trip ngirit dari jakarta ke tegal naik bus sinar jaya ekonomi

assalamu’alaikum wr. wb..

ibukota itu identik dengan para perantau yang pulang jumat kembali ahad.. ya begitulah yang nbsusanto rasakan saat akan ke tegal di weekend lalu.. tiket kereta pastinya ludes mau kelas apapun.. langsung deh menuju terminal kampung rambutan..

sampai di terminal memang sudah jam 9 malem.. yang tersedia adalah bus sinar jaya ekonomi ac jurusan jakarta – tegal – yomani.. cari cari yang lain nggak terlihat dan biar nggak capek, kami menerima tawaran 70 ribu rupiah untuk perjalanan jakarta – tegal yomani dengan bus berkonfigurasi 2-3 yang tertulis di kaca mempunyai rute jakarta – tegal – slawi – margasari..

eh kok ya bener setelah kami naik bus pun bergerak.. saat itu okupansi bus lumayan meski tak semua kursi terisi.. nbsusanto dan 2 teman memilih di bagian 3 kursi di belakang, tepat di depan deretan kursi di belakang.. namanya bis begini ya tentu seadanya, salutnya walaupun terpisah sekat dengan kursi depan tak boleh ada rokok menyala di bus ini..

namanya jumat malem mestilah jalanan padat.. pun begitu dengan bus sinar jaya ini saat meninggalkan jakarta dari terminal kampung rambutan melalui tol jakarta outer ring road.. merayap perlahan di antara kerumunan kendaraan mereka yang pulang ke rumah di sekitar jakarta maupun mereka yang pulang kampung.. tak ada manuver spesial.. untungnya ac bus sinar jaya rasanya cukup, tak gerah dan tak terlalu dingin..

well mencoba untuk merem meskipun di kursi tengah pada bagian 3 nomor rasanya kurang nyaman untuk merem.. entah reclining seat atau tidak, nbsusanto sih melihat ada tuas tapi ya embuh.. 😂 pastinya memeluk tas adalah salah satu cara nbsusanto untuk mencoba tidur.. untungnya sih salah satu temen pindah ke kursi belakang jadi lebih lega buat molor.. 😂

beberapa kali nglilir entah dimana yang pasti manuver sinar jaya ini sudah cukup menjelaskan kalo jalan tol di antara jakarta-pejagan cukup lengang.. karena masih malem merem lagi dan terbangun saat berhenti di rumah makan taman selera di kawasan indramayu, tak jauh dari tol cipali.. dulu pernah juga di rm ini pas naik puspa jaya dari lampung ke jogja.. tentu saja nggak makan.. maneman duitnya bung karena harga biasanya berbeda.. cukup cari toilet dan meluruskan kaki saja.. 😂

mungkin sekitar setengah jam disini dan bus sinar jaya pun kembali masuk ke tol cipali.. melanjutkan perjalanan dan ternyata keluarnya di gerbang tol pejagan kemudian masuk ke pantura.. kemudian menjelang subuh bus sinar jaya ini masuk ke pos kontrol sinar jaya.. lumayan bisa ambil wudhu untuk sholat subuh di bis.. pas banget waktunya.. setelah keluar dari pos kontrol dan masuk spbu terdengar adzan.. oya, anehnya sih pas isi solar kok mesin bus ini dimatikan ya? pengalaman nbsusanto sih biasanya isi solar pun tetep mesin nyala.. pernah baca sih sekalian isi angin.. tapi nggak tau juga karena ada tulisan agar mematikan mesin di spbu.. melanjutkan perjalanan hingga sekitar jam setengah 6 bis sinar jaya ekonomi ac kami sudah sampai pertigaan yomani.. kami bertiga pun turun.. akhirnya sampai.. 8,5 jam..

sinar jaya ekonomi ac jakarta – tegal yomani.. dengan 70 ribu rupiah dapat ekonomi ac 2-3.. lumayan lah bagi para pjka.. semangat “yang penting pulang”.. apalagi keberangkatan jam 9 malam itu cukup ideal tak perlu buru-buru bagi yang pulang kantor sore menjelang malam.. masih bisa berjalan tenang menuju terminal.. tak perlu rebutan cari tiket.. ya asalkan nggak pas long weekend atau lebaran saja.. kalo itu sih bisa ditebak seberapa penuh.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....