liputan railway tech 2017, ketika dunia perkeretaapian indonesia kembali menggeliat..

assalamu’alaikum wr. wb..

pekan kemaren berlangsung sebuah pameran tentang alat berat, bus dan kereta api yang diselenggarakan di JIExpo kemayoran.. nah berhubung penasaran dengan apa saja yang ada disana, karena katanya ada bis klasik dan bis baru serta tentu saja kereta.. meluncurlah kesana dengan alien di siang hari.. berharapnya sih ada kawis yang dibawa, atau apalah mengingat itu ada INKA dan beberapa perusahaan lain yang berkaitan dengan kereta.. 😆

sesampainya disana sempet bingung.. lho.. caranya masuk gimana dan htmnya berapa.. jebul free dengan mensyaratkan mengisi formulir.. baiklah langsung masuk dan dapat ID card.. langsung menuju booth seputar perkeretaapian..

disambut stand kereta cepat indonesia yang ditampilkan oleh bumn konstruksi yang terlibat sebagai investor.. yap tak salah lagi pt wijaya karya.. menampilkan model kereta cepat dan model stasiun serta papan informasi yang dapat dibaca oleh pengunjung..

kemudian ada lagi stand dari bumn konstruksi yang saat ini sebenarnya lebih banyak menggarap banyak proyek jalan tol.. yup pt waskita karya.. pada event iibt ini waskita karya mengisi stand dengan menunjukkan proses pengerjaan LRT di kota palembang yang dikejar agar dapat beroperasi penuh pada asian games 2018 nanti..

selanjutnya stand dari pt kai commuter line jabodetabek.. membawa model tap pembayaran kartu uang elektronik yang selalu dilalui oleh penumpang komuter line sebelum dan sesudah naik kereta.. ada pula berbagai papan informasi dan pernak-pernik yang dijual..

ada pula stand dari pt industri kereta api alias INKA.. yup belakangan pamor perusahaan yang bermarkas di kota madiun ini naik karena berbagai kereta yang telah diproduksi, sebut saja lokomotif diesel hidrolik cc300 yang khas dengan warna merah dan sekarang kebanyakan beroperasi di sumatera.. yang cukup menarik juga ada kereta yang diekspor ke bangladesh seperti pada foto di atas.. yap konfigurasi 2-3 dengan model kursi tak berhadapan namun masih menggunakan kipas angin, bukan menggunakan ac seperti di indonesia.. kemudian ada kereta eksekutif k1-0-16 yang saat ini sudah banyak dipakai reguler oleh beberapa kereta, di antaranya argo lawu, argo dwipangga, bima, gajayana, serta beberapa kereta lain entah itu reguler atau tambahan yang meminjam rangkaian ini, misalnya taksaka..

selanjutnya pt inka pun memproduksi kereta ekonomi k3-0-16 yang sempat menarik perhatian para pemerhati perkeretaapian indonesia karena menawarkan konfigurasi yang tidak saling berhadapan serta sepintas tak berbeda dengan kereta eksekutif, utamanya dari luar yang bedanya terlihat di warna pintu saja.. apalagi menjelang lebaran 2016 lalu saat kutojaya utara menggunakan rangkaian ini, banyak banget trainspotter yang memburunya.. nah k3-16 ini sempat digunakan di senja utama, fajar utama dan mutiara selatan dan membuat kereta tersebut berganti kelas dari bisnis ke ekonomi, namun banyak penumpang yang komplain karena lebih sempit sehingga ketiga kereta tersebut kembali ke kelas bisnis.. kemudian rangkaian ekonominya digunakan di argo parahyangan maupun sancaka menggantikan kelas bisnis yang biasanya menemani kelas eksekutif, serta sudah dipakai di kereta menoreh untuk yang berjalan reguler..

lah malah jebul sudah panjang.. yasudah yang bahas bus di next artikel tentang iibt saja lah ya.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

1 Komentar

  1. I read your artikel with interest. Untung bisa langsung tulis tanpa registering lewat WordPress kayak artikel2 anda yg lain. Having not been in touch with news on kereta api I found your articles are really informative. Thank you. You blog well, it makes reading more enjoyable. I now want to go on those new trains between Jkt and Yogya – and I think I will. Sayang sekali yours trully cannot book tickets online (outside Indonesia) so I will rely on my family to do that for me.. Maybe I will then write a blog too…

monggo tanggapannya.....