sejenak kilas balik 2016

assalamu’alaikum wr. wb..

31 desember 2016.. hari terakhir sebelum kalender harus berganti.. ya, tahun yang memberikan cerita baru bagi nbsusanto..

suasana-malam-hari-nol-kilometer-yogyakarta

tentu diawali dari 2 januari 2016 lalu berangkat ke ibukota.. semuanya berubah.. jika tadinya pemandangan sawah nan hijau dan ramai lancarnya jogja terganti oleh hutan beton menjulang dan suara klakson disana sini.. ini yang bikin kangen jogja, meskipun sekarang jogja juga sudah semakin banyak bangunan tinggi yang beberapa di antaranya mengambil spot berlatar merapi dan lalu lintasnya semrawut.. telo tenan lagi ditinggal sedilit.. 👿

suka dukanya di rantau, tentu belajar untuk mensyukuri dan beradaptasi dengan lingkungan yang baru.. susahnya cari tiket kereta di masa lebaran hingga akhirnya naik pesawat.. ditambah lagi tiket akhir tahun yang didapat yang dilengkapi dengan berburu tiket kereta nanti 2 januari nanti (lagi) meninggalkan jogja via bandung untuk kembali ke jakarta karena tiket jogja-jakarta sudah ludes dan naik pesawat masih terasa mahal..

di ibukota juga paham kalo marka di simpang bersinyal hampir tak berguna lagi, semuanya maju.. untungnya nbsusanto bawa alien dengan plat AB sehingga malu untuk ikut-ikut mereka.. diklakson cuek saja.. kalo rusuh terus tinggal dikode “maburo wae ndes!!!”..

selain itu tak hanya di ibukota, entah kenapa ya oknum pengguna strobo di kendaraan sipil kok ya banyak.. ada yang lampu biru kedap kedip dari dalam kabin, ada yang di moncong mobilnya, ada yang dipasang di samping kanan kiri motor juga.. tujuannya apa coba? gagah? keren? mbok ya mikir, lampu biru dan berkedip itu mengganggu pandangan dan fokus.. kalo mau ngeyel urusan fokus, coba dipahami kenapa lampu sein dibuat berkedip bukan menyala menerus.. ya to?

hal lain yang nganyeli adalah tak sedikit pengguna mobil yang selepas petang tidak menyalakan lampu utama dan hanya menyalakan lampu senja + lampu kabut.. jelas saja namanya lampu kabut, kalo dipakai di jalan yang gelap sebagai penambah lampu utama mah nbsusanto maklum, lha ini lampu utama nggak dinyalain.. pun namanya lampu senja, selepas senja tentu sudah tak layak lagi bukan? ingat lampu utama itu juga sebagai penanda keberadaan bukan cuma penerang saja lho! memang ya mobil bisa dibeli, tapi otak nggak bisa.. jangan-jangan mereka kira otak itu ada di paket penjualan mobil?

ngomong-ngomong, pihak yang berwenang menindak mereka nggak ya? harus dikasih efek jera tuh.. kalo pas bawa silawe sih liat kendaraan berstrobo atau tak menyalakan lampu utama di malam hari pasti tak luput dari pancaran LED jarak jauhnya.. ada sih yang paham, tapi yang geblek malah cuma ngedim njug lampu utama tetep nggak dinyalain.. ya sudah kedip kedip high beam terus saja sampe berlalu..

keluarga-adalah-sumber-bahagia-yang-sebenarnya

oya, di 2016 ini juga belajar banyak tentang sedulur dan kasih sayang yang tak mbelgedhes.. bukan masalah wanita ya, tapi punya ponakan-ponakan yang sukses bikin kangen dan tiap pulang memberikan cerita itu menyenangkan.. banget! melihat senyum tulus mereka maupun wajah polos kala tidur itu bikin ayem.. serius! oya, kalo orang tua sih tak usah ditanya, pasti syahdu bawaannya.. lha piye, beberapa kali nbsusanto sengaja pulang tanpa ngabarin, pas masuk rumah dan bersalaman, behhhhh.. sudah tak tertuliskan dengan kata-kata lagi.. percayalah, keluarga itu sumber kebahagiaan yang tak akan bisa tergantikan secara setara.. menyisihkan beberapa rupiah dan beberapa jam demi mereka hanya sepersekiantrilyun dari kebahagiaan yang didapat..

lainnya apa ya? wira-wirinya ya di dki jakarta, jawa barat, banten, jawa tengah dan diy.. beda dengan 2015 yang condong ke jawa timur.. meski begitu sempat ngincipi aspal jawa timur selama beberapa menit karena tanggung sudah sampe di kawasan tawangmangu.. ha cen geblek.. 😆

apa lagi ya? oiya, blog nya ber-embel-embel otomotif tapi kok sekarang jarang bahas otomotif? memang di ibukota lebih banyak pameran dibanding pas di jogja, tapi entah kenapa kok antusiasme nulis otomotifnya berbeda, mungkin karena kesempatan mencoba yang masih jarang dan kebosanan karena itu-itu saja ya? oiya, di akhir taun malah diblokir dari akun fb seorang tenar karena menyentil kelakuannya.. ealah padahal tadinya sudah via pm dan memang mentok sih.. malah diunekke merasa paling benar.. wekekekeke yo ben lah padahal tujuannya mengingatkan.. toh kabeh ditanggung dewe-dewe.. semoga barokah ya, jangan lupa dunia kalo dikejar itu nggak berujung kecuali teori flat earth memang benar, lha tapi kalo sudah sampe ujung masih ngejar yo nyemplung to? 😆

wis lah.. sekian catatan menuju 2017.. semoga di tahun yang baru bisa lebih introspeksi diri dan bisa menjadi lebih baik.. harapan di 2017 cukup beragam.. yang bisa dilakukan manusia adalah senantiasa berdoa dan berusaha.. lagipula doa dan harapan tak perlu ditulis lewat medsos kok, coba saja diceritakan di sepertiga malam terakhir.. ujung-ujungnya tentang hasil serahkan pada Yang Mahakuasa.. oya, jangan lupa bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan olehNya.. caranya banyak kok.. berbagi misalnya.. setidaknya, ini untuk self reminder bagi nbsusanto.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....

  1. Baru sadar juga. Web e jeneng e otomotif ning jarang mbahas otomotif, malah akeh review2 produk non otomotif ro curhatane wkwk