mengamati perbedaan yamaha new vixion, new vixion r dan pendahulunya

assalamu’alaikum wr. wb..

beberapa waktu yang lalu, yamaha sebagai pabrikan yang beberapa tahun terakhir laris dengan produk sportnya meremajakan pasukan yang paling banyak terjual.. yap, tak salah lagi yamaha vixion.. kalo dipikir-pikir ini generasi berapa ya.. old vixion aja ada lampu bundar dan facelift.. kemudian jadi new vixion lightning.. lalu nva.. terakhir ada update dimana keluarlah varian baru new vixion r..

walau hadir new vixion r tapi new vixion varian biasa masih ada, hanya saja juga mengalami facelift.. yang langsung terlihat jelas adalah headlamp LED yang mengingatkan pada kompetitornya, honda new cb 150 r.. berhubung di IIMS kemaren ada, berikut nbsusanto beberkan perbedaan yamaha new vixion dan new vixion r dari yang tampak mata..

sementara itu bagian belakang juga tidak terlihat ada perbedaan yamaha new vixion r dengan varian biasanya.. malah mengingatkan pada buritan yamaha xabre..

tampilan sampingnya yang baru di new vixion dan new vixion r dengan garis dari shroud ditarik ke belakang dan baru berbelok saat di bawah jok pengendara.. yup shroud menyatu tak seperti di generasi sebelumnya.. deja vu dengan motor apa ya?

yang cukup unik adalah di bagian kontrol depan dari yamaha new vixion, yang r maupun bukan terlihat berbeda dengan pendahulunya.. yang langsung kentara tentu saja panelmeter full digital yang sayangnya saat itu tidak dinyalakan sehingga nggak tau apa aja isinya.. kemudian kembalinya lubang kunci ke segitiga, bukan lagi di tangki.. kemudian tombol passing beam yang berpindah tak lagi dijangkau oleh telunjuk kiri, tapi dengan jempol kiri.. yup posisinya sama dengan new megapro fi, berada di dengan pegas di low-high beam.. kemudian tersedia saklar hazard alias sein kanan kiri nyala bareng di stang bagian kanan.. ya semoga dipergunakan sebagai mana mestinya saat darurat menepi.. tidak dinyalakan sepanjang jalan meski rombongan atau saat lurus di persimpangan.. kalo ngeyel dinyalakan ya berarti sampeyan sumber bahayanya.. 😆

nah kalo melihat di kaki-kaki aka terlihat perbedaan yamaha new vixion terbaru ini.. untuk varian biasa masih mempertahankan velg palang 10 seperti bintang 5 yang ada mulai nvl.. pun begitu swing armnya juga tak ada perubahan.. besi kotak dari jaman nvl.. bentuk gear belakang pun terlihat plain.. tuas pemindah gear masih ada pijakan mundur..

nah di yamaha new vixion r ini menggunakan velg palang 10 model lengkung, sepintas basis desainnya seperti velg yang digunakan new cb 150r dan satria fu.. kemudian yang menyenangkan bagi sebagian orang adalah vixion r ini menggunakan arm model banana.. yup tentu saja tampilan terdongkrak.. gearset yang dipilih pun terlihat menyatu dengan kaki-kakinya.. kemudian untuk tuas pemindah gear hanya tersedia congkelan tak ada pijakan belakang, mengejar sisi sporty namun tak disukai pengguna sepatu kantor.. realita kui.. 😆

satu hal yang paling menjadi perbedaan yamaha new vixion r dengan varian biasa adalah mesin yang digunakan.. untuk varian biasa menggunakan mesin dari generasi nvl.. sementara itu yamaha new vixion r menggunakan mesin yang berbeda dan baru.. kapasitas silindernya membengkak menjadi 155 cc dan tenaganya diklaim mencapai 19 hp.. resepnya adalah menggunakan teknologi vva, yang di indonesia mulai dikenalkan yamaha dari jaman nmax keluar.. tentu saja ini menjadi jawaban dari pabrikan lain, seperti new cb 150r yang menggunakan mesin berbeda dari varian cb 150 r meski tak ada lonjakan tenaga maksimum ataupun gsx 150s yang menggunakan mesin dari satria terbaru.. performanya aslinya? entahlah yang pasti jangan adu kebut di jalan umum ya.. bahaya.. kalo celaka sendiri sih urusanmu bro tapi jangan sampe merugikan orang lain..

hal berikutnya yang menjadi perbedaan yamaha new vixion biasa dengan versi r adalah di knalpotnya.. untuk seri biasa ini menggunakan knalpot yang lagi-lagi dari generasi sebelumnya.. mungkin daripada redesain butuh banyak resource ya, toh mesin dan regulasi sama.. sepintas sih cakram depan masih menggunakan model sebelumnya..

nah di new vixion r ini yamaha memberikan desain knalpot yang berbeda.. sekilas lebih gemuk.. maklum sih mesinnya memang beda.. lalu piringan cakram depan juga sudah berbeda.. sayang tak ada foto detail disana..

lalu apa lagi? warna? halah.. ya kalo nbsusanto suruh milih antara keduanya ya tentu saja vixion r dong dibanding yang biasa.. lha cuma bagian bodi dan konsolmeter saja yang berubah sementara ada yang fresh.. itu juga untuk desain samping masih lebih sreg dengan sebelumnya, apalagi desain lampu depan dengan mengesampingkan teknologi LED nya.. eh itu kalo merem harga soalnya nggak tau harga terbaru yamaha new vixion r ini berapa.. toh nggak minat beli motor di kelas ini dari merk apapun.. kalo dikasih ya jelas mau.. trus jual.. mayan buat tabungan.. tapi siapa yang mau ngasih? huahahaha.. 😆

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....