incubus 2017, ketika bus klasik keluar dari sarangnya

assalamu’alaikum wr. wb..

salah satu bagian dari event yang hampir saja terlewat di semester pertama ini adalah incubus 2017.. yup sebuah pameran yang berisi bus-bus klasik dari beberapa perusahaan otobus.. salah satu alasan kemaren ke jiexpo yang berbarengan dengan iibt dan railway tech kemaren ya karena dikasih info Indonesia Classic n Unique Bus ini..

jujur saja awalnya datang ke iibt itu cuma liat bis baru, 1 bis lama yang tidak terfoto, pameran tentang kereta serta penjual sparepart dari dalam negeri maupun impor dari tiongkok.. jalan dari ujung ke ujung kok nggak nemu bus yang nbsusanto baca beritanya.. akhirnya jalan keluar.. duduk sebentar.. apalagi sudah sore di hari terakhir.. hampir saja selesai pameran.. kalo pulang kok masih penasaran.. sekalian deh sambil nyariin karcis parkir yang keselip.. iseng nbsusanto jalan ke hall di seberang..

lah kok jebul ternyata memang di hall seberang.. tujumono belum jadi memutuskan pulang.. kan yo eman eman.. langsung deh masuk ke dalam.. disuguhi pigura berisi foto bus-bus yang pernah berjasa mengantarkan para pahlawan di keluarganya.. entah itu untuk trayek dalam kota, antar kota dalam propinsi, maupun antar propinsi..

yang pertama terlihat adaah sesosok bus dari perum ppd bertuliskan patas ac.. full kotak dengan kaca depan tentu saja belah.. pintu depan juga masih double.. oya, bus ini merupakan volgren oh 408 dengan basis mercedes benz oh 1518.. cmiiw..

bodi belakang kotak.. lampu kotak.. kaca kotak.. tak ada ornamen apapun.. berbeda banget dengan bus jaman sekarang yang bentuk kaca belakang beragam, apalagi lampu belakangnya..

ada lagi transjakarta entah angkatan tahun berapa karena selain warna yang tak familiar juga di kaca samping pun bertuliskan #kinilebih baik.. logo transjakarta yang di body bus pun sudah logo baru.. tapi memang begitu bukan? contoh armada lawas pt kai di kereta sawunggalih yang buatan tahun 1960an juga sudah berlogo baru selama masih beroperasi.. :mrgreen:

selanjutnya ada bus klasik banget milik sebuah perusahaan otobus yang berbasis di purworejo.. yap tak salah lagi, ini adalah armada milik sumber alam.. terlihat pula busnya tidak mulus lagi bodinya.. tapi itu lho, kacanya mbulet-mbulet.. lampunya juga bulet.. jadi penasaran, dulunya bus mitsubishi fuso r series 470 kelahiran 1963 ini melayani trayek mana ya?

sementara tampak belakang bus sumber alam ini pun unik.. bahkan sepintas seperti bagian depan karena bentuknya pun tidak datar dan di atas cenderung condong ke arah dalam.. letak lampunya pun mengecoh.. yang pasti menjelaskan adlaah tak adanya wiper disini.. selain itu pintu darurat di sisi kanan pun terlihat jelas..

selanjutnya ada pula bus milik lorena.. ya, kembali muncul di tahun ini setelah di tahun lalu bus ini juga meramaikan pameran bus klasik.. bentuk lorena 001 capsule series nya mengingatkan pada bus koperasi abadi yang banyak beroperasi di bantul.. :mrgreen: sayangnya, di pameran ini penempatan iklannya mengganggu.. pol.. oke lah agar terlihat, tapi tidak begini juga yang membuat saat difoto jadi merusak frame.. kudu pake lensa super wide dan menyelipkan tangan kalo mau bebas.. masukan aja sih buat penyelenggara event pameran lain..

tampak belakang dari bus lorena ini terkesan plain mengkotak, meskipun sudut body berupa lengkungan.. lampu kotak tumpuk di kanan kiri dan kaca bening di belakang bertuliskan Rahayu Santosa menandakan bahwa bus ini dirakit di bogor tahun 1973 lalu dari basis mercedes benz of 1113..

jika melihat mobil berlogo PT Timah serta bertuliskan Museum Timah Indonesia ini entah kenapa nbsusanto keinget angkutan di jogja yang sebutannya “kol” sebagai alternatif bus maupun minibus untuk trayek antar kecamatan dalam kabupaten.. dulu jaman kecil nbsusanto kan emoh naik bus karena pernah dicritain ibuk yang jatuh dari bus pas nbsusanto dalam kandungan, sebelum akhirnya setelah gedhe malah suka naik bis :mrgreen: , makanya kalo kemana-mana nyegatnya kol meskipun kadang ada bis yang sudah berhenti.. 🙄

bedanya tentu saja mobil yang di pameran ini model kaca belakang belah tiga serta tangga untuk naik naruh barang di atas ada di kanan kiri.. kalo yang dulu nbsusanto naikin paling di kiri dan yang ditaruh di atas kalo nggak dagangan bakul di pasar ya kadang sepeda.. :mrgreen:

selanjutnya ada pula bus milik perum ppd.. terlihat sangat lawas.. sepanjang body pun unik karena tidak halus dengan adanya corak timbul lurus.. jika bus ini masih melaju normal pasti akan menarik perhatian.. oya, kalo diamati saat ini bus ini menggunakan plat hitam, bukan kuning seperti bus yang beroperasi normal pada umumnya..

kaca belakangnya cukup pendek membuatnya tampak lebar.. model lampu belakang pun berjejer, bukan model tumpuk.. tak ada pintu di belakang yang biasanya merupakan ruang mesin jika mesin belakang atau bagasi jika mesin depan.. yap, body superior coach dengan basis mercedes benz of 1113 kelahiran 1971..

lalu ada bus gmm oh 306 yang menggunakan basis dari mercedes benz oh 1113.. yup ini koleksi pribadi mengingat platnya pun sudah berwarna hitam.. yang pasti kaca depannya 1 kesatuan utuh dan wipernya pun bukan tipe tegak..

ada lagi kendaraan cukup unik yang dari platnya seperti dari luar negeri.. sekilas kalo dibandingkan mobil jaman sekarang yang terbayang oleh orang awam ya teringatnya toyota land cruiser fj40 meskipun sebenernya juga beda..

tuh padahal chevrolet.. :mrgreen: di sisi depan bertuliskan “jalan daendels”.. entah ini milik siapa..

dari bentuknya sih bak terbuka tapi khas lah jaman dulu kendaraan seperti ini untuk mengangkut manusia.. bahkan sampai sekarang meski ada larangan.. ya dari sisi safety memang iya sih karena tak ada atap dan pagar pinggirannya juga masih rawan orang jatuh.. atau kudu dipasangi atap dan kursi seperti mobil pick up milik polisi ya? :mrgreen:

memang pameran ini menimbulkan kesan nostalgia bagi mereka yang dulunya sudah beraktivitas di saat angkutan lawas beroperasi.. bagi anak muda, pameran seperti ini sekalian untuk belajar sejarah, setidaknya menambah pengetahuan.. tidak hanya ngerti telolet bus shd saja.. ya meski ini hanya sedikit yang tersisa.. kalo angkutan lain yang tak ada di pameran, masih ada truk merah berhidung yang lalu lalang di beberapa kawasan.. atau kereta lawas lokomotif bb series ditambah foto-foto dari jaman pjka atau malah sebelumnya, serta tentu saja sejarah nama berbagai kereta.. juga pesawat yang sudah pensiun.. tapi siapa yang mau menyelenggarakan? :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

1 Komentar

monggo tanggapannya.....