan Cisomang km 99 Cipularang mengalami keretakan dan terjadi penggeseran 57cm, secara teknis sudah tak aman dilalui oleh truk hingga akhirnya truk pun dilarang, harap berhati-hati saja bila terpaksa lewat”

yap, terjadi masalah struktural yang entah kondisi saat ini seperti apa, untuk mobil masih bisa melintas mengingat yang dilarang adalah kendaraan kelas II ke atas.. berikut mekanisme pengaturan pengalihan jalan tol cipularang :

keterangan-pengalihan-arus-akibat-jembatan-cisomang-tol-cipularang-desember-2016

a. kendaraan dari jakarta menuju bandung melalui tol cipularang dapat keluar di gerbang tol sadang (km 75+200) atau gerbang tol jatiluhur (km 84+600) dan dapat masuk tol cipularang lagi di gerbang tol padalarang (km 121+400)

b. kendaraan dari bandung menuju jakarta melalui tol cipularang dapat keluar di gerbang tol padalarang (km 121+400) atau gerbang tol cikamuning (km 116+700) dan dapat masuk tol cipularang lagi di gerbang tol adang (km 75+200) atau gerbang tol jatiluhur (km 84+600)

info tersebut juga akan ditampilkan oleh jasa marga selaku pemilik jalan tol melalui VMS dan pengumuman lainnya..

sedikit masukan dari nbsusanto, sebaiknya sambil mengamati peta online seperti google maps atau waze untuk memutuskan lewat mana agar tidak terjadi penumpukan.. terkadang lebih baik keluar tol lebih awal daripada kena macet di gerbang tol berikutnya meskipun konsekuensinya jalan raya yang lebih berliku, sempit dan tidak sebagus jalan tol..

ya semoga segera dapat tertangani agar para perantau tak terlambat banyak sampai di kampung halamannya..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....